Inilah 5 Tips Memilih Knalpot Variasi Mobil Yang Tepat

Inilah 5 Tips Memilih Knalpot Variasi Mobil Yang Tepat - MekanikmitsubishiInilah 5 Tips Memilih Knalpot Variasi Mobil Yang Tepat

Mekanikmitsubishi.com – Saat ini banyak orang yang memodivikasi mobil mereka menjadi lebih menarik dan penuh performa, salah satunya dengan mengganti knalpot mobil dengan berbagai variasi. Tujuan mengganti knalpot mobil setiap orang tentu berbeda-beda.

Ada yang bertujuan karena knalpotnya dirasa sudah tidak baik, ada pula yang mengganti knalpot mobil hanya untuk mengubah performa mobil menjadi menarik. Banyaknya knalpot mobil yang beredar di pasaran kadang membingungkan pengguna ingin menggunakan yang mana, sebaiknya anda perlu memperhatikan tips memilih knalpot variasi mobil yang tepat agar anda tidak kecewa.

Baca juga : Beberapa penyebab dan solusi menghilangkat karat pada knalpot kendaraan.

Agar anda tidak salah saat ingin mengganti knalpot mobil anda, sebaiknya anda perlu melakukakan hal-hal berikut supaya knalpot yang anda pilih tepat dan pas di hati. Inilah 5 tips memilih knalpot variasi mobil yang tepat.

Baca juga : Bahayakah jika air menetes pada ujung knalpot, terutama pada pagi hari?

  • Perhatikan saluran gas buang knalpot mobil

Jika anda ingin mengganti knalpot mobil standar dari pabrik, sebaiknya anda perlu memilih knalpot variasi mobil yang tepat dengan memperhatikan saluran gas buang pada knalpot mobil yang akan anda pilih. Yaitu anda harus memperhatikan struktur header gas buang, resonator dan muffler.

  • Memilih header knalpot racing

Biasanya para pemilik mobil ingin mengganti knalpot bawaan pabrik hanya untuk performa dan mengubah mobil menjadi lebih menarik. Saat anda memilih knalpot variasi mobil yang tepat sebaiknya anda mengganti header. Anda harus memperhatikan konsekuensi dari model header yang akan anda pilih. Biasanya model header yang banyak diminati yaitu model header yang mempengaruhi performa seperti pada tarikan atas atau tarikan bawah, atau mungkin keduanya.

  • Mengganti pipa knalpot

Tidak hanya memilih header knalpot saja yang dapat mempengaruhi performa knalpot mobil anda. Salah satu cara memilih knalpot variasi mobil yang tepat dengan mengganti pipa knalpot mobil. Saat anda ingin mengganti pipa knalpot mobil, sebaiknya anda memilih pipa knalpot yang berkualitas baik. Hal ini penting agar gas buang yang keluar dari knalpot mobil tidak ada hambatan.

  • Variasi model muffler/knalpot

Kebanyakan banyak pengguna mobil saat mengganti knalpot hanya untuk mendapatkan suara yang lebih garang dan gagah saja. Untuk itu, sebaiknya anda harus mengganti muffler atau mulut knalpot. Perlu diperhatikan, saat anda memilih muffler ini sesuaikan dengan jenis dan model mobil anda sehingga akan tampak serasi dan memiliki performa. Semakin besar mulut knalpot, semakin rendah karakter suara yang dihasilkan.

  • Ukuran ideal knalpot

Ada banyak jenis ukuran knalpot variasi yang dijual di pasaran. Sebelum anda mengganti knalpot anda, sebaiknya anda menentukan ukurannya terlebih dahulu. Memang untuk ukuran bisa sesuai dengan selera anda. Sedangkan pilihan ukuran knalpot umum tersedia di pasaran adalah 3 inci, 3,5 inci, serta 4 inci.  Namun alangkah baiknya jika anda mengkonsultasikan ukuran manakah yang ingin anda gunakan kepada ahli knalpot, agar anda mendapatkan knalpot variasi yang tepat.

 

Pada intinya kita tetap harus selalu jeli dalam pemasangan variasi kendaraan, terlebih jika hal tersebut sangat mempengaruhi performa mesin, kenyamanan serta keamanan pengemudi. Perlu diingat tidak sembarang aksesoris dan variasi dapat kita aplikasikan pada kendaraan, ada poin-poin yang perlu jadi pertimbangan terlebih dahulu untuk menselaraskan manfaat dan dampak yang ditimbulkan. Banyak dari masyarakat kita asal-asalan dalam pemasangan variasi dan malah menimbulkan bahaya dan efek buruk bagi kendaraan itu sendiri.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberpa tips dan poin-poin penting memilih dan mengaplikasikan knalpot mobil variasi yang tepat serta tidak menumbulkan dampak negative bagi kendaraan dan penggunanya. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan tentunya sanggup memberikan arahan terbaik kala memilih knalpot variasi mobil. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab knalpot mobil bunyi menembak-nembak.

Tips mudah merawat knalpot kendaraan agar awet dan terhindar dari korosi.

Penyebab dan bahaya knalpot bocor serta tips menanganinya yang perlu di ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *