Jenis-jenis Telapak/Motif/Alur/Ukiran Ban Kendaraan dan Fungsinya

Jenis-jenis Telapak/Motif/Alur/Ukiran Ban Kendaraan dan Fungsinya

 

motif ban mobil

 

Oke,kali ini saya akan membahas beberapa hal pokok mengenai motif ukiran ban dan fungsinya masing-masing. Kita sebagai pengendara alangkah baiknya mengetahui beberapa motif ban dan fungsinya masing-masing. Hal ini akan memudahkan kita ketika akan menentukan motif alur ban yang bagaimana,yang sesuai kebutuhan dan fungsinya. Banyak hal yang mempengaruhi mengapa kita harus memilih motif tertentu,salah satunya Tempat dimana Anda tinggal,Cuaca dan Medan perjalanan.

 

 

 

 

Berikut ini adalah tipe motif ukiran ban kendaraan :

 

Pertama : Tipe Telapak Ban Searah ( Directional )

Motif ukiran ban ini akan terlihat seperti anak panah atau huruf “V” memiliki fungsi :

menepisd air dengan sempurna,ban dengan motif ini cocok untuk permukaan jalan basah ataupun kering. Ban motif directional juga sangat baik performanya saat pengereman,serta memiliki indek dengan kecepatan yang tinggi. Ban ini sangat cocok untuk performa dan kecepatan tinggi. Bahkan hampir sominan masyarakat umum menggunakan tipe ban directional.

 

Kedua : Tipe Telapak Ban Simetris ( Syimmetric )

Desan dan fungsi tipe ban simetrik sangat berbeda dari tipe Directional. Denagn desain Rib/motif yang berkenambungan antara satu dengan yang lain (blok). Dilihat dari luar ban jenis Simetris baik sisi dalam ataupun luarnya memiliki fitur dan fungsi yang sama. Ban tipe ini akan terlihat seperti bergelombang. Ban tipe ini memiliki fungsi yakni : nyaman dan senyap/hening ban ini sangat cocok bagi pengendara yang menginginkan kenyamanan dan senyap/hening. Alur bagian utama berfungsi untuk menepis air.

 

 

 

 

Yang ketiga : Telapak Ban Asimetris ( Asymmetric )

Berbeda dengan tipe ban sebelumnya,ban tipe Asimetic mempunyai pola ukiran yang unik dalam membedakan kedua bagian sisinya. Dibagian luar ban biasanya memiliki desain alur lebih besar dari tipe ban sebelumnya hal ini berfungsi untuk menepis air serta meningkatkan pengendalian di medan basah. Sedangkan bagian dalam ban tipe ini memiliki alur lebih kecil untuk memperluas bidang yang bersentuhan dengan jalan sehingga ban akan lebih stabil. ban tipe ini memiliki kelebihan saat pengendalian baik di jalan basah dan kering, pengendalian dan manuver sangat sempurna ketika membelok pada kecepatan tinggi. Sekali lagi ban tipe ini sangat cocok bagi pengemudi yang menyukai performa tinggi.

 

Sebagai Pengendara anda akan menggukan tipe ban apa..???
tipe ban Directional/Simetris/Asimetris…saya sendiri memakai tipe ban tipe Searah/ Directional karena kendaraan saya diperuntukan untuk keseharian,….

Semoga artikel saya bisa membantu anda memahami Beberapa Tipe Ban dan Fungsinya.

 

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *