Komponen Utama Sistem Suspensi Mobil

Komponen Utama Sistem Suspensi Mobil

Mekanikmitsubishi.com Sistem suspensi pada mobil merupakan satu kesatuan dari komponen mobil yang sangat berpengaruh untuk kenyamanan dalam berkendara. Sistem suspensi sangatlah sederhana tetapi suspensi pada mobil sangat membutuhkan perawatan khusus dibandingkan dengan komponen mobil yang lain. Jalan yang tidak rata merupakan salah satu sebuah alasan untuk dipasangkan komponen suspensi pada mobil. Baik kendaraan bermotor atau yang lainya system suspensi sangat diperluakan untuk kenyamanan dan keslamatan pengendara maupun penumpang.

Tidak terbayang jika kendaraan kita tidak memiliki system suspensi,pasti kita tau resikonya getaran yang hebat menimbulkan ketidaknyamanan dan dapat menimbulkan mabuk kendaraan. Baca juga artikel tips ampuh mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan.

Membahas masalah sistem suspensi,kita berfikir sejenak adakah sebuah kendaraan tanpa adanya sistem suspensi?

Mungkin juga ada pertanyaan-pertanyaan seperti ini :

Jenis-jenis suspensi mana yang paling baik dan nyaman digunakan? Baca artikel penting mengenai tips agar shockbreaker tetap awet dan tidak mudah bocor/rembes oli

Jika Anda mempunyai pertanyaan seperti itu sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai tuntas. Sebelum kita membahas tuntas mengenai komponen sutama sistem suspensi mobil saya akan menyebutkan beberapa Fungsi utama dari sistem suspensisebuah kendaraan.

Fungsi sistem suspensi :

  • Sebagai peredam getaran yang diakibatkan permukaan jalan yang tidak rata.
  • Sebagai penahan getaran/benturan keras seperti menabarak bebatuan,diterpa angin,medan yang sulit dan sebagainya.
  • Untuk kenyamanan pengendara.

 

Letak sistem suspensi pada kendaraan sendiri terdapat pada bagian rangka mobil. Lebih tepatnya berada diantara roda dan as roda. Hal ini dikarenakan roda kendaraan adalah yang paling pertama menerima getaran dan kompenen yang berhubungan langsung dengan benda asing.

Baca juga artikel mengenai jenis-jenis telapak ban mobil yang perlu Anda ketahui.

Baca juga artikel tips mutahir  agar ban mobil tetap awet dan tahan lama.

Saat ban merespon permukaan jalan yang tidak rata maka getaran ini akan diteruskan langsung ke sistem suspensi yang berkaittan langsung dengan roda dan as roda. Tanpa sistem pengereman maka akan menimbulkan efek tidaknyaman dan merusak kendaraan itu sendiri. Hal ini menyebabkan fungsi dari sistem suspensi sangat diperlukan pada sebuah kendaraan,baik kendaraan yang ekonomis ataupun yang mobil berkelas super car. Semakin cangih sebuah kendaraan maka sistem suspensi kendaraan tersebun semakin cangih pula.

Selain fungsi diatas ada fungsi lain dari sistem suspensi pada mobil :

Sebagai penopang body dan mobil

Sebagai peredam getaran saat pengereman

Fugsi suspensi dilihat dari cara kerjanya yakni : Meneruskan gaya getaran dari roda yang bergesekan dengan permukaan jalan.

 

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA SISTEM SUSPENSI

 

Sistem suspensi memiliki komponen-komponen utama sebagai berikut :

 

  1. Komponen Pegas, sebagai menetralisir kejutan-kejutan dan getaran-getaran daripermukaan jalan yang tdak rata.
  2. Komponen Shock absorber, berungsi penyempurna pengendaraan dengan cara membatasi jarak daya bebas osilasi pegas-pegas.
  1. Komponen Stabilizer bar, yakni komponen yang berfungsi untuk menjaga bergoyangnya kendaraan ke arah sisi.
  2. Komponen Sistem linkage, berfungsi menahan komponen tersebut sesuai tempatnya dan sebagai mengontrol gerakan roda-roda bergerak ke arah sisi atau ke arah depan.

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca,dan jika artikel ini membantu diharapkan untuk meng share ke teman-teman agar mendapatkan manfaat dari apa yang Anda ketahui.

 

Baca juga artikel mengenai kelebihan dan kekurangan ban tubeless untuk kenyamanan jangka panjang.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *