Ini Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru

mekanikmitsubishi.comDengan semakin membaiknya kondisi perkenomian yang menyebabkan pembangunan juga semakin merata, baik di daerah maupun di Ibu Kota, seolah menuntut sebagian besar individu untuk juga memiliki sarana penunjang (mobil) mobilitas yang tinggi. Saat ini, memiliki kendaraan pribadi seakan menjadi sebuah kebutuhan primer, bukan lagi sebuah kebutuhan sekunder. Dengan memiliki sebuah mobil pribadi, aktivitas bisa menjadi lebih mudah tanpa harus mengandalkan angkutan umum.

Di zaman modern seperti sekarang ini, bukanlah hal yang sulit lagi bagi seseorang untuk memiliki mobil pribadi. Jika dana mencukupi, tentu saja mobil pilihan pun bisa dibawa pulang. Namun, jika dana yang tersedia tidak atau kurang mencukupi untuk melunasi semua harga mobil yang diidamkan, masih ada lembaga pembiayaan kredit (leasing) yang bisa dijadikan solusi. Tentunya dengan memenuhi segala yang telah dipersyaratkan oleh lembaga penyedia kredit tersebut.

Penjelasan berikut ini merupakan informasi bagaimana cara pengajuan kredit ke lembaga penyedia kredit ketika hendak membeli mobil:

Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan pertama kali adalah jumlah dana yang telah tersedia. Pernyataan ini berkaitan erat dengan keputusan yang akan dipilih nantinya, apakah membeli mobil bekas atau mobil baru. Karena harga mobil baru tentu saja jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga mobil bekas. Selain itu, membeli mobil bekas juga bisa dilakukan tanpa perlu melalui showroom, yaitu secara perseorangan. Namun, apapun keputusan yang akan dipilih, usahakan sebaiknya cicilan atau angsurannya tidak lebih dari 50% dari penghasilan. Karena selain sulit mendapatkan persetujuan dari pihak sarana penyedia kredit (leasing), juga akan membebani dan mempengaruhi kondisi keuangan.

Berikut ini beberapa persyaratan pengajuan kredit mobil, baik bekas atau baru:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan dengan kartu identitas.
  • Slip gaji
  • Membayar uang muka
  • Tenor atau jangka waktu pelunasan kredit
  • Usia pembeli maksimal 64 tahun saat berakhirnya masa kredit
  • Usia mobil yang dibeli tidak boleh lebih dari 15 tahun (berlaku untuk beberapa kondisi)

Waktu pemeriksaan kelayakan untuk pembelian segala tipe mobil adalah sama, baik mobil bekas maupun baru, yakni 2 hari kerja. Yang menjadi perbedaan ketika proses pembelian mobil bekas dan mobil baru adalah pada bunga cicilan. Untuk bunga cicilan mobil bekas lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil baru. Jika bunga cicilan kredit mobil baru sekitar 3% / tahun, maka bunga cicilan untuk kredit mobil bekas bisa mencapai 6% / tahun.

Ketika Bank Indonesia sudah menentukan tingkat suku bunga bank yang berpengaruh terhadap besar kecilnya cicilan kredit di segala faktor, maka lembaga penyedia kredit memiliki kebijakan atau peraturan untuk menahan atau mengikuti tingkat suku bunga kredit. Kebijakan tersebut tentu saja bergantung pada ketahanan finansial dari lembaga penyedia kredit itu sendiri.

Dengan mempertimbangkan adanya hal ini, maka memilih lembaga penyedia kredit yang kuat secara finansial merupakan hal yang paling krusial. Karena dengan ketahanan dan kekuatan finansial dari lembaga penyedia kredit tersebut, maka konsumen dapat terhindar dari setoran angsuran yang mahal. Selain itu, dealer mobil selaku penjual pun akan merasa aman dan tenang untuk melakukan transaksi dengan konsumen jika didukung oleh penyedia kredit yang bagus.

Selain tingkat suku bunga, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, angsuran dari kredit mobil itu sendiri juga akan ditambah dengan besarnya premi asuransi. Salah satu yang mempengaruhi besarnya premi asuransi adalah usia mobil itu sendiri. Semakin tua usia mobil, maka premi asuransinya juga akan semakin besar. Nah, salah satu faktor inilah yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli mobil bekas.

Jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, artikel kami yang sebelumnya “Faktor yang Membuat Kredit Mobil Jadi Lebih Menguntungkan” mungkin dapat membantu Anda untuk dijadikan pedoman dan informasi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan  Anda. Semoga bermanfaat.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *