Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Kendaraan Yang Jarang Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Kendaraan Yang Jarang Diketahui

Mekanikmitsubishi.com – Light Emeting Dioda atau yang banyak dikenal dengan istilah LED banyak sekali yang sudah menggunakan dan memasangnya dalam kendaraan. Baik kendaraan roda dua atau kendaraan dengan roda empat. Banyak yang menggunakan dan memakai LED tanpa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaanya.

Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan lampu LED pada kendaraan, baik roda dua atau pun roda empat yang jarang diketahui? Berikut ringkasannya.

LED dalam penggunaanya disebutkan oleh salah satu merek yang menaungi berbagai kendaraan di Indonesia menyatakan bahwa, penggunaan LED dalam keadaan full, energi listrik yang digunakan tidak lebih besar dari pada lampu bohlam. Sedikit berbeda dengan bohlam, lampu LED menggunakan watt yang kecil namun memiliki kecerahan cahaya yang terang, namun jika menggunakan bohlam, ketika anda menginginkan cahaya yang terang maka dibutuhkan watt yang besar pula.

Bila dalam menggunakan watt yang kecil maka otomatis tidak membutuhkan sumber yang besar pula. Hal ini akan meringankan putaran cranktikan, sehingga meringankan putaran. Dengan begini maka akan mengirit bahan bakar. Karena sistem elektrikal yang ringan dan tidak terlalu berat akan membuat bahan bakar menjadi irit dan meringankan kerja mesin.

Kelebihan dan kekurangan lampu LED pada kendaraan yang lain adalah sebagai contoh lampu LED yang dipasang dalam motor CBR 150R. Jika sebelumnya dipasangkan 2 lampu bohlam dengan kapasitas masing-masing 35 watt, maka jumlahnya adalah 70 watt. Hal ini menyebabkan kelebihan pemakaian daya dan membuat bahan bakar menjadi boros.

Kemudian pada percobaan selanjutnya adalah dengan memasangkan lampu LED dalam 4 titik untuk lampu low dengan keseluruhan watt 11,4 watt yang dipasangkan pada lampu depan dan 6 titik untuk lampu high dengan keseluruhan watt 14,4 watt. Dan jika dijumlahkan seluruh watt yang digunakan pada lampu depan dan lampu belakang adalah 25,8 watt. Dengan menilik watt yang digunakan oleh lampu bohlam dan LED akan membuat bahan bakar yang digunakan semakin irit jika menggunakan LED dan dalam perputaran crankshaft.

Kelebihan dan kekurangan lampu LED pada kendaraan yang selanjutnya adalah lampu LED memiliki bentuk yang lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan lampu bohlam yang memiliki bentuk besar dan berat. Dengan bentuk yang ringan dan tipis ini selain tidak akan memakan banyak tempat, juga akan mempermudah anda dalam menghias dan mempercantik kendaraan anda. Dan dari designer yang akan merancang kendaraan anda juga tidak akan kesulitan dalam menghias kendaraan anda.

Selain bentuknya yang tipis dan ringan, lampu LED juga menghasilkan cahaya yang lebih terang dari pada lampu bohlam. Dalam segi perawatan lampu LED lebih mudah dalam hal perawatan. Lampu LED bahkan bisa anda ganti bila anda bosan.

Lampu LED dengan aliran listrik yang baik bahkan bisa diganti dengan tanpa menunggu lampu putus. Aliran listrik yang baik akan membuat lampu LED yang belum putus dan ingin diganti bisa anda lakukan dengan syarat aliran listrik bagus.

Kelebihan dan kekurangan lampu LED pada kendaraan yang lain adalah apabila dalam satu bulan lampu LED yang dipasang mengalami kerusakan, maka harus diganti secara keseluruhan. Disinilah peran seorang mekanik dalam hal menangani hal yang terlihat mudah namun mengandung banyak resiko. Mengganti lampu LED adalah hal yang mudah namun mengandung banyak resiko. Seorang mekanik yang handal harus bisa mengotak-atik saklar lampu LED tanpa harus membuat kesalahan.

Namun untuk saat ini harga lampu LED masih terbilang mahal, namun sepadan dengan kualitas dan kepuasan yang diberikan oleh lampu LED. Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan lampu LED pada kendaraan yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *