Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Sedan Mitsubishi Eterna

mobil mitsubishi eternaKelebihan Dan Kekurangan Mobil Sedan Mitsubishi Eterna

Mekanikmitsubishi.com – Eterna merupakan mobil sedan mewah yang di produksi oleh Mitsubishi dengan kategori big size sedan. Mobil Mitsubishi eternal merupkan mobil mewah diatas dari Lancer Dangan. Nama Eterna tersebut memang sudah digunakan pada produksi yang lebih dulu yaitu pada versi facelift dari Galant II, namun penjualan Galant II sudah di gantikan penjualannya pada tahun 1988. Sayangnya Mitsubishi Eterna generasi pertama hanya diperjual belikan selama kurang lebih dua tahun saja sebelum produksinya benar-benar dihentikan dan penjualannya di pensiunkan.

 

Pada 2 tahun penjualannya terdapat jenis lain lagi selain Eterna generasi pertama. Kedua tipe mobil Mitsubishi tersebut memiliki  jenis mesin yang berbeda  seperti mesin SOHC karburator dan DOHC injeksi. Walaupun Mitsubishi Eterna terus di jual sampai tahun1993 namun tak lama kemudian di gantikan posisinya dengan kehadiran Galant Lele/Paus yang juga hadir bersama Lancer CB, hal tersebut menyebabkan Eterna menjadi kurang di minati lagi. Kelebihan yang dimiliki Eterna memang menjadi pesaing bagi mobil-mobil ternama lainnya seperti Honda Accord Maestro, Toyota Corona Twincam dan juga Mazda 626 Capella. Mobil-mobil tersebut memang sudah banyak penggemar di kelasnya dan menyebabkan persainggannya terjadi sangat ketat dalam penjualannya khusunya dalam negri.

 

Sejarah penamaan Eterna merupakan  nama yang khusus di berikan untuk Galant versi JDM, namun penjualannya hanya di Jepang saja. Di Indonesia juga mengambil nama Eterna yang sesuai pada negara asalnya namun dengan versi yang berbeda. Hal tersebut dilakukan agar meningkatkan penjualan yang lebih baik dan membuat lebih terkenal di bandingakan Galant versi sebelumnya yang selalu kalah saing dengan  pesaing lainnya. Dengan penamaan yang dipergunakan di Indonesia memang sangat terbukti yang membuat image dari Galant generasi ke-6 tersebut mengalami kemajuan yang bagus sehingga berada pada puncak kejayaan. Untuk nama selanjutnya Eterna diganti menjadi Galant untuk penerus seterusnya.

 

Desain Eksterior pada Mitsubishi Eterna

 

Untuk desain Eksteriornya Eterna memang menyajikan model yang terlihat kekar dan gagah agar tampilannya lebih menarik hati para konsumen yang menyukai model sporty dan berjiwa muda. Hal ini dapat dilihat dari body bagian bawah pintu juga di sertai dengan penambahaan desain bagian depan yang menyerupai hiu dengan menonjol di bagian depan. Sampai saat ini desain Galant hiu tersebut masih di pertahankan dan menjadi keunggulan yang dimilikinya.

 

Eterna selama masih di produksi sudah mengalami masa facelift. Pada keluaran awal di tahun 1988 sampai 1990 dapat dengan mudah dikenali dari sisi sroplamp dan reflektor dengan bentuk yang berbeda, namun di tahun tersebut reflektor memang di pajang dan terpotong yang berada tepat diantara dudukan plat nomor.

 

Masa facelift pada tahun 1991 sampai dengan 1992 mengalami perubahan yang sangat menonjol dan tampak pada posisi masing-masing klaster lampu dengan posisi yang berbeda dari sebelumnya. Reflektor di bagian belakang juga berbeda yang membentuk trapesium terbalik dan terpotong sebelum batas plat nomor di bagian bawah.

 

Desain Interior pada Mitsubishi Eterna

 

Saat Anda pertama kali membuka bagian dalam yang jelas terlihat desain pada bagian kabin yang dirancang dengan baik dan disesuaikan untuk model interior Mitsubishi Eterna yang memunculkan kesan klasik dan terkesan seperti mobil sedan tua namun tetap menghadirkan kesan mewah. Fitur yang ada pada Eterna ini memang sudah di rancang dengan sedemikin rupa untuk memberikan kesan yang berbeda dan sudah menambahkan fitur-fitur lain yang sebelumnya belum ada, seperti pegaturan pada AC dengan model baru yang biasanya dengan model geser namun kali ini dengan tombol yang di putar. Memang pada model dashboarnya masih seperti desain yang biasa tetapi pada bagian laci sudah dirubah menjadi lebih lebar yang bertujuan agar memudahkan Anda untuk meng-upgrade head unit double din yang dapat di sentuh dengan mudah.

 

Untuk bagian kursi pada versi sudah di lengkapi dengan jok elektrik yang memang pada versi sebelumnya belum ada. Kenyamanan pada kursi merupakan hal yang penting agar pengendara merasa enak untuk duduk di perjalanan yang lama, hal tersebut terlihat pada kursi bagian depan dan belakang  yang di rancang khusus dengan jok semi bucket.

 

Performa yang digunkan pada mesin Mitsubishi Eterna

 

Mitsubishi Eterna memang menggunakan mesin yang sesuai dengan model yang ada. Dua mesin yang ada pada Eterna  memiliki kapasitas dengan sama besar yaitu 2,0 liter, namun perlu Anda ketahui pada kedua mesin tersebut terdapat perbedaan pada sistem pengaturan katup dan juga pada sistem penggunaan bahan bakar. Pada mesin pertama menggunakan camshaft tunggal atau di sebut juga dengan SOHC dengan sistem karbunator yang memang penggunaannya sangat sedikit dibandingkan versi bermesin DOCH di karenakan peredarannya sangat minim.

 

Ada juga Eterna DOCH dengan sistem asupan bahan bakar yang sudah injeksi dengan tenaga maksimalnya 143 Hp pada putaran sekitar 6.500 RPM dan juga torsi 172 Nm pada 4.500 RPM. Hal tersebut membuat sedan ini sangat terkenal karena dapat melaju dengan kecepatan tinggi dan ini cocok sekali bagi anak muda yang senang dengan kecepatan tinggi. Sedan ini sudah di akui kecepatannya yang di buktikan dengan mendapatkannya label GTi dan merupakan sedan tercepat dari Mitsubishi.

Artikel paling dicari mengenai : Tips dan Cara mengecek kerusakan pada lager as roda denganb mudah dan cepat.

 

Mesin yang ada memang hampir sama dengan mesin yang dahulu ada pada Mitsubishi dengan kode 4G63 serta konfigurasi yang sama dan 4 silinder segaris 16 katup. Dari penjelasan di atas yang menjadi perbedaan hanya pada camshaft dan pasokan bahan bakar.

 

Namun untuk tenaga yang di keluarkan tentulah sangat berbeda jauh. Disini juga terdapat versi hasil dari tuning yang sangat terkenal di dunia yaitu AMG, namun karena AMG ini belum terlalu terkenal menyebabkan mobil dari pabrik yang lain lebih terkenal. Karena tenaga dan torsinya sangat dahsyat dari tipe lain maka Eterna AMG ini peredarannya sangat limited edition dan perdearannya lebih sedikit dari tipe VR-4 yang hanya di jual sebanyak 200 unit saja di seluruh dunia.

 

Impresi dan Handling Mitsubishi Eterna

 

karena desain Etrena memang lebih besar di dalam mobil dapat menampung 3 penumpang dewasa dan masih ada ruang yang tersisa untuk kaki dan bahu. Luasnya ruang kaki dan bahu ini di rancang agar penumpang merasa nyaman saat duduk di kursi walaupun menempuh perjalanan yang jauh.

 

Memang dapat di pastikan Eterna menjadi mobil dengan handling yang luar biasa. Jika berkendara dengan kecepatan tinggi dan tanpa gangguan sama sekali mobil ini meman sangatlah cocok namun dengan catatan keadaan seluruh kendaraan dalam kondisi yang baik. Suspensi yang digunakan memang mengedepankan handling sehingga kenyamanan bantingan sedikit kurang.

Artikel terbaru mengenai : Tips merawat dan membersihkan busi kendaraan paling dianjurkan.
Spesifikasi Lengkap Pada Mobil Mitsubishi Eterna

  • Mesin eterna : 4G63 SOHC karburator dan 4G63 DOHC Injeksi.
  • Tenaga maximum : 95 HP @5.000 RPM (SOHC) ; 144 HP @6.500 RPM (DOHC GTi).
  • Torsi yang dihasilkan : 156 Nm @3.000 RPM (SOHC) ; 169 Nm @5.000 RPM (DOHC GTi).
  • Bore x Stroke : sama-sama 85 mm x 88 mm.
  • Rasio kompres mesin : 9:1 (SOHC) ; 9.8:1 (DOHC GTi).
  • Perkiraan konsumsi BBM : 10-12 km/L (dalam kota) dan 17-20 km/L (luar kota)
  • Transmisi yang digunakan : Manual 5-speed dan matic 4-speed (langka).
  • Tipe Suspensi : Depan MacPherson strut independent, belakang double wishbone.
  • Pesaing Eterna : Honda Accord Maestro, Toyota Corona Twincam dan juga Mazda 626 Capella.
  • Tahun penjualan : 1987 – 1992. “1993 merupakan unit sisa.”

 

Harga Socond Mobil Mitsubishi Eterna

 

Rentang harga yang di pasaran sekitar 30 juta sampai 35 juta tergantung pada kondisi dan perawatan sebelumnya. Harga yang ada tersebut memang tak sebanding dengan performa dan desain Eterna yang sangat baik. Hal ini di sebabkan karena perwatan yang lumayan mahal dan sedikit sulit.
Kelebihan Mitsubishi Eterna

  • Akselerasi dan performa mesin sangat baik
  • (Performa dan akselerasi yang dimiliki sangat unggul di kelasnya.)
  • Pandangan pengemudi cukup luas
  • (Jangkauan pandang yang sangat luas kedepan sehingga memudahkan pengemudi.)
  • Ruang kabin mobil sangat lapang.
  • (Ruang untuk kabin yang luas untuk membawa barang cukup banyak.)
  • Fitur dari mobil etena cukup banyak.
  • (Fitur-fitur yang suntikkan cukup banyak, lengkap dan mengikuti perkembangan mode.)
  • Posisi tempat duduk sangat nyaman,
  • (Kursi yang nyaman untuk diduduki.)
  • Handling sangat bagus,
  • (Sangat terasa bagus handling dikelasnya.)
  • Body dan sasis begitu kuat kukuh.
  • (Body terlihat sangat berkelas dan kuat.)

Atikel terkait : Mengapa mobil perlu pengecekan dan perbaikan Spooring dan balancing pada roda kendaraan.
Kekurangan Mitsubishi Eterna

  • Konsumsi BBM relatif lebih boros dari pesaingnya.
  • (Konsumsi bahan bakar dirasa boros dibandingkan pesaing-pesaingnya.)
  • Kaki-kaki ringkih.
  • (Kaki-kaki kurang kuat untuk mobil sekelas etena)
  • Klep masuk dan buang rentan mengalami kerusakan dengan bunyi kletek-kletek di bagian mesin.
  • (Bunyi bising yang timbul dibagian mesin jika klep bermasalah.)
  • Idle Up Sensor dan Airflow sangat rentan sekali mengalami kerusakan dengan akibatnya RPM naik turun tidak stabil.
  • (Komponen pada Airflow dan Idle Up Sensor  mudah rusak.)
  • Mesin mobil cepat panas
  • (Mudah overheat.)

 

Sekian penjelasan lengakp mengenai kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki Mitsubushi Eterna. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin memiliki mobil sedan dengan harga yang sesuai.

Baca juga artikel terbaru :

kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Galant Hiu yang sangat mendasar.

Kelebihan dan kekurangan Suzuki SX4 yang jarang diketahui.

 

 

 

One comment

  • saya sangatt setuju dengan kalian , artikel yang bagus jempol buat kamu gan, website juga bagus saya lihat moga moga ramai yaa baru kali ini saya lihat website rapi itu janga lupa di naikan gan barangnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *