Kekurangan Ceper Dan Jarak Paling Ideal Mobil Ceper Dari Permukaan Jalan

Tak Hanya Modifikasi, Berikut Kekurangan Modif Ceper Dan Jarak Paling Ideal Mobil Ceper Dari Permukaan Jalan Ini Wajib Anda Penuhi!

Jarak Paling Ideal Mobil Ceper Dari Permukaan Jalan - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Dalam dunia otomotif , modifikasi kendaraan memang menjadi hal yang lumrah dan bahkan menjadi trendi. Baik itu sepeda motor, mobil, maupun kendaraan roda empat lainnya. Biasanya, modifikasi dilakukan agar tampilan mobil ataupun motor menjadi semakin menarik dan tak mainstream.

Berbagai jenis modifikasi pun diinovasikan dan dikreasikan se-unik mungkin. Tak terkecuali mobil ceper. Modifikasi ceper dibuat dengan cara memendekkan kaki-kaki mobil hingga hampir menyentuh permukaan jalan. Gaya “ceper” tak hanya populer di Indonesia, namun juga di negara bagian barat  seperti negara di benua Eropa. Namun, di luar negeri, modifikasi ceper lebih dikenal dengan “low rider”.

Baca juga : Biaya modif pintu mobil seperti lamborgini dari berbagai type mobil.

Nah, sebelum mengetahui jarak paling ideal untuk memodifikasi kaki mobil Anda menjadi ceper, yuk cek serba-serbi tentang modifikasi ceper yang harus Anda ketahui.

Baca juga : Biaya pasang boks diatap mobil untuk jenis MPV dan SUV.

  • Kelebihan Modifikasi Ceper

Selain memperindah tampilan luar mobil Anda, memodifikasi mobil menjadi ceper juga dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi masalah suspensi yang goyang maupun limbung.

Terutama untuk mobil yang memiliki ground clearance atau ruang di antara dasar dari ban kendaraan dengan bagian bawah chassis yang cukup tinggi. Ground clearance tinggi dapat meningkatkan kemungkinan rollover yang semakin tinggi.

  • Kelemahan Modifikasi Ceper

Tak adil rasanya jika hanya bercerita tentang kelebihan tanpa harus membagikan kekurangan dari modifikasi ceper ini. Biasanya, mobil yang dimodifikasi menjadi ceper  akan membuat bantingan suspensi mobil menjadi lebih terasa keras. Terlebih jika Anda sering melewati jalan rusak.

Jika Anda tak memperhatikan standar jarak keceperan mobil Anda dengan jalan raya, Anda perlu lebih berhati-hati dalam melewati polisi tidur yang pasti akan ada di jalanan. Biasanya, jika Anda tak berhati-hati komponen shockbreaker Anda akan lebih mudah patah.

Jarak Paling Ideal Mobil Ceper Dari Permukaan Jalan

Setelah membaca beberapa Kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh mobil ceper, jangan lantas membuat niatan Anda untuk memodifikasi mobil menjadi hilang. Kelemahan-kelemahan di atas tak akan Anda temui jika Anda mengikuti jarak ideal yang harus digunakan jika Anda hendak men”ceperkan” mobil Anda.

Dilansir dari Bapak Midun, pemilik Bengkel Jaya Supring, beliau mengatakan bahwa jarak paling ideal mobil ceper dengan  jalan raya adalah sekitar 1,5 jari hingga 2 jari dari permukaan jalan raya. Jarak ini adalah space maksimal yang harus diterpkan pada mobil dengan tipe sedan.

Sedangkan untuk mobil dengan jenis Sport Utility Vehicle seperti seperti Toyota Land Cruiser, Toyota fortuner, Jeep Wrangler, Mitsubishi Pajero dan lain sebagainya setidaknya harus memiliki jarak sekitar 3 jari dari permukaan jalan.

Pada dasarnya, ketinggian mobil memiliki ukuran yang berbeda-beda. Sehingga, jika Anda berniat ingin memodifikasi mobil menjadi ceper, jarak yang paling aman adalah turun dua jari dari ketinggian normal mobil Anda.

Dengan kisaran jarak tersebut, maka mobil Anda masih dapat digunakan dengan nyaman dan aman. Pada initnya sebelum kita memodifikasi kendaraan standar, sebaiknya kita konsultasikan pada ahlinya terlebih dahulu agar nantinya hasil modifikasi ceper mobil Anda memuaskan dan tidak mengurangi fungi-fungsinya. Semoga artikel ini yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan mobil ceper serta penjelasan jarak paling ideal mobil ceper dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips memilih velg variasi untuk modifikasi agar terlihat keren.

Beberapa bahaya mengganti ukuran ban standar menjadi lebih besar.

Biaya dan kelebihan suspensi udara serta perbedaannya dengan jenis dengan per daun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *