Ini Penyebab Kenapa Mobil Bisa Overheat

mekanikmitsubishi.comMungkin sebagian dari Anda ada yang pernah mengalami kejadian seperti berikut ini; ketika sedang enak-enaknya mengendarai mobil lalu tiba-tiba mobil yang Anda kendarai mogok di tengah perjalanan. Pastinya hal ini akan membuat Anda bingung, panik dan tentu saja akan mengganggu perjalanan Anda, bukan?

Jika kondisi semacam ini terjadi kepada mobil Anda, Anda tidak perlu bingung atau panik, karena hal ini bisa terjadi karena mobil Anda terlalu panas yang berlebih atau yang sering juga disebut dengan overheat.

Meskipun kondisi seperti ini seringkali terjadi (overheat), tapi yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat keparahan overheat itu sendiri. Karena jika mobil yang mengalami overheat terlalu parah, maka bisa saja hal ini akan membuat mesin mobil Anda rusak.

Nah, bagi Anda yang masih belum mengerti kenapa ketika sedang di tengah perjalanan tiba-tiba mobil yang Anda kendarai mogok, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu komponen-komponen apa saja yang bisa menyebabkan mobil mengalami overheat.

Salah satu penyebab mobil mengalami overheat bisa jadi disebabkan karena adanya kebocoran pada radiatornya. Radiator ini berperan sangat penting karena fungsinya untuk membuat suhu mesin tetap dingin. Meskipun radiator “hanya” sebagai tempat air, tapi jika sampai air di radiator habis, maka efek yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi mesin mobil Anda.

Oleh karena itu, setiap kali Anda hendak melakukan perjalanan dengan mobil yang Anda sayangi, pastikan terlebih dahulu Anda sudah mengecek air radiatornya terlebih dahulu, jika airnya kurang, segera tambahkan dengan air bersih atau cairan radiator (radiator coolant).

Bagian lain dari radiator, yaitu kipas radiator, juga bisa menjadi penyebab mobil Anda mengalami overheat. Sebaiknya periksa juga bagian ini, apakah kipasnya masih berfungsi dengan normal atau mungkin ada masalah yang menyebabkan sistem pendingin tidak dapat bertahan. Periksalah terlebih dahulu bagian motor penggeraknya, apakah juga masih bisa berputar dengan optimal atau tidak.

Kedua komponen tersebut sangatlah penting untuk menjaga suhu mesin mobil sehingga tidak sampai menyebabkan mobil mengalami overheat yang akhirnya bisa menyebabkan mobil Anda mogok.

Itulah informasi sederhana mengenai komponen-komponen apa saja yang bisa menyebabkan mobil yang Anda kendarai mengalami overheat lalu tiba-tiba mogok di tengah perjalanan. Semoga dengan adanya artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *