Ciri-ciri Mobil Perlu Sporing Dan Balancing Serta Tips Perawatannya

ciri-ciri mobil perlu spooring dan balancing dan tips perawatanyaCiri-ciri Mobil Perlu Sporing Dan Balancing Serta Tips Perawatannya

Mekanikmitsubishi.com – Setelah sebelumnya kita membahas “alasan mengapa mobil perlu spooring dan balancing”, maka kali ini saya akan membahas ciri-ciri mobil yang disarankan service spooring dan balancing dan perawatannya. Istilah spooring dan balancing pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, terkhusus bagi pengendara roda empat. Service spooring dan balancing kendaraan pada roda-roda mobil sangat perlu diperhatikan dan bahkan sebaiknya kita melakukan pengecekan dan perawatan berkala.

Perlu kita ketahui fungsi dari spooring dan balancing pada kendaraan secara umum.

Spooring adalah memadukan posisi center / selaras antara roda kanan dengan roda kiri, ketika posisi roda kanan dan kiri menjadi selaras maka setir kemudi menjadi ringan dan nyaman serta pengemudi tidak berat sebelah ( terasa condong ke kanan atau condong ke kiri saat mengemudi )

Balancing adalah meluruskan bagian roda depan dengan roda belakang yang bisa kita sebut dengan istilah parallel. Keduanya memiliki maksud yang sama yakni menstabilkan kendaraan dan memberikan kenyamanan saat mengemudi.

Beriut ini adalah beberapa ciri mobil yang perlu tindakan spooring dan balancing :

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan velg racing dan velg jari-jari.

Kemudi terasa berat

Hal ini disebabkan berat sebelah entah condong kekanan atau kekiri,hal paling parah pada kejadian ini setir tidak mau berputar ke posisi awal saat dibelokkan. Ciri lain yakni pada saat berjalan lurus setir kemudi berasa membelok sendiri.

Timbulnya getaran

Timbulnya getaran sangat tersa sekali bahkan ciri terbaik bahwa mobil Anda harus ada tindakan pooring dan balancing. Hal ini desebabkan roda depan sudah mengalami keausan tidak wajar, benjolan atau kelainan lain.

Baca juga : Ini enyebab setir kemudi mobil mendadak menjadi berat.

Beberapa tips dan cara agar mobil Anda terasa nyaman dan aman saat digunakan :

1. Usakan rutin melakukan pengecekan,dan perawatan rutiin sprooring dan balancing sesuai anjuran buku pedoman service

2. Periksa kondisi kaki-kaki mobil dari suspensi,velg,ban,lager arm dan  beberapa komponen yang terkait lainnya sebelum Anda service spooring dan balancing.

3. Rotasi ban yang tepat juga sangat penting,keteraturan dalam rotasi akan lebih memudahkan perawatan perawatan dan berbaikan. Hal ini bertujauan supaya keausan antara ban bisa merata. Usahkan selalu membeli jenis ban mobil yang tepat dan berkualitas bagus hal ini bertujuan memberikan kenyamanan dan mengurangi resiko kecelakaan, dan sangat tidak direkomendasikan menggunakan ban bekas.

Catatan : *Jika terjadi pecah ban dan hal yang lain yang mengharuskan pergantiaan ban, maka sebisa mungkin ganti ban kendaraan Anda dengan ukuran yang sama .

Sekian ulasan kami mengenai tips dan cara merawat mobil agar nyaman saat dikendarai dan cici-ciri mobil perlu tindakan spooring dan balancing. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih

Artikel terkait :

Tips ampuh atasi understeer dan oversteer dan beberapa penyebabnya.

Cara mudah mengganti oli power streering mobil Mitsubishi Pajero Sport

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *