Informasi Kemajuan Teknologi Mobil Massa Depan

teknologi massa depan mobilTeknologi Mobil Masa Depan – Menyadari ketertinggalanya terhadap kemajuan teknologi industri komputer, peruahaan mobil berjanji akan mengejar ketertinggalan mereka dengan menciptakan dashboard dan sistem keamanan yang canggih seperti iPad. Bahkan akan lebih canggih dari itu. Mereka tergugah setelah sadar bahwa teknologi komputer telah menciptakan smartphone yang super cepat dan iPods streaming rhapsody. Sedangkan dalam teknologi otomotif hanyalah perangkat GPS yang ada di dashboard.

Berikut adalah teknologi-teknologi canggih yang akan mereka usung ke mobil masa depan:

Beberapa Kemajuan Teknologi Masa Depan Mobil

Wifi
Untuk melengkapi fitur teknologinya, saat ini ada beberapa perusahaan yang sedang mengembangkan teknologi wifi di dalam mobilnya. Salah satunya adalah Ford. Ford adalah perusahaan mobil pertama yang memperkenalkan mobil keluaran terbarunya dengan sync system. Kemudian saat ini Toyota sedang berusaha untuk menyusul Ford. Toyota menjalin  bekerjasama dengan  intel untuk mengembangkan teknologi wifi. Teknologi ini disinyalir akan memungkinkan kita untuk menghubungkannya ke jaringan internet rumah. Bahkan teknologi ini juga diprediksikan mampu untuk mentransfer informasi dari komputer atau laptop kita di rumah secara langsung ke mobil.
Pengenalan suara 

 

Perusahaan mobil selalu berusaha melakukan inovasi. Mereka selalu mencari terobosan-terobosan baru guna mempermudah pengendara mobil tanpa mengabaikan keamanan si pengendara itu sendiri. Misalnya, jika menulis SMS saat mengemudikan mobil sangat berbahaya dan dapat meningkatkan angka kecelakaan. Maka perusahaan mobil dengan cepat merespon hal ini. Mereka saat ini mengembangkan teknologi pengenalan suara. Teknologi ini sebelumnya hanya sebagai fitur pelengkap namun saat ini tampaknya sudah menjadi suatu keharusan mengingat pentingnya fungsi sistem ini dan keefektifannya dalam pengoperasian. Bahkan bukan hanya dunia otomotif yang sedang mengembangkan sistem ini, namun dunia smartphone juga ikut mengembangkan.

Sayangnya, pengembangan sistem pengenalan suara mengalami banyak kendala. Sistem ini merupakan teknologi yang cukup rumit untuk dikembangkan. Biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi ini relative mahal bagi perusahaan mobil. Namun melihat manfaat yang diberikan, para perusahaan mobil tetap berusaha untuk terus mengembangkannya. Mereka tidak hanya pasrah menghadapi kendala yang ada. Salah satunya adalah Amerika Serikat. Departemen transportasi Amerika Serikat saat ini sedang menerapkan voice input control untuk smartphone, mp3 players, tablets dan perangkat lainnya yang dapat digunakan di dalam mobil.
Digital dashboard

 

Teknologi digital dashboard saat ini sedang dikembangkan oleh Toyota yang bekerja sama dengan Microsoft dan Intel. Teknologi ini bertujuan untuk mempermudah pengemudi ketika mereka sedang dalam perjalanan jarak jauh dan memerlukan penginapan atau hotel. Jika dulu pengemudi harus menggunakan ponsel untuk menelepon langsung pihak hotel atau harus browsing mencari penginapan atau hotel menggunakan ponsel, kini dengan digital dashboard mereka tidak perlu  lagi menggunakan ponsel mereka, karena mengemudi sembari membuka ponsel dinilai berbahaya.

Digital dashboard digadang- gadang pada tahun 2020 memiliki bentuk seperti iPad besar. Tambahan lainnya adalah bahwa sistem mobil dapat dihubungkan dengan layanan yang terdapat pada smartphone dan tablet. Sehingga pengemudi dapat menulis SMS, menerima telepon, mengupdate status di media social, dan menggunaka aplikasi lainnya sekalipun sedang mengemudi.

Seperti pembahasan diatas, bahwa teknologi digital dashboard menyajikan aplikasi vocal command. Apakah vocal command? Contohnya seperti ini, ketika Anda ingin check in hotel, Anda dapat mencari dan melihat tipe hotel, foto- foto kamar hotel, video hotel tersebut, dan tarif hotel hanya dengan menyebutkan nama hotel pada aplikasi tersebut. Nah inilah yang di sebut aplikasi vocal command atau yang disebut dengan HMI oleh Toyota yaitu Human- Machine Interface.

Semua penggunaan dashboard digital menggunakan control suara. Hal ini karena dashboard digital mengubah modem USB mobile broadband menjadi iwreless router atau wireless internet. Menggunakan sync sistem seperti yang terdapat pada mobil Ford. Sistem ini juga dapat dihubungkan dengan perangkat Bluetooth seperti yag terdapat pada mobil KIA.

Monitor kesehatan
Inovasi perusahaan mobil tidak berhelti disitu saja. Ford dewasa ini sedang mengembangkan mobil dengan tempat duduk yang dilengkapi dengan sensor yang menggunakan impulse listrik sehingga dapat berfungsi sebagai detektor detak jantung. Kedepannya Mitsubishi Electrik juga akan menerapkan teknologi tersebut. Sistem monitoring ini memang tepat untuk diterapkan di tempat duduk dan dapat disesuaikan pada semua orang, mengingat kondisi kesehatan juga sangat penting ketika dalam posisi berkendara.

Sistem tersebut bekerja melalui personal ID, pengukuran temperature wajah, pengukuran detak jantung menggunakan sensor Doppler. Dengan begitu, sistem dapat membaca kondisi kesehatan seseorang.

Baca juga artikel mengenai :

Teknologi mesin mobil toyota dengan dual VVT-i

Perbedaan teknologi DOHC – SOHC dan OHV yang sangat mempengaruhi performa mesin mobil.

Tanda kerusakan pada komponen ECU mobil yang penting diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *