Efek Buruk Mengemudikan Ban Mobil Dalam Keadaan Ban Kempes

Efek Buruk Mengemudikan Ban Mobil Dalam Keadaan Ban Kempes - MekanikmitsubishiBeberapa Efek Buruk Mengemudikan Ban Mobil Dalam Keadaan Ban Kempes

Mekanikmitsubishi.com – Mobil merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, baik mobil pribadi, angkutan umum, bus, bahkan truk sekalipun. Ban mobil kempes saat berkendara sering sekali dijumpai di jalanan. Banyak efek buruk mengemudikan ban mobil dalam keadaan ban kempes.

Para pengguna mobil biasanya nekat mengendarai mobil meskipun ban mobil dalam keadaan kempes. Terjadinya insiden ban mobil kempes tentu tak luput dari kurangnya perhatian pemilik mobil sebelum menggunakan mobilnya.

Baca juga : Kapan si, dan tanda batas penggunaan ban kendaraan paling tepat.

Adapun efek buruk mengemudikan ban mobil dalam keadaan ban kempes sangat mengganggu perjalanan anda. Seperti rasa kurang nyaman dan banyak lainnya. Yang pertama dirasakan pengemudi yaitu laju kendaraan menjadi berkurang, apalagi kalau pada saat itu anda dalam keadaan gugup tentulah sangat mengganggu. Selain itu pengendalian kendaraan menjadi kurang stabil dan juga mengalami kurang respon sehingga sulit untuk dikendalikan.

Pada saat ban mobil kempes, tekanan pada ban yang kurang akan menyebabkan tapak ban mengalami perubahan pada dinding ban serta akan membuat ban menjadi lebih menjejak pada permukaan jalan. Dampak buruk mengemudikan ban mobil dalam keadaan ban kempes mengakibatkan rolling resistance atau hambatan yang diterima ban saat berputar akan semakin tinggi dan banyak energi yang terbuang. Hal ini akan membuat mesin bekerja lebih berat saat anda menjalankan mobil anda. Tentu saja penggunaan BBM akan semakin banyak dan dirasa semakin boros.

Selain itu mengemudikan ban mobil dalam keadaan ban kempes dapat mengakibatkan kerusakan di jalanan. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Ini bisa terjadi karena ban yang kekurangan angin akan menimbulkan banyaknya energi yang terbuang sia-sia serta meningkatkan panas pada ban mobil. Saat ban mobil panas maka kemungkinan yang terjadi yaitu benang-benang pada ban mobil akan meleleh. Hal itu tentu saja sangat bahaya dan dapat mengakibatkan resiko kecelakaan dikarenakan ban mobil meledak.

Dari berbagai bahaya yang kemungkinan terjadi apabila mobil yang anda gunakan mengalami ban kempes di atas, hal yang perlu anda lakukan saat anda mengetahui bahwa mobil ban anda kempes yaitu dengan segeralah menepi untuk mengganti ban mobil anda dengan ban serep.

Apabila anda tidak membawa ban serep atau bahkan anda tidak dapat mengganti ban mobil anda sendiri, sebaiknya anda segeralah menghubungi jasa layanan bengkel yang sudah terpercaya.

Jika di daerah tersebut tidak ada bengkel yang bisa mengganti ban mobil anda, sebaiknya isilah ban mobil anda dengan angin untuk sementara waktu, kemudian bawalah mobil anda ke bengkel yang bisa mengganti ban mobil anda yang kempes.

Igat, jangan bahayakan keselamatan nyawa anda dengan tetap mengendarai mobil yang sudah jelas bannya kempes. Semoga tips ini bermanfaat untuk semua. Selamat mencoba.

Artikel terkait yang bisa Anda baca :

Penyebab dan cara mencegah ban kendaraan aus sebeleh.

Penyebab dan cara mengatasi getaran stir yang tidak wajar dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *