Kelebihan Velg Replika Yang Jarang Diketahui

Kelebihan Velg Replika Yang Jarang Diketahui - MekanikmitsubishiKelebihan Velg Replika yang Jarang Diketahui

Mekanikmitsubishi.com – Kata velg sudah akrab di telinga kita, karena seringnya kita mendengar istilah tersebut baik itu velg mobil maupun velg motor. Velg merupakan bagian yang penting dari sebuah kendaraan yang berfungsi menahan gaya vertikal dan beban kendaraan, gaya pengereman dan pengendaraan serta gaya yang menumpunya.

Velg kendaraan sendiri harus memiliki sifat seperti bobot yang ringan, kuat serta keseimbangan yang bagus sehingga bisa berputar dengan baik ketika kendaraan melaju dengan kecepatan cukup tinggi. Tentu saja dengan pemasangan rim yang dirancang dengan tepat agar bisa menahan ban dengan kuat.

Baca juga : Apa sebernanya penyebab gerataran tak wajar setelah pergantian velg.

Velg Replika

Membahas tentang velg pasti kita sudah sering mendengar istilah velg replika. Velg ini memiliki desain yang sangat mirip dengan velg aslinya tetapi memiliki kualitas yang lebih rendah. Hal ini menjadi penyebab velg replika dibandrol dengan harga yang cukup murah dan terjangkau.

Karena harganya yang murah banyak pemilik kendaraan pribadi memilih menggunakan velg replika. Alasan umum yang sering kita temui adalah agar terlihat lebih bergaya dengan menggunakan velg replika dari merk velg aslinya yang terkenal dengan biaya yang murah pula. Karena sekilas tampilan velg replika ini sangat mirip dengan aslinya, sehingga sangat sulit dibedakan antara velg yang asli dengan velg replika bagi orang awam.

Kelebihan Velg Replika Yang Jarang Diketahui

Baca juga : Persepsi keliru mengenai kualitas dan hal lain menyangkut velg replika.

Sangat banyak velg replika dengan merk terkenal dan cukup bagus yang beredar di pasaran, seperti OZ Racing, Advance, BBS dll. Beberpa replika velg merek tersebut bisa kita dapatkan dengan harga yang lebih murah dari velg orisinilnya dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

Satu hal yang menjadi kelebihan umum velg replika adalah harganya yang terjangkau dan terbilang murah. Dengan harga yang murah tersebut kita bisa memakai sebuah merk velg ternama. Banyak masyarakat beerasumsi karena harganya yang murah menjadikan velg replika kurang memiliki desain dan kualitas yang bagus.

Sebetulnya produsen velg replika mereka bisa saja membuat velg dengan kualitas yang sama velg ternama, tetapi untuk menekan biaya produksi pihak managemen pabrik sengaja mengurangi kualitas bahannya. Hal ini yang membuat harga velg replika menjadi lebih murah dan bisa bersaing di pasaran.

Pembuatan velg replika didasari dan hanya mengikuti permintaan konsumen serta pangsa pasar. Permintaan akan velg bermerek dengan harga murah menjadikan adanya produk tiruan, dan salah satunya adalah pembuatan velg replika mobil, pembuatan velg replika tidak serta-merta asal-asalan, hanya saja mutu produksinya diturunkan, mulai dari bahan dan proses pembuatan awal sampai akhir. Perlu kita ketahui bahwa pembuatn velg replika juga terdapat standar kualitas produksi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan serta mengurangi resiko bahaya yang ditimbulkan.

Untuk desain velg replika mengambil model velg ternama dengan cara menjiplaknya, sehingga strukturnya dibuat agar semirip mungkin sedangkan untuk bahan pembuatan velg replika dan original sama-sama menggunakan alloy, tetapi dengan kualitas yang berbeda.

Kekuatan Velg Replika

Ketika kita menggunakan velg replika maka kita harus bersiap-siap dengan resiko dari kualitas velg tersebut. Akan tetapi tidak sedikit masyarakat yang bertahun-tahun menggunakan velg replika tetap awet dan tidak terjadi masalah yang besar. Kemungkinan hal tersebut disebabkan kendaraan digunakan hanya di jalanan kota yang memiliki stuktur jalan yang bagus dan dengan kecepatan yang stabil atau bisa juga karena mendapatkan velg replika yang tepat dan diimbangi pemilik kendaraan yang baik dalam perawatannya.

Dari banyak pengalaman pemakainya velg replika ini bisa tiba-tiba melengkung apabila digunakan di jalanan berlubang atau kerusakan lain yang cukup parah. Ketika digunakan dalam kecepatan tinggi velg replika juga bisa tiba-tiba pecah dan bisa juga sampai terbelah dua, sehingga menimbukan resiko kecelakaan.

Proses Pembuatan Velg Replika

Kebanyakan velg replika dibuat denga proses manufacturing yang ditekan seminimal mungkin untuk mengurangi biaya produksi, yaitu proses gravity casting. Saat adonan aluminium dituangkan ke dalam cetakan, velg replika hasilnya tidak begitu baik, karena adonan dibiarkan dingin sendiri hanya dengan bantuan suhu ruangan saja.

Proses gravity casting ini menghasilkan kepadatan strukur velg yang rendah karena tidak dengan metode pendinginan adonan aluminium. Berbeda dengan pembuatan velg asli, saat proses pendinginan hasil cetakan velg, biasanya menggunakan metode low pressure wheel casting. Dengan metode ini akan di hasilkan cetakan aluminium  dengan density yang tinggi.

Hal ini menyimpulkan bahwa velg replika memiliki potensi lebih cepat penyok, pecah maupun melengkung dibandingkan velg yang aslinya. Karena velg replika ini dibuat dari bahan yang kurang kuat dan proses pembuatan yang standart. Dan apabila Anda ingin menggunakan velg replika sebaiknya membeli velg berlisensi dan bermerk, serta hanya digunakan di jalanan yang bagus serta dengan kecepatan standar agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai kelebihan velg replika dan perbedaan kualitas dan proses produksi kenduanya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips dan cara ampuh hilangkan noda bekas aspal yang menempel pada velg mobil dengan mudah.

Beberapa penyebab dan trik ampuh hilangkan baret-baret pada velg mobil dengan mudah dan aman.

Beberapa dampak dan efek buruk akibat ukuran center ring tidak sesuai dengan ukuran velg yang terpasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *