Efek Buruk Bikin Irit BBM Lewat ECU Mobil Dan Cara Setting ECU

Dampak Buruk Menghemat BBM Dengan Setting ECU - MekanikmitsubishiEfek Buruk Bikin Irit BBM Lewat ECU Mobil Dan Cara Setting ECU

Mekanikmitsubishi.com – Berbagai cara digunakan oleh orang-orang yang menginginkan memiliki kendaraan irit BBM. Mengingat saat ini harga BBM naik cukup tinggi, maka dengan kendaraan yang lebih irit diharapkan bisa menekan operasional dan biaya pembelian bahan bakar tersebut.

Sebenarnya banyak cara untuk kita menghemat bahan bakar kendaraan, seperti yang banyak kita jumpai saat ini ada yang menghemat bahan bakar kendaraan dengan cara tertentu saat kita mengendarai, atau membeli alat bantu penghemat bahan bakar dan masih banyak lagi sampai-sampai adanya upaya mengiritkan bahan bakar yang memerlukan biaya yang cukup besar.

Baca juga : Tanda-tanda dan gejala dini ECU kendaraan mengalami kerusakan beserta dampaknya.

Dan salah satu usaha mengiritkan pengunaan bahan bakar kendaraan dengan biaya yang cukup besar adalah dengan cara merubah pengaturan ECU Mobil.

Berikut ini informasi lengkap mengenai ECU mobil dan efek buruk bikin irit bbm lewat ecu dan cara setting ECU yang benar :

Pengertian ECU Mobil

Sebenarnya apa sih ECU Mobil itu? Kok bisa bisa disetting agar irit BBM. ECU Mobil merupakan singkatan dari engine control unit, komponen ECU merupakan sebuah perangkat komputer yang terdapat pada kendaraan. Perangkat komputer ini merupakan otak dari sebuah mobil yang mengatur berbagai kinerja mesin secara elektronik.

Kinerja mesin yang diatur meliputi penyalaan busi, pembukaan katup, penyemprotan bahan bakar serta perangkat teknologi yang berhubungan secara elekronik, meliputi pembatasan kecepatan kendaraan, semuanya diatur di dalam ECU mobil ini.

Beberapa bengkel besar telah memiliki peralatan untuk mengubah pengaturan ECU ini. Tidak sedikit masyarakat merubah settingan standar ECU, sehingga mobil yang tadinya boros menjadi lebih irit bahan bakar. Namun ternyata proses pengaturan ulang ECU ini memiliki efek yang buruk bagi mobil.

Efek Buruk Bikin Irit BBM Lewat Ecu Mobil

Sebenarnya ECU Mobil yang dipasarkan di setiap negara itu berbeda-beda walaupun misalkan sama-sama buatan Jepang. Contohnya, ECU Mobil buatan Jepang yang dijual di Indonesia dibuat khusus sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia.

Penyettingan ulang ECU mobil agar hemat bahan bakar biasanya meliputi waktu pengapian, durasi penyemprotan serta jumlah bahan bakar yang disemprotkan injektor. Perlu kita ketahui bahwa merubah settingan standar ECU atau remapping sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena membuat mesin menjadi lebih mudah rusak.

Remapping ECU berarti memaksa ECU agar meyemprotkan bahan bakar dengan intensitas lebih sedikit dari semestinya, serta kinerja pengapian menjadi lebih sedikit sehingga bensin menjadi lebih irit.

Ketika kita melakukan remapping ECU otomatis pengeluaran bensin lebih sedikit. Hal ini menyebabkan komponen seperti piston rentan mengalami kerusakan, bahkan ada kasus kerusakan komponen ini hanya dalam waktu 2-3 bulan akibat remapping. Karena jumlah pembakaran bahan bakar di ruang bakar tidak sesuai dengan besarnya tenaga yang di butuhkan untuk bekerja.

Cara Setting Ecu Mobil

Setting ECU Mobil atau remapping dilakukan dengan cara mendownload data mobil yang ada di ECU lalu datanya diubah sesuai dengan permintaan pemilik kendaraan. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa sebuah kendaraan, membuka kunci speed limiter dan bisa untuk mengatur jumlah penyemprotan bahan bakar kendaraan.

Didalam proses setting ECU Mobil tidak semua bengkel mengusainya. Karena dibutuhkan skill yang mumpuni untuk melakukannya. Apabila terjadi kegagalan dalam proses download atau upload, maka system pengapian, kelistrikan dan lainnya dari kendaraan tersebut akan jadi berantakan. Sehingga tidak dipungkiri jasa setting Ecu ini lumayan mahal.

Kebanyakan bengkel yang melayani jasa remap ECU Mobil ini menggunakan Viezu. Sehingga data yang didownload akan dikirimkan ke server Viezu untuk melakukan proses remap sesuai permintaan.

Waktu yang dibutuhkan untuk remapping / setting ECU agar kendaraan hemat BBM sampai upload kembali data ke mobil membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Namun biaya yang dikelurkan cukup mahal mencapai 1,1 juta per silinder.

Walaupun mahal namun langkah remapping ECU yang benar dan tepat cukup menguntungkan karena bisa digunakan dengan jangka waktu yang lama. Tetapi harus dengan prosedur yang tepat agar performa mobil tetap terjaga. Saat ini remapping ECU dengan Vizeu hanya bisa dilakukan pada mobil produksi Eropa, contohnya mobil BMW 328i keluaran diatas tahun 2004.

Jika Anda ingin hemat bahan bakar kendaraan dengan cara setting ulang/remapping pada ECU disarankan dilakukan pada mesin yang sudah dimodifikasi, karena spesifikasi yang berubah otomatis pengaturan standar pada ECU juga berubah, sehingga harus diatur ulang sesuai dengan kebutuhan.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai ECU mobil, cara seting ulang ECU dan dampak buruk menghemat bbm dengan cara setting ulang / remapping ECU. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca agar mengetahui kelebihan dan kekurangan setting ulang ECU untuk menghemat bahan bakar kendaraan. Terimakasih.

artikel terkait :

Beberapa penyebab sekring mudah putus dan solusi terbaiknya.

Tindakan dan penyebab lampu indikator water sendimeter berkedip pada mobil diesel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *