Kelebihan Suspensi Udara Dan Biaya Modifikasi Serta Perbedaannya Dengan Per Daun

kelebihan-suspensi-udara-dan-biaya-modifikasi-serta-perbedaannya-dengan-per-daun-mekanikmitsubishiMengenal Kelebihan Air Suspension / Suspensi Udara Dan Biaya Modifikasi Serta Perbedaannya Dengan Suspensi Per Daun.

Mekanikmitsubishi.com – Seiring dengan kemajuan dibidang teknologi dan otomotif, banyak teknologi baru yang diketemukan dan sudah diaplikasikan di kendaraan. Seperti teknologi suspensi udara atau bisa disebut dengan Air Suspension, teknologi ini sudah berkembang dan diterapkan di industri otomotif  khususnya dalam transportasi bus AKAP di Indonesia dari jawa hingga luar pulai jawa. Teknologi air suspension diaplikasikan pada merek premium seperti Mercedes Benz OH 1836, OH 1830 dan merek kendaraan lain seperti Hino RN. Membahas masalah teknologi dan kelebihan dari suspensi udara ini dicalm memiliki tingkat kenyamanan yang jauh lebih prima bila dibandingkan dengan suspensi type sebelumnya yakni per daun atau leaf spring.

Baca juga : Memahami tanda-tanda shockbreaker mengalami kerusakan secara akurat.

Beberapa tahun terakhir teknologi suspensi udara / air suspension sudah diaplikasikan kendaraan besar seperti truk, trailer dan bus. Saat ini air suspensions memiliki 2 jenis, yakni jenis balon dan air suspension jenis air silinder.

Baca juga : Penyebab timbul bunyi benturan pada suspensi mobil dan solusi perbaikannya.

Dari beberapa riset yang dilakukan, Air Suspension jenis balon memiliki tingkat keempukan jauh lebih baik dan nyaman bila dibandingkan dengan air suspension jenis silinder. Penerapan suspensi ini bisa kita temukan pada chasis bus atau trailer, untuk pengaplikaian air suspensi pada kendaraan trailer di Indonesia biasanya jenis tanker.

Untuk perawatan dan perbaikan air suspension sangat berbeda dengan perawatan dan perbaikan suspensi jenis leaf spring dan yang lainya. Penyebabnya adalah pada system kerja air suspensi terdapat banyak komponen yang diperlukan,dan membutuhkan lebih banyak komponen dibandingkan suspensi jenis lainnya, diantaranya : compressor, kabel-kabel, tabung udara, pressure gauge dan solenoid.

Kelebihan utama dari teknologi air suspension adalah memiliki setting ketinggian, sehingga pengemudi bisa menyesuaikan kebutuhan dari kondisi jalan, geografis dan iklim yang dilalui. Mungkin sering kita jumpai bus saat bereda dalam garasi sedang melakukan setting / penyetelan  air suspension, mungkin menurunkan atau menaikkan tinggi rendahnya. Hal ini mampu menambah tingkat kenyamanan dan keamanan penumpang, sehingga penumpang merasa puas dengan fasilitas yang ditawarkan jasa transportasi tersebut. Itulah kelebihan utama dari air suspension yang dirancang bisa menyesuaikan tingkat ketinggian dan kenyamanan bagi penumpang.

Secara umum air suspension bisa diaplikasikan dari berbagai type kendaraan, akan tetapi harus benar-benar melalui tahan perhitungan, dan penyesuaian terlebih daluhu. Pemasangan air suspensi  adalah bagian dari modifikasi bukan bawaan pabrikan jadi perlu sekali perhitungan yang tepat untuk penempatan air suspensi di rangka dan body mobil.

Biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan air suspension untuk mobil seperti jenis Sedan,MPV dan SUV yakni kisaran 40 – 50juta,untuk kendaraan besar seperti bus dan trailer berada di kisaran 90 – 120juta.

Demikian tadi artikel mengenai air suspension pada kendaraan,dari biaya modifikasi air suspensi,perbedaan dengan per daun sampai kelebihannya. Semoga artikel ini bermanfaat,terimakasih.

Artikel terkait :

Tips merawat shockbreaker tetap prima dan tidak mudah bocor.

Penyebab shockbreaker mudah bocor yang jarang diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *