Inilah Cara Paling Mudah Deteksi Kerusakan Transmisi Mobil Matik

inilah-cara-paling-mudah-deteksi-kerusakan-transmisi-mobil-matik-mekanikmitsubishiInilah Cara Paling Mudah Deteksi Kerusakan Transmisi Mobil Matik Dengan Hasil Akurat

Mekanikmitsubishi.com – Mendeteksi kerusakan transmisi matik mobil sedini mungkin sangat perlu diketahui, sebab kendaraan yang dimiliki pastinya perlu diperhatikan secara khusus dari pemiliknya. Mobil matik memang lebih mudah mengoperasikannya, karena pengemudinya hanya perlu mengatur posisi transmisi satu kali saja.

Baca juga : Apakah mobil matic mogoh diperbolehkan untuk diderek? banyak salah kaprah mengenai hal ini.

Tidak terdapat fungsi kopling sehingga membuat pengendara lebih santai. Akan tetapi Anda perlu tahu bahwa sistem kinerja transmisi otomatis ternyata lebih kompleks dibandingkan dengan manual. Karena model transmisi tersebut lebih rentan terhadap kerusakan dibanding mobil manual. Selain itu biaya yang harus dikeluarkan juga lebih mahal.

Kerusakan pada mobil matik sebenarnya tidak setiap saat disebabkan karena usia kendaraan. Ada fakta yang membuktikan hanya 5 persen kerusakan dapat terjadi akibat umur mobil yang telah tua.

Penyebab lain yaitu, bahwa 10 persen disebabkan cara penggunaan yang sembarangan atau tidak berhati – hati. Selain itu kontributor terbesar dengan sumbangsih sebanyak 85 persen yakni kelalaian saat mengganti pelumas transmisi atau oli.

Jika Anda mengetahui, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengenali problem pada mobil bertransmisi otomatis. Berikut ini merupakan cara paling mudah deteksi kerusakan transmisi mobil matik yang bisa Anda ketahui :

  1. Adanya Getaran Ketika Mobil Berjalan

Jangan pernah lupa meski tidak mempunyai pedal kopling tidak berarti fungsi kopling dihilangkan begitu saja pada mobil matik. Walaupun jumlah kanvas kopling mobil bertransmisi matik banyak, pengoperasiannya dilakukan dengan otomatis supaya tidak membuat kaki pengemudi kerepotan. Jika mobil sudah berasa bergetar ketika pergantian gigi bisa disebabkan karena kondisi kanvas telah gosong atau tidak baik.

 

  1. Tarikan Pada Mobil Menghentak dan Terasa Berat

Mungkin Anda pernah merasakan mobil yang serasa menghentak ketika sedang berjalan. Hal semacam ini adalah kerusakan yang sudah umum terjadi. Jika jenis transmisi pada mobil yang Anda gunakan berjenis elektrik, cobalah sambungkan engine scanner dengan soket OBD. Kerusakan biasanya langsung terlihat pada monitor scanner, umumnya yaitu solenoid pressure ataupun TCM speed sensor.

Bila masih matik manual atau konvensional penyebab paling sering yaitu akibat oli bocor, oli sudah aus ataupun kotor. Sehingga membuat tekanan oli tidak bisa mengangkat perpindahan gigi pada rpm yang sesuai, lalu gear akan berpindah pada putaran mesin tinggi, hal inilah yang menyebabkan mobil terasa menyentak. Cara paling mudah deteksi kerusakan transmisi mobil matik ini perlu sekali diperhatikan.

  1. Transmisi Stuck Di Gigi Teratas

Ada kejadian transmisi tidak dapat bergerak dari posisi gigi tertinggi, serta tidak dapat naik maupun turun stuck di angka paling atas. Hal ini dikenal sebagai safe mode atau limp mode, penyebabnya karena fitur TCM pada sistem transmisi mendeteksi kesalahan yang terdapat pada sensor yang bisa merusak sistem secara keseluruhan.

Maka dari itu, TCM akan bereaksi dengan mengirim perintah supaya transmisi stay di posisi netral. Jika terjadi hal seperti ini, Anda biasanya akan menemui signal engine check yang terdapat pada instrument panel. Cara terbaik yaitu dengan memeriksa mobil pada bengkel resmi.

  1. Mobil Tidak Dapat Mundur

Cara paling mudah deteksi kerusakan transmisi mobil matik selanjutnya adalah mobil tidak bisa mundur. Apa yang terjadi jika mobil tidak dapat bergerak ke arah belakang atau tidak bisa mundur. Tentunya hal ini akan sangat menyulitkan ketika akan parkir. Kejadian mobil tidak bisa bergerak mundur merupakan gejala yang sering terjadi serta menjadi indikasi jika komponen mekanikal dan eletrik pada sistem transmisi.

Demikianlah cara paling mudah deteksi kerusakan transmisi mobil matik. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Cara mudah mendeteksi dan menangani mobil mogok dengan benar.

Cara simpel mengecek kebocoran halus pada radiator mobil dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *