Ciri-Ciri Mobil Yang Pernah Terkena Banjir Secara Akurat

ciri-ciri-mobil-yang-pernah-terkena-banjirBerikut Ciri-Ciri Akurat Mobil Yang Pernah Terendam Banjir Yang Perlu Diketahui Jika Ingin Membeli Mobil Bekas.

Mekanikmitsubishi.com – Tidak semua mobil bekas yang dijual di dealer atau di tempat apapun itu kondisinya masih bagus. Terkadang ada dealer yang sengaja tidak memberitahu mobil bekas yang dijual pernah terendam banjir atau belum. Oleh sebab itu penting sekali anda mengenali ciri-ciri mobil yang pernah terendam banjir supaya tidak rugi dan mengeluarkan biaya extra untuk memperbaiknya. Terlebih jika anda akan membeli mobil bekas di kota langganan banjir, seperti di kota besar Jakarta.

Baca juga : Tips dan cara sederhana mencegah kolong mobil mudah berkarat saat musim hujan.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya anda menanyakan kondisi mobil yang akan dibeli, tanyakan apakah mobil yang dijual sudah pernah terkena atau terendam banjir atau belum. Hal itu untuk menghindari permasalahan yang nantinya akan muncul. Tetapi jika penjual menutupi dan berusaha tidak memberitahu kondisi mobil, anda bisa mnegeceknya sendiri. Berikut ini beberapa tanda atau Ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir untuk mengecek mobil bekas yang akan anda beli.

Baca juga :

Tips penting yang wajib diperhatikan sebelum membeli mobil.

Trik pedangan bikin mulus mobil bekas.

  1. Cek STNK

Untuk pemeriksaan pertama, anda bisa mengenali Ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir dari STNKnya. Dari STNK mobil yang dijual, anda bisa mengecek atau memeriksa alamat rumah pemilik tersebut. Apakah lokasi rumahnya termasuk tempat atau kota yang langganan banjir atau tidak. Namun jika mobil tersebut belum balik nama dan sudah digunakan oleh orang yang berbeda dan dilokasi yang berbeda sebaiknya langsung ditanyakan kepenjualnya saja.

 

  1. Cek Interior

Kedua anda bisa mengenali Ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir yang akan anda beli dengan mengecek atau memeriksa interior mobil. Periksa komponen-komponen yang ada dalam mobil, seperti di bagian rak dan di bagian panel mobil. Mobil bekas yang pernah terkena atau terendam banjir biasanya akan ada bekas atau sisa-sisa endapan lumpur atau pasir di bagian sudut-sudut yang sulit dijangkau dan sempit.

Baca juga : Bocoran cara pedagang bikin kabin mobil bekas seperti baru lagi. Tak banyak yang tahu..!

 

  1. Cek bau mobil

Jika anda menemukan bau yang tidak sedap dalam mobil bekas yang akan dibeli, seperti bau lumpur itu tandanya mobil bekas tersebut sudah pernah terkena atau terendam banjir. Untuk mengetahui Ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir anda bisa memeriksa jok mobil atau karpet mobil, angkat untuk memastikan ada bekas lumpurnya atau tidak di bagian bawah karpet dan joknya. Karena, mobil yang pernah terkena atau terendam banjir biasanya akan membuat jok susah dikeringkan. Itulah sebabnya anda harus lebih teliti lagi dalam memeriksa bagian-bagian dalam pada mobil.

 

  1. Cek Perangkat Elektronik Mobil

Mobil yang sudah pernah terkena atau terendam banjir biasanya akan ada permasalahan bagian atau komponen-komponen pada mobil seperti di lampu depan, sein, central lock, radio tape, lampu kabin dan lain sebagainya. Permasalahan yang timbul pada mobil bekas yang pernah terkena atau terendam banjir ini terkadang sulit ketika akan menghidupkan mesin. Jika mesin mobil tersebut sulit dihidupkan itu bisa menjadi tanda atau Ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir.

 

  1. Hindari Resiko

Untuk mengenali Ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir yang terakhir adalah dengan menghindari resiko yaitu bawa bantuan mekanik jika akan membeli mobil bekas. Untuk memastikan apakah mobil tersebut pernah terkena atau terendam banjir atau belum, sebaiknya meminta bantuan dengan mengajak mekanik untuk melihat dan memeriksa mobil bekas tersebut. Karena mekanik yang sudah berpengalaman tentu akan lebih mengerti kondisi mobil dari keadaan mesin, komponen-komponen mobil, dan lain sebagainya. Tetapi jika anda ragu dan mencurigai mobil tersebut sepertinya sudah pernah terkena atau terendam banjir sebaiknya jangan diambil dan cari mobil lainnya.

Demikian adalah ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir yang harus anda periksa untuk menghindari  permasalahan yang mungkin akan timbul pada mobil yang akan anda beli. Semoga bermanfaat dan membantu.

Artikel terkait :

Berikut Ciri-ciri mobil bekas tabrakan yang masih bagus atau layak untuk dipertimbangkan.

Lebih baik asuransi LTO atau All Risk? berikut penjelasan sebagai bahan pertimbangan Anda.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *