Dampak Buruk Jika Mobil Dipacu Kecepatan Tinggi Dalam Watku Lama

Dampak Buruk Jika Mobil Dipacu Pada Kecepatan Tinggi Dalam Watku Lama - MekanikmitsubishiEfek Samping Mobil Dipacu Pada Kecepatan Tinggi Dalam Watku Lama

Mekanikmitsubishi.com – Sekencang dan secangih apapun sebuah kendaraan baik mobil/motor pasti memiliki batas kecepatan maksimum yang harus kita ketahui. Saat Anda melakukan perjalanan jauh seperti mudik sebaran saat ini, pasti memacu kendaraan sekencang mungkin apalagi jika Anda sedang lewat jalan tol. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan sebaiknya Anda perlu memahami karakter mobil dan jalanan yang sedang dilalui.

Baca juga : Penyebab knalpot bersuara menembak-nembak.

Melaju pada kecepatan tinggi saat mengemudikan mobil biasanya pengemudi akan kehilangan kendali dan setidaknya mobil sulit dikendalikan. Untuk dampak buruk secara umum dari memacu pada kecepatan tinggi dengan waktu lama / jarak tempuh yang jauh adalah mempengaruhi kinerja mesin mobil dan kaki-kakinya.

 

Jika semua kondisi komponen mesin prima dan tidak ada masalah, mobil tidak mengapa dipacu dengan akselerasi tinggi dalam waktu yang lama atau jauh. Namun akan mempercepat pergantian oli mesin dan oli transmisi dari semestinya, hal ini disebabkan adanya gaya gesek yang tinggi, dan panas yang dihasikan ( penelitian menjelaskan panas yang berlebihan dalam kurun waktu yang lama mengakibatkan perubahan struktur oli dan cairan lainnya ) ditambah kinerja mesin yang berat dalam waktu yang lama. Misalnya saja jika pergantian oli mesin normalya 10.000kmĀ  untuk kasus berikut oli diharuskan ganti pada km 60.000.

Kendaraan yang dipacu dengan kecepatan maximum dan dalam waktu yang lama sebaiknya sering Anda periksa, terutama kualitas oli mesin dan oli transmisinya untuk menjaga komponen mesin agar tetap awet dan mencegah terjadinya kerusakan fatal.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai beberapa dampak negatif dan hal penting yang harus diketahui jika kendaraan dipacu pada kecepatan tinggi serta penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Geber-geber saat panaskan mesin, bolehkan?

6 penyebab dan cara mengatasi mesin mobil overheating.

Bolehkan jika mobil matic diderek saat mogok, berikut penjelasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *