Kelebihan Dan Kekurangan Ban Tubeless Untuk Kenyamanan Jangka Panjang

untitled

Mekanikmitsubishi.com  Ban adalah komponen penting dari kompenen sebuah kendaraan baik roda dua,empat atau model yang lainnya. Kita tau bahwa komponen ban sangat perpengaruh untuk kenyamanan dan keselamatan. Banyak asumsi menyebutkan bahwa Ban Tubeless lebih bagus dari ban biasa. Perlu kita ketahui bahwa Ban Tubeless tidak sesempurna itu,Ban Tubuless juga mempunyai beberapa Kelebihan dan Kekurangan. Dengan asumsi yang bisa disebut salah kaprah tentang pemahaman Ban Tubeless,alhasil banyak pengendara roda dua dan empat beralih ke Ban Tubeless dengan alasan yang kurang tepat atau sekedar ikut-ikutan atau merasa lebih baik tanpa mengetahui dan memahami secara fasih.

Kali ini saya akan membahas tuntas tentang kelebihan dan kurangan ban tubeless untuk kenyamanan jangka panjang. Baik untuk roda dua atau roda empat.

Kelebihan Ban Tubeless Dibanding Ban Biasa ( Tubetype )

  1. Ban Tubeless memiliki kelebihan yakni tidak langsung kempes saat roda ban menginjak benda tajam seperti paku,kawat,duri atau benda yang lain bahkan bisa di ajak jalan bahasa kampungnya “digledek”.
  2. Kelebihan Ban Tubeless selanjutnya yakni Ban Tubeless lebih mengigit ke bagian veleg kendaraan. Hal ini berakibat kendaraan lebih stabil saat di jalanan.
  3. Ban tubeless lebih nyaman pada kecepatan tinggi.
  4. Saat bermanuver atau menikung Ban Tubeless terasa lebih stabil dibanding ban mobil biasa ( tubetype ).
  5. Ban Tubeless lebih tahan bocor.

Hal diatas adalah kelebihan Ban Tubeless yang perlu anda ketahui. Hal ini pula yang menyebabkan Produsen Mobil dan Motor berlomba-loba untuk mengaplikasikan pada prosuk keluaran terbarunya.

Hadirnya Ban Tubeless bisa disebut dengan kemajuan teknologi khususnya untuk industri Otomotif. Dengan Kualitas yang lebih baik dan Harga yang lebih mahal tidak sedikit masyarakat lebih memilih ban tubeless untuk kenyamanan berkendara.

 

Hal penting lain yang harus kita ketahui dari Ban Tubeless adalah kekurangannya. Tidak ada sebuah produk yang tidak memiliki kekurangan. Hampir bisa dipastikan semua produk memiliki celah kekurangan. Hal ini perlu sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan jenis produk yang akan kita pilih.

 

Kekurangan Ban Tubeless yang perlu diketahui :

Meski Ban Tubeless memiliki banyak kelebihan dari ban bisa,Ban Tubeless memiliki umur pemaikain lebih pendek dibanding ban tipe biasa/tubetype. Hal ini disebabkan karena ban tubeless mengunakan compound lebih lunak.

Dengan struktur karet yang lebih padat dan tebal mengakibatkan Ban tubeless lebih keras dibandingkan ban biasa. ( untuk pergantian ban tubeless juga lebih sulit dibandingkan ban biasa )

Ban Tubeless mudah rusak dikarenakan struktur karet yang keras,apalagi dijalan yang tidak rata,berbatu dan ditanjakan.

Ban Tubeless lebih mudah merusak velg kendaraan karena pergantian ban yang lebih sulit karena ban lebih mengigit ke velg. Bahkan dalam waktu dan kondisi tertentu ban tubeless sangat lengket dengan veleg sehingga harus mengunakan alat khusus untuk mencegah kerusakan velg.

Masih ada lagi kekurangan Ban Tubeless yang perlu Anda ketahui yakni : Ban tubeless tidak cocok mengunkan velg type jari-jari,meski ada teknologi yang sudah bisa untuk pengunaan model velg jari-jari akan tetapi hal tersebut tetap telihat memaksakan dan bukan berarti cocok dan standart.

Artikel diatas merupakan beberapa hal mengenai kekurangan dari Ban Tubeless. Tidak hanya harga yang lebih mahal melaikan banyak hal yang perlu anda ketahui untuk kenyamanan anda.

Sekain artikel saya membahas mengenai kelebihan dan kekurangan ban tubeless untuk kenyamanan pengendara.

Baca juga artikel Kami yang lain Macam-macam telapak/alur ban kendaraan secara umum yang harus Anda ketahui.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *