Faktor-Faktor Penyebab Pengemudi Mengantuk.

faktor-penyebab-penemudi-mengantuk-saat-berkendara-mekanikmitsubishiFaktor-Faktor Penyebab Pengemudi Mengantuk Yang Wajib Diketahui.

Mekanikmitsubishi.com -Banyak hal yang terjadi saat anda melakukan perjalanan. Entah ketika anda sedang mengemudi dalam perjalanan dari tempat anda kerja atau bahkan ketika anda melakukan perjalanan jauh.

Hal-hal yang sering terjadi adalah kemacetan, ban bocor, serta terkadang masalah mesin yang rewel. Namun terlepas dari itu semua, hal yang harus anda waspadai dan anda persiapkan dengan baik adalah bagaimana kondisi badan anda ketika anda sedang atau akan mengemudi.

Baca juga : Tips menghindari mabuk sebelum dan saat berkendara paling ampuh.

Banyak orang yang menyepelekan kondisi badan dan lebih mementingkan kondisi mesin ketika hendak perjalanan jauh. Hal ini adalah keliru. Banyak faktor-faktor penyebab pengemudi mengantuk. Berikut penjelasannya :

Baca jua :

Tips pintar berkendara agar hemat BBM yang jarang diketahui.

Aplikasi yang membantu aktivitas mengemudi yang wajib Anda miliki.

  • Jalur panjang dan lurus

Berkendara dalam jalur panjang dan lurus akan membuat pengemudi merasa bosan. Faktor-faktor yang buat pengemudi mengantuk karena melewati jalur ini akan membuat anda merasa terbuai dan gampang membuat anda menjadi mengantuk. Hal ini sangat membahayakan bahkan bagi anda yang berkendara dengan menggunakan jalur tol. Karena kebanyakan dari jalur ini adalah jalur yang lurus dan bebas hambatan, maka jalur ini bisa membuat anda mengantuk dan kehilangan kendali.

Ketika anda memakai jalur ini, hendaklah tidak lengah dan tidak terbuai. Banyak cara agar tidak bosan ketika anda berjalan di medan ini. Seperti mendengarkan musik, bercerita dengan rekan dan banyak hal lain yang bisa anda lakukan agar bisa menghilangkan rasa kantuk yang mendera.

Selain karena jalurnya yang lurus dan panjang yang biasa membuat terbuai, jalur ini juga biasanya paling rentan dengan kecelakaan. Banyaknya para pengguna yang menyangka bisa dengan bebas dan semau sendiri menggunakan jalan membuat banyak orang yang harus rugi bila sampai terjadi kecelakaan.

Bahkan kini kecelakaan di jalur bebas hambatan ini semakin meningkat. Bukan karena kelalaian dari pengguna jalan yang kurang teliti memeriksa mesin, tapi juga terkadang mereka tidak memahami dari beberapa faktor-faktor yang buat pengemudi mengantuk.

  • Gangguan tidur

Bagi kebanyakan orang yang memiliki aktifitas padat. Memiliki gangguan tidur menjadi salah satu faktor-faktor yang buat pengemudi mengantuk. Bahkan tidak hanya dalam mengemudi. Banyak hal yang terganggu karena beberapa orang memiliki gangguan tidur ini.

Orang yang memiliki gangguan tidur kebanyakan memiliki sistem imun yang tidak begitu bagus. Hal ini menyebabkan banyak yang mudah terserang berbagai penyakit yang bisa menyebabkan mudah sakit. Memiliki gangguan dengan tidur juga bisa menyebabkan faktor-faktor yang buat pengemudi mengantuk. Karena biasanya banyak yang mudah lelah dan jenuh ketika sedang berkendara. Terlebih ketika berkendara jauh.

  • Obat-obatan

Jangan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung obat tidur ketika sedang atau akan berkendara. Terlebih ketika anda sendiri yang akan duduk di belakang kemudi. Mengonsumsi obat-obat yang mengandung obat tidur secara otomatis ini akan menjadi salah satu faktor-faktor yang buat pengemudi mengantuk. Karena biasanya obat yang memiliki efek menimbulkan kantuk ini cepat efeknya dan menyebabkan kurangnya konsentrasi seseorang.

Ini bisa menjadi sangat berbahaya karena kantuk yang ditimbulkan obat-obatan ini biasanya sangat dahsyat dan mengaharuskan si peminum obat memejamkan mata.

Namun ketika anda terpaksa meminum obat ini, yang anda harus lakukan adalah dengan tidak menyetir sendiri kendaraan anda. Namun juga anda tidak sebaiknya menaiki angkutan umum. Karena mengantuk dan tertidur di angkutan umum lebih berbahaya.

Yang harus anda lakukan adalah dengan menghubungi orang yang anda percayai untuk menggantikan anda dalam menyetir dan anda bisa dengan nyaman beristirahat di kursi penumpang.

Semoga artikel mengenai beberapa faktor penyebab pengemudi mengantuk ini bisa membuat anda lebih waspada. Karena dengan memperhatikan faktor-faktor yang buat pengemudi mengantuk ini biasanya semoga bisa mengurangi berbagai masalah yang terjadi karena kelalaian berbagai pihak.

Artikel terkait :

4 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum mudik ke kampung halaman.

Kejahatan mengintai “Bahaya menyalakan wiper saat kaca mobil terkena lemparan telur.”

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *