Kelebihan Idling Stop, Sistem Kerja Dan Pengaruh Terhadap Aki

Kelebihan Idling Stop, Sistem Kerja Dan Pengaruh Terhadap Aki - MekanikmitsubishiApakah Fitur Idling Stop Pengaruhi Umur Aki Motor? Dan Kelemahannya Idling Stop

Mekanikmitsubishi.com – Teknologi motor memang saat ini sudah berkembang sangat pesat dengan berbagai fitur baru yang ditambahkan. Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan pada motor adalah adanya fitur idling stop yang saat ini sudah bisa Anda temui diberbagai jenis motor keluaran terbaru.

Berbagai manfaat digadang-gadang bisa didapatkan dari motor yang dilengkapi dengan adanya idling stop. Sebagai contoh motor yang sudah dilengkapi dengan fitur ini diantaranya seperti Aerok 155 dari Yamaha dan Vario ISS dari Honda.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan teknologi Drive By Wire Kendaraan.

Cara Kerja Sistem Idling Stop

Baca juga : Aplikasi yang membantu aktivitas mengemudi paling banyak digunakan.

Cara kerja sistem idling stop sebenarnya sama saja diantara kedua vendor tersebut. Pada dasarnya sistem kerjanya sama yaitu menekan terlebih dahulu tombol idling stop. Mesin kemudian akan berputar pada 1700 rpm. Temperatur mesin menjadi lebih dari 60 derajat celcius. Motor berhenti dalam jangka waktu 3-5 detik kemudian secara otomatis mesin motor akan mati.

Kelebihan dari Idling Stop

Ada beragam kelebihan yang bisa didapatkan oleh pengendara dengan menggunakan motor yang dilengkapi dengan sistem ini. Salah satu keunggulan yang sangat dielu-elukan adalah bisa menghemat penggunaan bahan bakar.

Memang kebanyakan produsen alat-alat transportasi saat ini mengembangkan teknologi yang bisa menghemat bahan bakan semaksimal mungkin mengingat semakin tahun harga minyak bumi terus menigkat karena ketersediaannya yang semakin menipis.

Sistem Idling stop memungkinkan mesin mati secara otomatis ketika motor berhenti dilampu merah ataupun terjebak dalam kemacetan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi Anda untuk bisa mendapatkan motor yang sangat hemat akan bahan bakar.

Kekurangan Dari Idling Stop

Namun, meskipun memang bisa menghembat bahan bakar dan penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit, tak jarang pengguna dari motor ini malah memilih untuk mematikan fungsi fitur motor ini. Hal ini dikarenakan ditakutkan adanya kelemahan sistem idling stop system pada fungsi stop and start dan akan membuat aki menjadi cepat tekor atau boros.

Hal ini juga sudah dibenarkan, dimana dengan adanya sistem idling stop yang ada pada motor maka akan membuat motor melakukan start and stop lebih banyak dibandingkan dengan motor yang biasa. Hal inilah yang berpengaruh dengan kondisi dan juga kinerja dari aki.

Saat melakukan fungsi start and stop, aki membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi bagian dari aki. Sehingga jika aki yang digunakan merupakan aki yang tidak baik dan tidak memiliki kualitas yang bagus maka akan membuat aki menjadi semakin mudah rusak.

Akan tetapi sebenarnya hal ini juga sudah diperhitungkan oleh pabrik motor itu sendiri. Beragam resiko yang mungkin ditimbulkan dengan adanya sistem idling stop ini sudah diperhitungkan dan juga sudah dikurangi resikonya.

Salah satu hal yang diperhatikan dan diperhitungkan oleh pabrik motor yang menggunakan sistem ini baik itu Yamaha ataupun Honda adalah kebutuhan dari arus listrik aki ketika akan menyalakan dan menghidupkan fitur ini.

Penggunaan aki sudah dirancang dengan sangat baik sehingga jika digunakan dengan cara yang tepat tidak akan membuat aki motor mudah tekor. Idling stop ini juga merupakan fitur yang bertujuan untuk membantu pengemudi supaya lebih efisien dan lebih mudah dalam berkendara.

Sebenarnya, masalah aki juga tidak hanya dipengaruhi dengan adanya idling stop tetapi bisa saja dikarenakan dengan adanya berbagai aksesoris yang ditambahkan pada motor seperti klakson yang memerlukan tenaga besar, lampu yang terlalu berlebihan dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan artikel ini mengenai kelebihan dan kekurangan idling stop,sistem kerjanya serta pengaruh Idling stop terhadap aki. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan memberikan penjelasan agar tidak canggung untuk memilih kendaraan yang terdapat teknologi terbarukan seperti idling stop. Terimakasih.

Artiket terkait :

Bocoran kelebihan dab kekurangan teknologi mobil hibrida. 

Perbedaan serta kelebihan masing-masing dari SOHC vs DOHC dan OHV.

Sistem pengereman berteknologi ABS serta bocoran kelebihan dan kekurangannya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *