Ini Tanda-Tanda Power Window Akan Rusak, Anda Harus Tahu

ini-tanda-tanda-power-window-akan-rusak-mekanikmitsubishiAnda Harus Tahu Tanda-Tanda Power Window Akan Rusak.

Mekanikmitsubishi.comPower window adalah salah satu fitur modern yang banyak digunakan dalam mobil-mobil zaman sekarang. Salah satu kelebihan dari fitur ini adalah memudahkan anda dalam membuka dan menutup kaca jendela mobil anda.

Dengan adanya fitur power window ini anda yang duduk di kursi pengemudi atau di kursi pemumpang bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan kaca jendela anda hanya dengan menekan tombol yang berada di bawah kaca jendela. Tombol ini akan mengaktifkan motor listrik yang memutar regulator untuk menaikkan atau bahkan menurunkan kaca jendela kendaraan anda.

Baca juga : Kerusakan Sunroof yang sering terjadi jika jarang digunakan.

Pada umumnya, tombol power window yang berada pada kursi pengemudi sudah dilengkapi dengan fitur tambahan yaitu auto-up dan auto-down. Kecanggihan dari fitur ini adalah memudahkan anda dalam membuka dan menutup kaca jendela mobil anda dalam sekali tekan.

Lalu bagaimana mengetahui bila power window rusak? Ini tanda-tanda power window akan rusak yang anda harus tahu.

Baca juga : Mengapa mobil sangat pelu Sporing Balancing? dan berapa biaya yang dibuthkan?

  • Ketika tombol power window ditekan maka kaca jendela kadang tidak lekas merespon. Atau tombol harus ditekan lama agar kaca jendela bisa naik atau turun. Bila hal ini terjadi, ini tanda-tanda power window akan rusak. Kemungkinan sakelar power window rusak. Apabila tombol power window yang rusak di bagian kursi penumpang maka operasikan melalui power window sentral yang berada di kursi pengemudi.
  • Bila terdengar bunyi kasar atau keras dari dalam pintu ini tanda-tanda power window akan rusak. Hal ini terjadi karena regulator power window yang mengalami kerusakan. Ketika anda mengalami hal ini maka sebaiknya jangan mengoperasikan power window, karena hal ini akan semakin membuat regulator power window semakin parah.

Sebaiknya segeralah pergi ke bengkel kepercayaan anda. Apakah ada yang rusak, konslet, atau kendor.

  • Proses naik dan turunnya kaca tidak stabil atau seret. Apabila hal ini terjadi pada kaca jendela mobil anda ini tanda-tanda power window akan rusak. Bisa jadi terjadi kesalahan pada sistem jalur anda mengalami masalah seperti posisi yang tidak pas, kering, dan bisa juga keluar jalur.

Solusinya adalah dengan mengunjungi bengkel resmi anda untuk melakukan berbagai pengecekan dan berbagai penyetelan ulang untuk power window anda. Agar posisi power window anda kembali dalam posisi normal, jangan lupa untuk mengoleskan pelumas bagi jalur kaca jendela agar proses menaikkan dan menurunkan kaca jendela mobil anda menjadi kembali normal dan nyaman.

Dalam beberapa tipe mobil, biasanya dipasang juga jam protection dalam power window. Jam proteck memiliki fungsi mencegah anggota badan terjepit ketika akan menaikkan atau menurunkan kaca mobil anda.

Power window yang dilengkapi dengan jam protect akan sangat aman bagi anda yang berkendara dengan mengajak anak anda yang masih anak-anak. Karena biasa, anak-anak senang mempermainkan hal baru.

Dan ketika anak anda bermain-main dengan power window yang dilengkapi dengan jam protect, anak anda akan terhindar dari efek terjepit kaca jendela mobil anda.

Namun lebih baik ketika anda sedang duduk di kursi pengemudi dan hanya berdua dengan anak anda yang masih kecil sebaiknya anda tetap waspada dengan mengunci power window dan tidak membuka jendela anda selama perjalanan.

Karena selain dengan membuka jendela akan membuat mobil anda kemasukan berbagai debu yang ada di jalan, tentunya hal ini pula yang akan membuat bahaya. Karena anda sedang berkonsentrasi menyetir dan anak anda bermain sendiri.

Ini tanda-tanda power window akan rusak yang bisa dirangkum. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Tanda-tanda sockbreaker mengalami kerusakan dengan hasil yang akurat.

Geber-geber mesin saat dipanaskan apakah berbahaya untuk keawetan mesin.?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *