Kerusakan Sunroof Jika Jarang di Gunakan Ini Wajib Anda Ketahui

Kerusakan Sunroof Jika Jarang di Gunakan Ini Wajib Anda KetahuiKerusakan Sunroof Jika Jarang di Gunakan Ini Wajib Anda Ketahui

Mekanikmitsubishi.com – Saat ini, mobil kelas premium hampir semuanya memiliki fitur sunroof sebagai tambahan daya tariknya. Sebuah fitur atau komponen mobil yang dapat membuat pandangan pengendara dan penumpang mobil lebih luas ke atas.

Tidak hanya itu, sunroof juga memiliki fungsi lain yang lebih menarik, yaitu dapat mencegah masuknya kotoran atau debu ke dalam mobil. Sunroof juga dapat membuat udara kotor yang ada pada mobil keluar, yaitu ketika sunroof di buka pada pagi hari.

Kemajuan sistem yang di gunakan pada sunroof juga sudah semakin meningkat dari masa ke masa. Untuk saat ini sunroof sudah banyak menggunakan elektrikal, sehingga akan sangat mempermudah kinerjanya.

Namun, karena hanya berupa fitur tunjangan, sunroof menjadi jarang di gunakan. Padahal kerusakan sunroof jika jarang di gunakan bisa di bilang cukup fatal, bahkan bisa membuat sunroof sendiri menjadi tidak berfungsi.

Apa sajakah kerusakan sunroof jika jarang di gunakan? Berikut ini penjelasan lengkapnya :

  1. Debu masuk

Karena posisi sunroof berada di bagian atas mobil, maka tak heran jika debu dapat masuk melalui sunroof. Namun hal ini tentu saja hanya akan terjadi pada sunroof yang sudah rusak dan tidak berfungsi pada sunroof yang masih dalam kondisi baik.

Kerusakan sunroof jika jarang di gunakan yang pertama ini lebih berkaitan dengan kurangnya pemilik mobil menjaga kebersihan. Yaitu apabila sunroof jarang di gunakan serta jarang di bersihkan dari debu-debu yang menempel, maka dapat merusak komponen sunroof sehingga debu berpotensi dapat menembus melalui sela-sela sunroof.

  1. Air masuk

Kerusakan sunroof jika jarang di gunakan yang berikutnya jauh lebih fatal, yaitu dapat menjadi jalan masuknya air, sehingga mobil terasa bocor. Perembesan air melalui sunroof ini bisa terjadi jika kotoran jarang di bersihkan dan sunroof jarang dioperasikan (digunakan).

Sebab, apabila kotoran menempel pada rel sunroof maka pergerakan sunroof akan menjadi tersendat dan bisa membuat air menembus ke dalam kabin mobil. Selain itu, perembesan air melalui sunroof juga dapat terjadi karena kotoran tersebut menyumbat saluran pembuangan.

  1. Sunroof macet

Pada dasarnya, semua kerusakan sunroof jika jarang di gunakan di sebabkan karena banyaknya kotoran yang menempel pada sunroof. Ya, begitu pun dengan kemacetan sunroof karena jarang di gunakan juga bisa di sebabkan karena kotoran sehingga membuat rel sunroof sukar di gerakkan.

Selain itu, rel sunroof yang macet juga bisa dikarenakan kurangnya pelumas. Sehingga untuk menghindari macetnya rel sunroof ini, anda harus merawatnya dengan sering-sering memberikan pelumas grease. Namun jangan sampai penggunaan pelumas grease ini berlebihan, sebab grease berpotensi untuk membuat debu menjadi lebih menempel.

  1. Karet sunroof rusak

Pada sunroof ini, terdapat sebuah komponen yang terbuat dari karet, dimana karet pada sunroof ini bisa terbilang cukup riskan. Karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari, maka karet akan menjadi mudah rusak.

Terlebih lagi jika mobil sering di gunakan dalam musim penghujan yang selanjutnya juga sering di parkirkan dalam tempat terbuka, maka kerusakan sunroof pada bagian karet ini akan lebih cepat.

Untuk mengatasi kerusakan sunroof jika jarang di gunakan yang satu ini, anda cukup mengolesinya menggunakan silicon spray, yang bertujuan agar karet lebih tahan lama.

Dengan banyaknya kemungkinan kerusakan sunroof jika jarang di gunakan, berarti bisa di simpulkan jika sunroof harus sering di gunakan agar kondisinya tetap baik.

Selain itu, sebagai bentuk perawatan lain sebaiknya setiap anda service mobil juga sebaiknya minta pada petugas bengkel agar memeriksa bagian sunroof tersebut.

Artikel terkait :

Tips merawat radiator mobil yang baik dan benar.

Cara merawat knalpot mobil dengan benar dan mudah.

 

One comment

  • ghalang

    Mogon infonya, dumana ada dijual rek sunroof pajero dakar

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *