Fungsi Spoiler Pada Mobil, Banyak Yang Belum Tahu Hal Ini

Fungsi Spoiler Pada Mobil, Banyak Yang Belum Tahu Hal IniFungsi Spoiler Pada Mobil, Banyak Yang Belum Tahu Hal Ini

Mekanikmitsubishi.com – Di kalangan umum, banyak yang tidak terlalu perduli dengan berbagai macam model aksesoris yang dipasang dalam mobil. Bahkan terkadang banyak yang mengira bahwa apapun yang menempel dalam mobil yang sudah bawaan pabrik dikira hanya sebagai alat mempercantik model mobil.

Hal ini akan sama bila anda ditanya apa fungsi spoiler pada mobil. Kebanyakan dari mereka bahkan tidak tahu spoiler itu sendiri bagian mana dalam mobil. Sebagian hanya mengacuhkan saja. Lalu sebenarnya apakah fungsi dari spoiler dalam mobil yang ada dalam mobil anda? Berikut penjelasannya.

Baca juga : Tips ampuh agar ban mobil lebih awet dan tahan lama.

Fungsi spoiler pada mobil adalah dirancang untuk menciptakan gaya ke bawah atau downforce, sehingga mampu mengatasi daya angkat atau lift yang terjadi ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Lebih dalam mengenai fungsi spoiler pada mobil adalah spoiler berguna dalam meningkatkan sistem pengendalian mobil. Sistem pengendalian atau lebih dikenal dengan istilah handling dapat meningkat, karena spoiler dapat meningkatkan sistem efek aerodinamis sebuah kendaraan.

Bahkan beberapa pabrik mengeluarkan dan merilis spoiler ini sehingga mampu mengembang ketika kecepatan sebuah mobil berada dalam kecepatan 100 km per jam. Bahkan tidak hanya pabrik yang mampu mengeluarkan spoiler, aftermarket juga banyak yang mengeluarkan spoiler mobil dalam berbagai macam .

Namun yang wajib anda ketahui bahwa, fungsi spoiler pada mobil tidak akan optimal jika spoiler tidak terpasang dengan baik sebagai downforce. Bahkan bila anda salah memilih spoiler yang anda beli secara sembarangan di aftermarket terlalu membebani mobil, maka justru akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang semakin banyak dan boros. Hal ini tidak akan berbeda jauh ketika anda memasang aksesoris mobil yang terlalu berat bagi kendaraan anda.

Dalam mobil balap, ada juga yang disebut dengan wing. Ini bahkan memiliki fungsi yang sama seperti spoiler dalam mobil pada umumnya. Wing yang terdapat dalam mobil balap memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan spoiler yang ada pada mobil.

Bahkan kini, banyak yang sudah menggunakan wing yang menggantikan fungsi spoiler pada mobil. Namun hal yang perlu diperhatikan bahwa pemasangan wing yang tidak tepat dan terlalu besar justru akan membuat mobil memiliki beban yang lebih besar. Sehingga memberatkan kinerja mobil.

Fungsi lain dari wing sama dengan fungsi spoiler pada mobil biasa. Cara kerjanya pun mirip. Yaitu dengan cara membelokkan aliran angin yang menerpa pada mobil dibelokkan melalui buritan, sehingga mobil dapat melaju dengan lurus dan lebih baik tanpa membuatnya melayang ketika kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi.

Wing yang dipasang dalam mobil ini seperti ekor sayap pada pesawat. Ekor pesawat akan memberikan kestabilan yang baik saat pesawat di udara maupun ketika akan mengudara. Karena hal ini yang membuat udara dan body pesawat bertabrakan secara cepat maka dibutuhkan kestabilan yang ekstra.

Begitu pula wing pada mobil mobil balap. Wing akan memberikan kestabilan ketika kendaraan dalam kecepatan tinggi dan membuat kendaraan tidak melayang. Sehingga wing yang terbuat dari karbon lah yang sering digunakan karena lebih ringan dan lebih mantap dalam menstabilkan kendaraan.

Memasang wing yang besar memang akan membuat mobil anda terlihat lebih gaya dan modis. Namun hal ini termasuk hal yang keliru, karena akan membuat kinerja mobil anda tidak optimal dan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar.

Sebenarnya pemasangan wing kurang cocok jika dipasang dalam jenis kendaraan mobil yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena wing selain diciptakan bagi mobil pembalap, wing juga mempunyai fungsi lain sebagai traksi ban.

Artikel terkait :

Mengapa perlu pooring dan balancing dan biaya perawatannya.

Tips mengecek kerusakan bearing roda dan perbaikannya.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *