Geber-Geber Mesin Saat Panaskan Kendaraan, Bolehkah?

geber-geber-mesin-saat-panaskan-kendaraan-bolehkah-mekanikmitsubishiSalah Kaprah Menanggapi Akibat Dari Geber-Geber Mesin Saat Panaskan Kendaraan

Mekanikmitsubishi.com – Hingga saat ini, masih banyak orang yang salah saat memperlakukan kendaraannya. Seringnya memanaskan kendaraan di pagi hari sebelum dipakai. Padahal hal tersebut tidak perlu dilakukan karena kendaraan saat ini sudah dilengkapi teknologi yang canggih. Sehingga ritual memanaskan kendaraan di pagi hari dan juga geber-geber mesin saat panaskan kendaraan, bolehkah? Sudah tidak perlu lagi.

Baca juga :  Seberapa buruk efek ngeber-ngeber mesin diesel?

Sebenarnya banyak bahaya yang mengancam karena memanaskan kendaraan dan geber-geber mesin saat panaskan kendaraan, bolehkah?. Apa sajakah itu? Simaklah uraian berikut ini :

  1. Menghidupkan mesin kendaraan di ruang yang tertutup akan mengakibatkan pembuangan sisa pembakaran berbahaya terhirup. Karena gas pembuangan sisa pembakaran mengandung CO gas beracun dan berbahaya untuk kesehatan tubuh.
  2. Membuang bahan bakar hilang percuma. Sama saja Anda membakar uang Anda sendiri.

Selain kebiasaan buruk di atas yaitu geber-geber mesin saat panaskan kendaraan, ada juga kebiasaan lain yang masih banyak dilakukan masyarakat. Dan hal ini tentunya akan membuat Anda rugi, karena ujung-ujungnya berimbas pada biaya perbaikan yang mahal.

  1. Mengangkat Wiper

Ada banyak orang yang masih mengangkat wiper ketika parkir. Hal ini agar karet wiper tidak rusak karena terkena debu, panas, dan sebagainya. Padahal hal tersebut tidak benar, dan menjadi kebiasaan yang salah pada diri masyarakat.

Untuk merawat wiper pada mesin kendaraan tidak perlu serepot itu. Karena angkat wiper akan membuat dampak buruk bagi si wiper itu sendiri. Nantinya per bias bisa menjadi lemah dan berakibat tekanan batang wiper melemah. Sehingga daya sapu wiper menjadi tidak maksimal.

Solusi yang paling aman untuk wiper Anda adalah biarkan saja wiper menempel di kaca mobil parker. Karena akan membersihkan kaca kendaraan dari kotoran. Apabila terdapat banyak debu sebaiknya bersihkan menggunakan air agar tidak merusak kaca.

  1. Memaskan mesin

Geber-geber mesin saat panaskan kendaraan tidak dibenarkan. Banyak orang melakukan hal tersebut untuk membuat oli melumasi setiap bagian mesin dengan baik. Padahal oli akan tetap melekat dengan baik meskipun didiamkan. Secara tidak sadar proses pemanasan kendaraan akan tetap dilakukan pemilik mobil ketika mereka membawa kendaraannya tersebut. Jadi, janganlah Anda melakukan hal ini karena akan boros bensin.

  1. Mesin Dihidupkan Ketika Isi BBM

Mungkin di luar sana masih banyak orang yang mengisi bensin di SPBU dengan mesin kendaraan dalam keadaan hidup. Padahal hal tersebut salah, karena bisa memicu terjadinya kebakaran. Saat mesin mobil menyala, semua listrik kendaraan akan menyala. Kebakaran bisa terjadi karena korsleting kabel mesin yang rusak dan menghasilkan api. Inilah yang berpotensi mengakibatkan kebakaran.

  1. Langsung Starter

Jangan sering menyalakan tombol ON pada kendaraan sesaat kunci dimasukkan. Berilah jeda agar mesin kendaraan siap, dengan begitu mesin akan berjalan dengan baik. Anda bisa lebih tahu mengenai hal ini dengan membaca buku panduan. Dengan begitu, bisa mencegah terjadinya mesin rusak pada saat pemakaian kendaraan.

  1. Mematikan AC Sebelum Mematikan Mesin

Menghidupkan mesin tetapi AC sudah menyala, alasannya untuk mengemat bahan bakar ataupun mengusir udara panas di kabin. Perilaku yang seperti ini justru akan merugikan Anda, karena bisa berdampak pada compressor AC dan juga aki. Jadi jangan lakukan hal tersebut supaya Anda tidak merugi.

Demikianlah yang bisa Anda ketahui mengenai geber-geber mesin saat panaskan kendaraan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikel terkait :

Apakah Mobil metic yang mogok boleh diderek?

Bahayakah,menggunakan cairan tambal ban ajaib untuk kenyamanan dan keselamatan pengemudi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *