Kelebihan Dan Kekurangan Isi Angin Ban Pakai Nitrogen

kelebihan-dan-kekurangan-isi-angin-ban-pakai-nitrogenKelebihan Dan Kekurangan Isi Angin Ban Pakai Nitrogen Yang Jarang Kita Ketahui.

Mekanikmitsubishi.com – Ban merupakan salah satu komponen yang wajib atau penting sekali untuk setiap kendaraan, apapun jenisnya. Dari mobil, motor, sepeda, becak, dokar dan lain sebagainya. Karena ban ini menjadi teramat penting untuk mobil, anda juga harus memperhatikan pasokan angin untuk ban mobil anda. Karena jika pasokan angin pada ban sedikit kurang atau malah berlebihan itu akan mempengaruhi kenyamanan dan keawetan mobil itu sendiri.

Baca juga : Alasan penting memeriksa tekanan angin pada ban secara rutin.

Dalam pengisian angin pun ada 2 jenis, yaitu dengan menggunakan udara (angin), dan menggunakan gas atau nitrogen. Tentu akan ada kelebihan dan kekurangan isi angin ban pakai nitrogen dan kelebihan atau kelemahan menggunakan udara atau angin pada umumnya.

Oleh sebab itu, anda harus mempertimbangkan pengisian angin ban mobil anda harus menggunakan udara atau gas, karena keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan isi angin ban pakai nitrogen yang perlu anda perhatikan :

Baca juga :

Cara mudah merawat ban tubeless dengan benar.

Dampak kurangnya tekanan angin pada ban kendaraan terhadap konsumsi BBM.

  1. Lebih tahan lama tetapi relatif mahal biayanya

Tekanan angin pada ban menjadi lebih tahan lama, hal ini menguntungkan anda karena tidak perlu sering mengisi angin pada ban mobil. Untuk kekurangan dari pengisian angin ban pakai nitrogen ini adalah biaya yang relatif mahal. Harga dari pengisian gas nitrogen ini berkisar antara 10 sampai 20 ribu. Harga itu belum termasuk jika pengisian angin ban mobil anda tidak menggunakan N2. Karena harus dikuras terlebih dahulu sebelum dipasoki menggunakan N2. Untuk harga menguras ini biasanya sekitar 5 ribu sampai 10 ribu. Nah itu tadi salah satu kelebihan dan kekurangan isi angin ban pakai nitrogen yang pertama untuk bahan pertimbangan anda.

 

  1. Kinerja ban lebih optimal

Untuk pengisian angin pada ban mobil anda dengan menggunakan Nitrogen juga bisa membuat kinerja dan daya cakram pada ban mobil lebih baik. Dengan begitu akan membuat anda lebih nyaman dan tentu saja membuat aman ketika melakukan perjalanan. Itu tadi adalah point yang kedua dari kelebihan dan kekurangan isi angin ban pakai nitrogen.

 

  1. Irit bahan bakar

Selain menjadi lebih irit bahan bakar, menggunakan Nitrogen juga bisa membuat usia ban mobil anda menjadi lebih panjang atau awet. Disamping itu, pasokan angin menggunakan gas Nitrogen bisa membantu meningkatkan keselamatan berkendara anda. Karena, tekanan angin pada ban yang menggunakan gas Nitrogen akan membuat tekanan pada ban menjadi lebih tepat dan tetap terjaga stabilitsasnya. Tidak hanya itu, menggunakan gas Nitrogen juga bisa mengurangi resiko kecelakaan. Mengapa? Karena, kestabilan tekanan pada ban tersebut. Selain itu, menggunakan Nitrogen ini juga bisa memperpanjang keawetan elastisitas karet pada ban mobil anda.

Untuk kelemahan atau kekurangan pengisian angin pada ban kendaraan dengan nitrogen adalah terbatasnya ketersediaan bengkel gas Nitrogen yang masih belum banyak seperti pengisian angin konvensional. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu pada jalan yang akan anda lewati.

Apakah memungkinkan menggunakan gas Nitrogen atau tidak. Tetapi jika anda sudah terlanjur menggunakan Gas Nitrogen dan ban anda sedikit kempis, sebaiknya mengisi ban anda menggunakan angin yang biasanya terlebih dahulu untuk menghindari kecelakaan.

Jika sudah menemukan segera diisi dengan menggunakan Gas Nitrogen agar lebih stabil. Itulah kelebihan dan kekurangan isi angin ban pakai nitrogen yang terakhir yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pengisian angin pada ban mobil anda.

Demikian tadi adalah Beberapa kelebihan dan kekurangan isi angin ban pakai nitrogen yang semoga bisa membantu anda untuk membantu mempertimbangkan pengisian angin ban mobil anda. Semoga bermanfat.

Artikel terkait :

Bahaya sering menyemir ban kendaraan yang jarang diketahui.

Motif alur ban kendaraan dan fungsinya serta kelebihan masing-masing.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *