Jangan Grogi, 6 Tips Penting Lulus Tes Mengemudi Yang Perlu Diperlajari

6 Tips Penting Lulus Tes Mengemudi Yang Perlu Diperlajari - MekanikmitsubishiGrogi Saat Tes Mengemudi? 6 Poin Penting Lulus Tes Mengemudi Ini Tak Boleh Anda Lewati!

Surat Izin Mengemudi atau biasa disebut SIM memang menjadi syarat penting bagi seorang pengendara.  SIM adalah salah satu kelengkapan berkendara yang harus dimiliki dan selalu dibawa ketika bepergian selain STNK.

Jika Anda berniat membuat SIM, baik SIM A maupun SIM C, Anda harus datang ke Polres di daerah Anda. Biasanya, segala keperluan administrasi dan lainnya akan diurus di pos SATPAS SIM (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM).

Baca juga : Cara mudah bikin SIM tanpa E-KTP, dan persyaratannya

Sebagai warga negara yang baik, tentu Anda akan membuat SIM melalui jalur resmi bukan? Tes SIM biasanya dibagi menjadi dua sesi. Yaitu tes teori dan tes praktik. Nah, berikut merupakan beberapa tips lulus tes mengemudi yang pasti akan membuat Anda mendapatkan SIM secara legal.

  • Pelajari Soal Tentang Ujian SIM

Tak perlu bingung mencari referensi, di zaman yang serba canggih ini Anda dapat menemukan berbagai contoh dan bentuk tes uji SIM yang biasanya muncul di internet. Sebelum Anda melewati ujian teori, tips ini tentu harus Anda lakukan.

Selain dapat membuat mindset Anda terancang, mempelajari soal ujian mengemudi sebelum tes asli juga dapat membantu meminimalisir rasa nervous Anda.

  • Rajin Memperhatikan Rambu Lalu Lintas

Kebiasaan kecil di jalan ini terbukti sangat membantu Anda ketika melewati ujian teori. Biasanya Anda akan disuguhi seabrek rambu lalu lintas dan Anda harus menjawabnya. Tenang, tak perlu menghafal semua jenis rambu, Anda hanya perlu memahaminya karena bentuk soal rambu lalu lintas biasanya berbentuk pilihan ganda.

  • Teliti Kembali Jawaban

Jika Anda sudah selesai menjawab soal yang diberikan, jangan lupa untuk selalu mengeceknya kembali. Jangan sampai Anda terlewat satu-dua soal yang justru dapat Anda jawab dengan mudah. Sayang sekali bukan?

  • Bertanya pada Petugas

Bertemu polisi memang kadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang bukan? Jadi, jika Anda sudah sampai pada tahap tes praktik dan masuk pada sesi penjelasan, akan lebih baik jika Anda menanyakan segala sesuatu yang tak dimengerti.

Hal ini akan mengurangi tingkat grogi Anda dan juga meminimalisir kesalahan yang dapat Anda lakukan ketika tes praktik dimulai.

  • Adaptasi dengan Kendaraan

Tips ini penting dilakukan karena biasanya Anda tak akan menggunakan kendaraan Anda sendiri ketika melakukan uji praktik. Anda dapat meminta izin kepada petugas untuk mencoba kendaraan tersebut dan melakukan penyesuaian.

Jangan grogi dan atur posisi duduk Anda se-nyaman mungkin!

  • Atur Gas Tetap Stabil

Ketika Anda melewati rintangan, Anda harus pandai mengatur bukaan gas Anda pada posisi rendah dan seimbang. Biasanya hal ini akan membantu Anda melewati rintangan dengan baik dan lancar.

Tak perlu terburu-buru atau mengubah operan gigi, perhatikan arah panah dan tetaplah fokus melewati rintangan meski pelan.

Yang terpenting, jangan lupa untuk berdoa agar senantiasa diberi kelancaran dalam mengikuti ujian mengemudi. Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai pon-poin penting yang perlu dipelajari agar lolos tes mengemudi dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaa untuk Anda. Terimakasih. Selamat berjuang!

Artikel terkait:

Cara mudah hindari pajak progresif serta perhitugannya.

Tips dan langkah mudah over kredit dengan mudah dan aman dari proses, persyaratan sampai akadnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *