Kasar Pindah Kopling Bikin Boros Konsumsi BBM Dan Tips Mengatasinya

alasan-kasar-pindah-kopling-bikin-boros-konsumsi-bbmBerikut Beberapa Alasan Kasar Saat Pindah Kopling Bikin Boros Konsumsi BBM.

Mekanikmitsubishi.com – Banyak yang masih belum tahu dan bertanya-tanya tentang perpindahan kopling yang tidak tepat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros atau tidak? Itu benar sekali, perpindahan kopling yang tidak tepat bisa mengakibatkan boros bahan bakar. Oleh sebab itu, lakukan dengan tepat ketika akan memindah kopling untuk mengurangi resiko boros bahan bakar.

Baca juga : Tips dan cara mudah ketahui kampas kopling bermasalah/sudah habis.

Untuk itu anda perlu mengetahui cara pindah kopling yang benar agar tidak boros bahan bakar anda. Sistem kopling sendiri berada diantara sistem penggerak atau transmisi dan mesin. Kopling memiliki peranan yang penting yaitu untuk penerus atau penyambung putaran mesin ke bagian penggerak sistem.

Berikut ini ada beberapa cara pindah kopling yang benar agar tidak boros bahan bakar yang harus anda perhatikan.

Baca juga : Cara merawat kopling mobil yang baik dan benar.

  1. Tekan kopling sepenuhnya

Untuk penggunaan kopling yang benar adalah dengan cara menekan bagian pedal kopling dengan sempurna atau sepenuhnya. Tujuannya sendiri penekanan sepenuhnya ini adalah supaya pelat atau disebut juga piringan kopling dan roda gila bisa terpisah sempurna. Dari penekanan yang sepenuhnya ini adalah untuk memudahkan dalam pemindahan atau pemasukan tuas transmisi mobil. Itulah cara pindah kopling yang benar agar tidak boros bahan bakar yang pertama.

 

  1. Injak pedal kopling dengan tepat

Cara pindah kopling yang benar agar tidak boros bahan bakar yang selanjutnya adalah dengan menginjak pedal kopling dengan tepat atau sempurna. Ketika sedang menginjak pedal kopling tersebut anda bisa pindahkan atau masukan tuas transmisi. Dengan menggunakan cara pindah kopling yang benar akan mengurangi pemborosan bahan bakar mobil anda.

 

  1. Selaraskan injakan pedal gas dengan kopling

Setelah kedua cara di atas, lepaskan injakan kopling mobil anda secara pelan dan diselaraskan dengan injakan pedal gas mobil supaya kendaraan tidak berjalan seperti meloncat dan bisa berjalan lebih halus. Hal itu tentu akan membuat perjalanan anda nyaman dan aman. Dengan cara di atas tadi menjadi cara pindah kopling yang benar agar tidak boros bahan bakar yang harus anda praktekkan.

Namun harus anda perhatikan juga, hindari menekan pedal kopling ketika kendaraan atau mobil masih dalam keadaan berjalan. Hal ini bisa mengakibatkan piringan kopling dan release bearing menjadi cepat aus. Selain itu, hindari menekan setengah pada pedal kopling ketika sedang antri atau macet di tanjakan. Karena, hal itu bisa membuat sistem kopling menjadi lebih cepat mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, mesin juga akan sering bergetar sehingga akan membuat atau mengakibatkan terganggunya fungsi penahan mesin. Untuk solusinya, sebaiknya anda gunakan rem tangan ketika sedang mengalami kemacetan di tanjakan.

Selain harus melakukan cara pindah kopling yang benar agar tidak boros bahan bakar anda juga harus merawat kopling agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa tips merawat kopling.

Baca juga : 5 cara membedakan oli asli dengan oli palsu dengan mudah dan akurat.

  • Cek rutin minyak kopling mobil anda, jangan sampai kopling anda kehabisan minyak
  • Hindari menekan kopling terlalu lama,
  • Ketika pengoperan atau pemindahan gigi sebaiknya atau dianjurkan untuk menginjak bagian pedal kopling dengan sempurna atau secara penuh.
  • Jangan sampai kopling mengalami kelengketan, karena bisa mengakibatkan tuas transmisi menjadi sulit dimasukkan atau dipindahkan. Hal itu disebabkan karena mesin dan pelat kopling tidak terpisah. Adapun penyebab kopling lengket adalah karena masuknya lumpur ke bagian atau area sistem kopling.

Demikian tadi adalah penjelasan mengenai kasar pindah kopling berpengaruh boros tidaknya terhadap konsumsi BBM dan beberapa tips dan cara pindah kopling yang benar agar tidak boros bahan bakar yang bisa anda lakukan untuk merawat kopling agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat dan membantu.

Baca juga :

Cek oli gardan mobil,kegunaan,perbedaan dan cara mengganti dengan mudah.

 

Mengetahui gejala kopling manual yang mulai mengalami masalah dan perlu perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *