Lebih Baik Belajar Mengemudikan Mobil Matic Atau Manual

Lebih Baik Belajar Mengemudikan Mobil Matic Atau Manual - MekanikmitsubishiBelajar Mengendarai Mobil Trasmisi Manual Atau Matic? Tak Perlu Binggung, Simak Ulasan Berikut Ini

Mekanikmitsubishi.com – Belajar mengemudikan mobil sebenarnya tak membutuhkan keterampilan khusus sama seperti ketika Anda belajar mengendarai mobil/motor. Namun terkadang Anda bingung memilih untuk belajar melalui mobil matic atau mobil manual terlebih dahulu.

Menurut Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving, Bapak Jusri Pulubuhu, beliau berpendapat bahwa sebaiknya para pemula belajar menyetir mobil lewat mobil transisi otomatis. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda hendak belajar mengendarai mobil. Oleh karena itu, berikut adalah alasan mengapa Anda sebaiknya belajar dengan mobil matic dibandingkan dengan mobil manual.

Mengurangi Tingkat Nervous

Banyak masyarakat berpendapat bahwa ketika hendak belajar sesuatu, maka lebih baik belajarlah dari hal yang tersulit, khususnya ketika berkendara. Namun, hal tersebut tak berlaku ketika Anda memiliki niat untuk belajar mobil.

Di dalam perspektif keamanan dalam berkendara, belajar menggunakan mobil manual justru dapat menambah beban kerja otak ketika Anda belajar. Coba bayangkan, Anda yang baru mengenal seluk beluk mengendarai, justru langsung memikirkan kapan harus menggunakan kopling dan bagaimana mengatur laju mobil secara bersamaan. Tentu hal tersebut dapat membuat Anda bingung ketika mengendarai mobil tersebut.

Jadi pertama-tama, lebih baik Anda mengenal dan mempelajari bagaimana cara mengendalikan laju dan juga arah kendaraan sembari melancarkan proses pengereman. Ketika hal dasar ini sudah Anda kuasai, maka Anda boleh mengganti mobil manual untuk proses belajar selanjutnya.

Lebih Aman dan Nyaman

Di era modern ini, hampir semua mobil memiliki transmisi otomatis untuk menunjang kenyamanan. Mobil matic termasuk dalam kategori kendaraan yang memiliki nilai lebih diantaranya adalah tak rumit dan juga aman.

Baca juga : Tips penting mengemudikan kendaraan di pegunungan.

Meskipun sebenarnya keamanan dan juga kenyamanan dapat diperoleh meskipun menggunakan mobil dengan transmisi manual, namun untuk mencegah terjadinya kesulitan ketika belajar menyetir mobil, maka sebaiknya Anda menggunakan mobil transmisi otomatis.

Selain itu, ketika menggunakan mobil matic ketika mempelajari bagaimana mengemudikan mobil, Anda juga dapat mengatasi kondisi kemacetan dengan baik. Karena Anda tak perlu bolak-balik mengganti persneling mobil. Namun, Anda perlu ekstra hati-hati ketika melakukan pengereman saat melalui jalan menurun.

Ketika Anda sudah mahir dalam mengendarai mobil matic, tak ada salahnya Anda juga mempelajari cara menyetir mobil dengan transisi manual. Di samping itu, mobil matic memiliki kelemahan di antaranya adalah bahan bakarnya yang cenderung lebih boros dibandingkan dengan mobil transmisi manual. Terlebih ketika Anda menggunakannya ketika belajar mengemudi, mobil tersebut tentu akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar dibanding biasanya.

Selain itu, penggantian oli dan juga perawatan pada mobil matic juga harus rutin Anda lakukan agar keadaan mobil senantiasa terjaga. Namun, jangan sampai hal tersebut menyurutkan semangat Anda dalam belajar mengemudi. Jumlah biaya yang keluar tak akan sebanding dengan keselamatan dan kenyamanan yang Anda nikmati.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai lebih baik belajar mengemudikan mobil dengan transmisi manuail atau matic? Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

6 poin penting agar kita lulus tes mengemudi dengan mudah yang pelu kita pelajari.

Tips dan cara mudah menerjang bajir agar mesin kendaraan tak mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *