Jawaban Dari Kelebihan Dan Kekurangan Velg Racing Dan Velg Jari-jari Secara Ilmiyah

Jawaban Dari Kelebihan Dan Kekurangan Velg Racing Dan Velg Jari-jari Secara Ilmiyah - MekanikmitsubishiJawaban Dari Kelebihan Dan Kekurangan Velg Racing Dengan Velg Jari-jari Secara Ilmiyah Beserta tanggapan masyarakat umum.

 

Mekanikmitsubishi.com – Salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan adalah velg. Sebab velg sendiri satu-satunya tempat menempelnya ban kendaraan agar dapat meneruskan gaya gesek ketika berputar kepermukaan jalanan.

 

Baca juga : Tips memilih velg untuk modifikasi agar terlihat keren dan tidak membosankan.

Kita sudah mengetahui jika velg kendaraan khususnya pada kendaraan bermotor “roda dua” mempunyai dua jenis velg yang digunakan. Diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adalah velg racing ( casting wheel ) dan velg jari-jari ( spoke wheel ). Mungkin dari beberapa masyarakat betanya-tanya, lebih kuat mana antara velg racing dengan velg ruji/jari-jari ?  Lebih awet mana antara velg racing dengan ruji/jari-jari ? Lebih aman mana antara velg racing dengan velg ruji/jari-jari ?

Dari beberapa pertanyaan tersebut sering kita jumpai, bahkan menjadi pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. Banyak pihak yang masih penasaran terkait perbedaaan dan kualitas dari kedua jenis velg tersebut.

Bagi sebagian bikers,yang saya ketahui banyak yang memilih velg racing untuk kedaraannya akan tetapi tidak dipungkiri tidak sedikit juga masyarakat umum yang memilih menggunakan vleg jari-jari.
Banyak alasan dan pandangan mereka akan kedua jenis velg tersebut. Berdasarkan survey dan informasi yang dihimpun dari masyarakat langsung, masyarakat yang memilih velg racing beralasan bahwa menggunkan velg racing terlihat lebih sporty, keren, nyaman dilihat, mudah perawatannya dan mudah saat mencuci sedangkan masyarakat yang memilih velg jari-jari kebanyakan beranggapan velg jar-jari lebih kuat dan bisa distel saat perbaikan serta tahan dari lubangan jalan.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Velg Racing Dan Velg Jari-jari.

Baca juga :

Tips dan cara ampuh membersihkan noda aspal pada velg mobil dengan cepat dan aman.

Dari informasi yang akurat dan dari sumber yang terpercaya yang dihimpun, velg racing memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan velg jari-jari, yakni lebih stabil saat hard braking, lebih baik saat menyalip pada kecepatan tinggi, lebih mudah dibersihakan karena lebih simpel, dan velg jenis racing lebih cocok untuk pemakaian ban tubeless dibandingkan velg jari-jari yang tidak recommended.

 

Kekurangan velg racing bila dibandingkan veleg jari-jari yakni, jika kerusakannya parah velg racing tidak dapat diperbaiki dan tidak bisa digunakan lagi, biaya perbaikannya juga terbilang mahal, mudah oleng/ngobel/ speleng jika terjerumbus lubang jalan. Velg racing lebih rentan mengalami kerusakan apalagi saat musim penghujan, mudah rentan retak dan penyok dan velg racing lebih berbahaya digunakan jika dalam keadaan rusak.

Velg ruji/jari-jari mempunyai kelebihan dari velg racing yakni, memiliki bobot yang lebih ringan. Rata-rata perhitungan selisih dari bobot keduanya hampir 4-5 kilogram. Tak heran banyak road race / drag race setia menggunakan velg jenis jari-jari. Tak sampai disitu kelebihan velg jari-jari juga di calm lebih aman jika digunakan pada jalanan yang tidak rata dan berlubang. Hal ini disebabkan velg jari-jari mampu meminilimasir getaran yang timbul dari mesin ataupun permukaan jalan jadi lebih merata. Dari beberapa maniak variasi motor velg jari-jari lebih kuat dan mudah di buat variasi berbagai bentuk model dan warna.

 

Velg jari-jari tidak mudah berkarat dan lebih mudah diperbaiki jika terkena lubang jalan. Lebih murah dan mudah saat menyetel ulang, saran dari beberapa expert penyetelan velg jari-jari lebih baiknya 5 bulan sekali itu juga tergantung dengan pemakaian dan kondisi velg itu sendiri.

 

Untuk kekurangan velg jari-jari dibandingkan dengan velg racing ialah, velg sulit dibersihkan karena banyaknya jari-jari dan sudut yang sempit, mudah kotor dan berkarat jika jarang dibersihkan, velg jenis ruji/jari-jari juga tidak bisa menggunkan ban tubeless, dan yang terkhir kekurangan dari velg jari-jari yang wajib diketahui ialah cenderung tidak stabil saat dipakai hard braking

 

Demikain ulasan artikel ini mengenai penjelasan kelebihan dan kekurangan velg racing dan velg jari-jari beserta alasan ilmiahnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca terimakasih

Artikel terkait:

Penyebab dan tips ampuh hilangkan baret pada velg mobil yang aman.

Bahaya dan tidaknya menggunakan cairan tambal ban ajaib untuk kendaraan.

Apakah bahaya mencampur premium dengan pertamax..?

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *