Fungsi Garis-garis Di Kaca Belakang Mobil Dan Cara Kerja Defogger

Fungsi Garis-garis Di Kaca Belakang Mobil Dan Cara Kerja Defogger - MekanikmitsubishiManfaat Garis-garis di Kaca Belakang Mobil Dan Cara Kerja Defogger Mobil

Mekanikmitsubishi.com – Pasti Anda pernah melihat garis-garis kaca pada bagian belakang mobil yang memiliki tekstur atau design yang sedikit berbeda dari bagian yang depan. Kaca mobil bagian belakang terlihat memiliki satu tampilan yang berbeda yaitu adanya garis-garis cokelat.

Mungkin banyak juga yang mengira jika model dari kaca mobil dengan tampilan garis garis melintang ini hanya sebatas hiasan saja ataupun hanya sebagai tambahan dari design saja. Namun sebenarnya ada hal lain yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Baca juga : Mengenal istilah blindspot,dari penyebab dan tips pencegahannya serta beberapa aksesoris pencegah blindspot.

Garis-garis pada kaca mobil ini tidak hanya berguna sebagai pemberi tampilan yang berbeda saja, melainkan kaca mobil dengan tampilan garis-garis memiliki sejumlah fungsi yang sangat bermanfaat. Perlu kita ketahui bahwa kaca umobil dengan tampilan yang bergaris pada bagian mobil belakang disebut dengan defogger.

Manfaat dari Defogger Mobil

Defogger memiliki tampilan garis melintang dari ujung ke ujung. Biasanya garis ini juga akan ada pada kaca secara penuh dari atas ke bawah. Fungsi utama dari kaca bergaris/Defogger pada mobil ini adalah mobil akan mengurangi embun dan mempertajam pandangan dari pengemudi dan pengguna mobil pada bagian kaca belakang.

Embun bisa saja muncul pada kaca mobil bagian belakang dikarenakan adanya perbedaan suhu antara bagian kabin dan juga bagian luar dari kaca tersebut. Kondisi kaca yang mengembun paling sering terjadi pada saat hujan ataupun pada saat Anda berada di pegunungan dan wilayah yang dingin.

Tugas paling utama dari defogger inilah yang sangat membantu membuat pengemudi bisa menggunakan mobil dengan sangat aman dan nyaman serta bisa mengemudi dengan maksimal. Embun yang ada di kaca mobil bisa sangat menganggu pandangan, dengan adanya garis-garis dikaca mobi/Defogger bisa dengan mudahnya hilang tanpa harus dibersihkan dengan cara manual.

Untuk spion mobil memang tidak dibutuhkan sebagai kebutuhan utama untuk melihat visual dari mobil, namun juga sangat penting ketika Anda akan parkir ataupun ketika Anda memerlukan untuk melihat ke arah belakang. Banyaknya embun bisa saja akan sangat menganggu pandangan, karena adanya embun spion jadi kabur dan menghalangi padangan Anda. Ketahui juga : Beberapa manfaat mengenai pita dan bintik-bintik hitam ditepi kaca mobil.

Cara Kerja Defogger

Baca juga : Fungsi spoiler dan kelebihannya untuk kendaraan.

Cara kerja defogger mobil sebenarnya sangatlah mudah hanya saja fungsi yang didapatkan dari kaca jenis ini menjadi sangat berguna. Bahkan, untuk beberapa mobil defogger ini diharuskan untuk dipasang pada bagian mobil.

Cara kerja defogger ini hampir sama dengan kinerja dari kompor listrik ataupun kinerja sebuah indeksi dimana bisa menghasilkan energi panas yang kemudian didistribusikan untuk keseluruh permukaan kaca.

Kaca yang dipanaskan kemudian akan dihantarkan keseluruh bagian kaca mobil. Defogger bisa memanaskan kaca, dengan memanaskan kaca menggunakan media udara dan juga elemen panas yang sudah dihembuskan pada bagian kaca tersebut.

Dengan adanya kinerja ini nantinya embun pada kaca akan menghilang secara seketika dan Anda bisa mendapatkan visual dengan lebih jelas lagi saat berkendara.

Ketika memang dirasa bagian kaca banyak mengembun dan mengakibatkan pandangan visual menjadi tidak terlihat jelas, segera tekan tombol defogger yang ada pada dasbord. Dengan menekan tombol tersebut, Anda pun akan mendapatkan kaca mobil yang kinclong dari embun yang bisa mengganggu pandangan mata.

Pada saat defogger sudah tidak bisa digunakan dan mungkin tidak berfungsi dengan baik, pasti ada bagian salah yang mungkin terjadi pada sistem kerja defogger tersebut. Kaca mobil mungkin sudah mengalami kerusakan pada bagian defoggernya. .

Jika Anda menemukan garis-garis pada kaca sudah tidak mulus dan ada bagian yang terputus berarti kemungkinan besar inilah yang mungkin menimbulkan kaca defogger tidak berfungsi dengan baik lagi. Sebaiknya segera konsultasikan ke bengkel terdekat bila perlu ganti kaca mobil untuk hasil yang lebih maksimal lagi.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai fungsi dari garis-garis di Kaca belakang mobil atau bisa disebut dengan defogger mobil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan membei wawasan yang mengenai dunia otomotif. Terimakasih.

Artikel terkait :

Mengenal fungsi list karet pada atap mobil yang jarang diketahui.

Pengertian dan fungsi dari piggyback dan kelebihannya untuk kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *