Langkah Perbaikan Alternator Mobil Yang Tepat Dan Mudah

Langkah Perbaikan Alternator Mobil Yang Tepat Dan Mudah - MekanikmitsubishiFungsi Dan Langkah Perbaikan Alternator Mobil Yang Tepat Dan Benar

Mekanikmitsubishi.com – Alternator mobil sering disebut dengan dinamo mobil. Alternator atau dinamo mobil merupakan komponen yang sangat penting, sebab tanpa benda ini maka arus listrik pada mobil tidak dapat menjalankan mesin mobil Anda.

Fungsi dari alternator sendiri adalah memberikan suplai listrik atau menghasilkan energi listrik ke aki dan panel lainnya seperti lampu. Dan hampir seluruh komponen mobil membutuhkan energi listrik dari alternator atau dinamo mobil. Namun tidak jarang bahwa mobil kadang mengalami mogok, dan salah satu penyebabnya karena alternator mobil yang rusak.

Baca juga : Jangan panik, ketika kunci kontak patah saat hidupkan mesin kendaraan.

Apabila hal tersebut terjadi komponen-komponen mobil tidak akan berjalan dengan normal, sehingga mobil tidak akan bekerja atau mogok. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab alternator mobil yang rusak bisa diperbaiki lagi, jadi mobil Anda bisa berfungsi kembali dengan normal.

Hal-hal penting sebelum memperbaiki alternator, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja ciri-ciri alternator yang rusak/bermasalah, diantaranya adalah :

Baca juga :  Penyebab alternator mobil rusak paling umum terjadi.

  • Koneksi antararotor slip dengan carbon brush tidak maksimal, akibatnya sehingga alternator menjadi drop dan pasokan listrik rotor ke alternator terhambat.
  • Dioda rectifierterputus dengan IC regulator, jadi arusnya berkurang.
  • Saat pemasangan alat elektronik menggunakan beban atau berat yang cukup besar.
  • Pemakaian cut of di Ket Out Eksternal Voltage Regulator dapat membuat alternator drop atau rusak.

Baca juga : Tips mencegah mobil terbakar akibar korsleting listrik.

Langkah Mudah Perbaikan Alternator Mobil Dengan Benar

Baca juga : Cara menjemper aki mobil yang benar, banyak yang keliru akan hal ini.

  • Pertama lakukan pengecekan bearing alternator dengan memutar puley alternator menggunakan dinamo teaster.
  • Selanjutnya bongkarlah komponen yang ada di dalam alternator menggunakan peralatan yang benar. Ingat, lakukan cara tersebut dengan hati-hati.
  • Anda sebaiknya membersihkan terlebih dahulu komponen alternator sebelum melakukan pengecekan dan pemeriksaan.
  • Periksalah rumah bearing, jika ada kerusakan misalnya pecah atau retak, ini tandanya Anda harus mengganti dengan yang baru. Untuk pemasangn rumah bearing dan dudukan perlu yang sesuai dan pas agar tidak longgar.
  • Kemudian periksalah fisik brush dan ukurlah panjangnya pada regulator. Apabila panjangnya sudah dibawah 4 mm, berarti gantilah dengan yang baru.
  • Ukurlah diameter slip ring rotor alternator, apabila diameter slip ring kurang dari batas minimum (12,5 mm) maka gantilah rotor alternator. Akan tetapi jika ada kecacatan, maka ratakan saja permukaan slip ring menggunakan bubut.
  • Setelah itu ukur tahanan slip ring 1.5 – 4 ohm, bila pengukuran dibawah batas minimum, cukup bersihkan ulang rotor dan cek apakah ada kebocoran pada gulungan rotor.
  • Periksalah gulungan stator dari adanya kebocoran dan kecacatan. Selanjutnya ukur tahanan strator alternator yaitu 20 ohm, apabila diluar batas ukuran minimum maka besar kemungkinan ada kebocoran pada gulungan strator.
  • Kemudian pasang lagi bearung menggunakan peralatan yang sesuai, lakukan kegiatan dengan hati-hati.
  • Jika sudah dirakit, lalu tes laternator menggunakan dynamo tester.
  • Dan langkah terakhir adalah memasang kembali alternator pada tempatnya. Jika tahapan tersebut dilakukan dengan cermat dan teliti kemungkinan berhasil memperbaiki alternator mobil dengan mudah.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai fungsi alternator pada kendaraan dan langkah-langkah memperbaikinya dengan mudah dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Bahaya mengecas hp di kendaraan dan apa cara amannya.

Penyebab sekering mobil sering putus dan langkah penanganannya.

Penyebab mobil sulit distarter dan tips mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *