Kelebihan Dari teknologi Kamera Video Pengganti Kaca Spion Mobil

Kelebihan Dari teknologi Kamera Video Pengganti Kaca Spion Mobil - MekanikmitsubishiKelebihan Kamera Video Mobil Belakang Sebagi Pengganti Kaca Spion mobil

Mekanikmitsubishi.com Kaca spion kendaraan adalah salah satu benda atau komponen mobil yang sangat penting. Tapi sayangnya kaca spion ini tidak ada banyak perubahan di zaman yang serba maju dan mendapat perhatian besar dari teknologi yang berkembang.

 

Baca juga : Mengenal istilah blind spot dari penyebab serta aksesoris pencegahnya.

Fungsi utama dari kaca spion kendaraan yakni untuk melihat keadaan jalan di sekitar dan yang ada di belakang mobil. Akan tetapi spion kendaraan ini juga memiliki kelemahan yakni karena adanya titik buta. Atau area yang tidak bisa dilihat oleh pengendara.

Karena memang pantauan dari kaca ini terbatas pada area tertentu saja dan jika dibuat lebih besar misal dilebarkan, tentu akan membuat penampilan mobil jadi jelek karena ukuran mobil juga akan semakin besar. Tapi jika terlalu kecil, maka area yang dilihat juga semakin terbatas dan tentunya ini akan membahayakan bagi pengemudi itu sendiri.

Berikut ini informasi lengkap mengenai kamera video belakang mobil sebagai pengganti kaca spion :

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan fitur apik dari blind spot monitor.

Teknologi Kamera Pengganti Kaca Spion

Saat ini sudah ada dan sudah diaplikasikan teknologi kamera mobil belakang yang jadi pengganti dari spion kendaraan. Yakni kamera yang terhubung ke layar monitor dan bisa dilihat dari dasbor. Kamera akan menunjukkan informasi gambar video dan notif tertentu kepada Anda seputar area yang ada di bagian belakang dari mobil dan seperti yang terlihat pada kaca spion namun dengan sudut pandang dan jangkauan yang lebih sempurna.

Teknologi kamera pengganti kaca spion ini juga memiliki fitur infra merah yang bisa menampilkan gambar dengan lebih jelas pada malam hari. Di Negara Jepang, saat ini pemerintah di sana sedang mengkaji penggunaan kamera video ini sebagai pengganti kaca spion nanti di masa depan.

Jika disetujui maka produsen kendaraan yang ada di Jepang kemungkinan akan diperbolehkan memakai teknologi ini pada setiap produk yang akan mereka jual ke pasar.

Teknologi Kamera Penggati Spion di Jepang

Apabila sudah resmi disetujui maka Jepang akan menjadi negara pertama di dunia yang mengizinkan penggunaan teknologi tersebut pada mobil. Meski begitu mereka masih memiliki banyak pekerjaan karena mereka masih harus meneliti, seberapa efektif teknologi kamera belakang pengganti kaca spion ini dan juga apa dampaknya jika dipakai atau digunakan untuk perjalanan jauh.

Dengan adanya teknologi kamera penggati spion ini maka spion model lama akan mulai ditinggalkan di tahun-tahun berikutnya bagi industri mobil dan otomotif secara umum. Sehingga mobil yang beredar dan lalu lalang di jalanan adalah mobil mirrorrless yakni mobil tanpa kaca spion dan menggunakan kamera video sebagai gantinya.

Smart Rear View Monitor

Dengan adanya penemuan dan kemajuan baru ini, maka industri yang selama ini menjadi produsen atau supplier dari kaca spion harus bisa beradaptasi dengan kemajuan dan juga adanya penerapan teknologi video dalam kendaraan dan salah satu perusahaan pemasok kaca spion terbesar ini seperti Ichikoh Industries dari Jepang dan juga BOSCH perusahaan dari Jerman.

Kedua perusahaan itu, memang selama ini merupakan supplier kaca spion dari hampir sebagian mobil keluaran pabrikan Jepang dan sistem pencahayaan di dalam mobil.

Saat ini mereka sudah mulai untuk membuat terobosan baru dengan membuat produk yang bernama Smart Rear View Monitor. Produk ini adalah gabungan dari spion tradisional dengan kamera belakang. Tujuannya adalah untuk memantau aktivitas di belakang mobil.

Di dalam kaca spion ini ada monitor LCD yang akan menampilkan hasil tagkapan kamera belakang dengan area kontrol, memang saat ini keberadaan/penggunaan kaca spion sudah mulai digeser karena adanya pengembangan teknologi video sebagai pengganti kaca spion.

Memang ada banyak manfaat yang didapat dari sistem spion modern ini. diantaranya adalah dapat meringankan beban pilar di kiri dan kanan dari mobil, juga meningkatkan keamanan serta dapat menangkal silau mata yang biasanya diakibatkan dari kaca spion yang terkena pantulan sinar matahari.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai kemajuan teknologi, yakni kamera video pengganti kaca spion mobil dan dari kelebihan dan kekurangannya. semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Fungsi dan cara atur ulang lampu sorot dengan mudah.

Terobosan fitur baru Toyota dari sensor parkir yang mengadopsi teknologi kapal selam.

Fungsi dan penggunaan lampu hazard kendaraan yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *