Inilah Tips Saat Macet Di Jalan Menanjak Yang Aman

inilah-tips-saat-macet-di-jalan-menanjak-yang-aman-mekanikmitaubishiInilah Tips Saat Macet Di Jalan Menanjak Yang Aman Yang Wajib Dipahami.

Mekanikmitsubishi.com – Berkemudi memang menuntut anda untuk lebih cerdas dan dewasa, tidak ada alasan bagi anda untuk berkemudi semaunya sendiri karena hal tersebut tidak hanya akan membahayakan diri anda sendiri, namun juga bisa membuat pengemudi lain dalam bahaya.

Baca juga :

4 hal penting yang wajib dipersiapkan sebelum mudik menggunakan mobil.

Cara aman parkir kendaraan ditanjankan bagi pemula dengan mudah.

Lalu, bagaimana jika anda mengemudi pada jalan yang memiliki banyak tanjakan? Tentu saja pada jalanan seperti ini kemampuan mengemudi anda lebih dibutuhkan lagi, karena tidak mulusnya jalanan. Apalagi di jalanan menanjak tidak jarang terjadi kemacetan karena ada satu kendaraan yang tidak sanggup untuk melewati tanjakan tersebut. Untuk saat seperti inilah anda membutuhkan tips saat macet di jalan menanjak.

Pada keadaan seperti ini, tidak sedikit orang yang merasa panik sehingga bisa saja membuat keadaan jalanan semakin riweh. Apa yang sebaiknya anda lakukan jika terjebak macet pada jalanan yang menanjak? Tips pertama yang harus anda lakukan ketika terjebak pada keadaan seperti ini tentu saja untuk tidak merasa panik.

Selain itu, apa lagi tips saat macet di jalan menanjak yang sebaiknya anda lakukan? Simak beberapa diantaranya berikut ini :

  1. Berhenti Dengan Rem Kaki

Hal pertama yang paling sering dilakukan jika terjebak macet dalam jalanan apapun ialah berhenti dengan rem kaki. Anda tentu saja sudah mengetahui bagaimana melakukan tips saat macet di jalan menanjak pertama ini. Caranya dengan menginjak pedal kopling dan kemudian menginjak pedal rem kaki anda.

Jika kemacetan sudah mulai berkurang, anda hanya tinggal mengangkat kaki sedikit dari pedal kopling, jika sudah merasa mobil sedikit bergetar, baru anda tinggal melepaskan rem kaki secara perlahan.

  1. Berhenti Dengan Rem Tangan

Jika kemacetan terlihat terlalu panjang, maka anda lebih disarankan untuk menggunakan rem tangan. Selain itu, menggunakan rem tangan juga akan lebih aman jika tanjakan yang sedang akan anda lalui cukup tinggi.

Untuk melakukan tips saat macet di jalan menanjak ini, pertama anda harus menginjak rem juga pedal kopling untuk secara otomatis menghentikan laju mobil anda. Kemudian, anda tinggal menarik tuas dari rem tangan, dan kemudian memindahkannya keporsneling gigi netral.

Jika sudah bisa mulai berjalan lagi, pindahkan terlebih dahulu persneling ke gigi satu dan kemudian injak pedal gas, lepas kembali kopling anda hingga ada sedikit getaran pada mobil, dan barulah anda lepaskan rem tangan dengan pelan-pelan. Terakhir, anda hanya perlu menginjak gas.

  1. Berhenti Dengan Setengah Kopling

Sedangkan tips saat macet di jalan menanjak yang juga bisa anda lakukan ialah dengan menggunakan setengah kopling alias kombinasi. Hal ini hanya dianjurkan untuk anda lakukan jika anda hanya akan berhenti pada waktu yang sebentar saja.

Untuk melakukannya, tentu saja anda harus menginjak kopling dan juga menahan gas hingga mobil anda menjadi berhenti. Ketika anda ingin melajukan mobil kembali, anda hanya tinggal melepas kopling dengan pelan-pelan dan mulai menginjak ga.

Namun, tips saat macet di jalan menanjak ini semakin jarang digunakan karena membuat kendaraan anda lebih boros bahan bakar, sehingga sebaiknya anda bisa memilih tips yang lebih hemat bahan bakar.

Selain dari ketiga tips saat macet di jalan menanjak tadi, tentu saja anda harus bisa membaca  situasi yang terjadi saat itu. Jika anda merasa kemacetan cukup parah dan anda berada pada posisi yang kurang aman, tidak ada salahnya untuk mencari batu atau bahan keras lainnya untuk bisa mengganjal roda kendaraan anda. Hal ini tentu saja semata-mata untuk keamanan anda sendiri.

Artikel terkait :

Tips paling baik dan aman menyalip/mendahului kendaraan saat mengendarai mobil.

Tips menghindari dan mengatasi lelah dan kantuk saat mudik dengan kendaraan roda empat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *