Inilah Cara Mengetahui Penyebab Ban Benjol Dan Cara Mengatasinya

inilah-cara-mengetahui-penyebab-ban-benjol-dan-cara-mengatasinya-mekanikmitsubishiInilah Cara Mengetahui Penyebab Ban Benjol Dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat.

Mekanikmitsubishi.com – Selain faktor kondisi jalan yang rusak, kenyamanan berkendara juga bisa sedikit terganggu ketika ada permasalahan yang timbul dari mobil itu sendiri. Salah satunya adalah masalah yang timbul dari kaki-kaki mobil, seperti shocbreaker atau karena ban mobil benjol. Kondisi yang seperti itu, tentu sangat mengganggu dan juga membahayakan untuk keselamatan anda sendiri.

Baca juga : Batas waktu penggunaan ban mobil paling tepat.

Penyebab ban mobil benjol biasanya adalah pengisian angin pada ban dengan tekanan yang berlebihan. Namun, bukan hanya itu saja yang bisa menjadi penyebab ban mobil bisa benjol. Oleh karena itu, anda harus rajin mengecek kelayakan ban mobil ketika akan melakukan perjalanan, terlebih jika untuk perjalanan jauh. Dan berikut ini ada beberapa penyebab ban mobil benjol lainnya dan cara untuk mengeceknya

Selain karena pengisian angin yang tidak tepat, ban benjol juga bisa disebabkan oleh batu tajam yang mengenai permukaan ban mobil anda. Jika ban terkena batu tajam, sebaiknya bawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan spooring atau penyetelan ban.

Ban benjol yang terkadang dialami oleh mobil anda juga bisa disebabkan oleh sekrup atau paku yang mengenai ban mobil anda. Namun, skrup atau paku tersebut tidak sampai menembus ban, tetapi mencuat dan melebihi permukaan telapak ban itu sendiri. Saat ban mobil melaju, akan mengakibatkan ban benjol dan menimbulkan suara atau getaran yang mengganggu.

Cara mengecek ban mobil benjol

Setelah mengetahui beberapa penyebab ban mobil benjol, anda juga harus bisa melakukan pengecekan supaya anda bisa tahu dari mana penyebabnya. Untuk mengeceknya, cara yang bisa anda lakukan yaitu :

  1. Jalankan mobil pada jalan aspal yang lurus. Jika muncul getaran yang berulang-ulang saat mobil melaju dengan cepat, itu bisa menjadi tanda ban mobil anda benjol.
  2. Dongkrak mobil sampai bagian ban terangkat sekitar 0,5 cm. Setelah ban terangkat, ganjal ban mobil pada persilangan ban yang akan anda periksa. Kemudian, lepas bagian rem tangan supaya ban dapat berputar (roda bagian belakang). Putar roda, dan cek untuk memastikan apakah ban yang terangkat sekitar 0,5 cm ini ada yang tersangkut di tanah atau tidak. Jika ada yang tersangkut, itu menandakan ban mobil anda benjol.

Baca juga : Tips merawat agar ban mobil awet dan berumur panjang.

 

Cara Mengatasi Ban Benjol

Untuk mengatasinya, anda bisa mengganti ban benjol dengan ban yang rata atau tidak ada benjolan. Cek tekanan angin pada ban, dan sebaiknya beli sendiri alat pengukur tekanan angin pada ban untuk menghindari pengisian angin ban yang tidak standar. Karena, terkadang saat mengisi angin di luar bisa saja ban mobil anda diisi lebih besar dari tekanan normal biasanya.

Dan tentu saja itu akan berpengaruh pada kenyamanan dan kestabilan mobil anda sendiri. Jika ukuran tekanan angin ban mobil anda biasanya diisi 30 sampai 32, maka harus diisi tekanan angin sampai batas itu. Akan tetapi, jika ban diisi dengan tekanan angin melebihi batas itu, atau sampai angka 45 psi itu akan membuat ban mobil anda mengalami yang namanya deformasi bentuk.

Sedangkan batas maksimum tekanan angin pada ban mobil adalah sampai angka 55 psi. Untuk itu, lakukan pengisian angin pada ban mobil anda sesuai petunjuk dan sesuai standar yang bisa anda lihat dari buku panduan atau buku manual. Hal itu, bertujuan untuk menghindari ban benjol.

Demikian tadi adalah beberapa penyebab ban benjol dan cara mengeceknya. Semoga membantu dan bermanfaat untuk anda yang membacanya.

Artikel terkait :

Dampak kurangnya tekanan angin pada ban terhadap konsunsi BBM yang jarang diketahui.

Tips hindari dampak buruk jika tangki BBM jarang diisi penuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *