Cara Mudah Servis Karburator Mobil Sendiri Dan Ketahui Penyebab Masalahnya

tips-dan-cara-paling-mudah-servis-karburator-mekanikmmitsubishiTips dan Cara Paling Mudah Servis Karburator Mobil Sendiri Ini Tanpa Harus Ke Bengkel Dan Beberapa Penyebab Kerusakannya. 

Mekanikmitsubihsi.com – Pada kendaraan, karburator memang berperan penting terhadap kinerja mesin. Hal-hal seperti konsumsi bahan bakar dan tenaga suatu mesin mobil bisa dipengaruhi oleh kondisi dari kalburotor itu sendiri. Prinsip kerja untuk karburator kendaraan baik motor maupun mobil sebenarnya sama, namun pada mobil banyak sekali komponen dan bentuk pendukung lainnya. Karena pada mobil sudah menggunakan Power Sterring dan AC yang keduanya sudah terdapat vacuum dan switch di karburator yang akan mendukung performa mesin juga komponen-komponen lain.

Baca juga : 5 kerusakan komponen mobil akibat uagal-ugalan saat mengemudi.

Untuk anda yang dirasa tidak mempunyai banyak waktu untuk membongkar karburator anda di bengkel, sekarang anda bisa melakukan servis karburator mobil sendiri yang bisa di lakukan di rumah. Sebelum membongkar karburator tersebut, sebaiknya anda melihat dulu jenis karburator yang di gunakan.

Jika anda mendapati karburator yang terlihat simple anda bisa melakukannya sendiri meskipun belum professional. Namun jika terdapat banyak selang-selang vaccum yang terlihat, di sarankan untuk membawanya saja ke bengkel agar lebih aman. Beberapa contoh karburator yang mudah untuk di pelajari yaitu mobil Carry Futura, Mitsubishi T120 ss, Suzuki Katana, dan Toyota Kijang.

Untuk mengetahui cara menggantinya, berikut cara paling mudah servis karburator mobil sendiri yang bisa anda praktekkan.

Baca juga : Beberapa faktor yang paling mempengaruhi tenaga mesin.

  • Hal yang harus diingat pertama kali yaitu posisi kabel kutub negative dari aki harus selalu dalam keadaan terbuka.
  • Selanjutnya, anda bisa membuka penutup saringan udara atau Air Filter dan rumahnya
  • Saat membuka, coba anda perhatikan dan di ingat atau bila perlu anda bisa memfotonya terlebih dahulu. Buka selang bahan bakar dan selang lainnya yang terhubung dengan karburator.
  • Buka pula kabel gas dan semua jenis kabel yang terhubung ke karburator
  • Selanjutnya, anda bisa membuka baut dudukan karburator atau mur. Angkat karburator tersebut dari manipold.
  • Bukalah dan juga preteli bagian-bagian karburator yang akan di bersihkan. Sebelum melakukan hal ini anda harus mengingat-ingat posisinya atau jika perlu anda bisa memfotonya terlebih dahulu sebelum di buka. Sebaiknya, anda tidak membuka spuye dan pilot jet supaya nantinya tidak terbalik saat memasang.
  • Setelah itu, bersihkan karburator dengan menggunakan kuas dan bensin atau semprot dengan kalburator cleaner agar kotoran yang membandel bisa langsung terangkat.
  • Semprot dengan menggunakan angina kompresor seluruh lubang-lubang dari sudut karburator tersebut. Anda bisa melakukannya secara berhati-hati dan jangan terlalu keras.
  • Setelah semua sudut karburator di rasa bersih, maka anda bisa merakit kembali semua komponen dari karburator. Pasang juga karburator tersebut ke manipold mesin dengan di beri sedikit sealer atau lem agar tidak ada kebocoran nantinya.
  • Pasang semua selang juga komponen lainnya serta pasang juga kabel negatif aki.
  • Hidupkan mesin dan stel atau setting angina karburator
  • Dan yang terakhir, anda bisa memasang kembali rumah saringan juga saringan udaranya.

Dalam prakteknya, cara paling mudah servis karburator mobil sendiri juga sering di jumpai beberapa masalah. Penyebab masalah pada setiap karburator mobil tentunya berbeda-beda, sehingga cara penyelesaiannya pun juga berbeda. Masalah yang sering terjadi yaitu bercampurnya air dengan minyak bahan bakar dan karburator yang bocor. Untuk itu, sebelum memutuskan membongkar karburator mobil anda di lihat dulu permasalahan dari karburator mobil anda.

Seperti itulah cara paling mudah servis karburator mobil sendiri yang bisa anda lakukan. Semoga ulasan ini bisa membantu anda dalam mengatasi permasalahan karburator mobil anda.

Artikel :

Penyebab knalpot mobil bersuara menembak-nembak dan tips mengatasinya.

Cara mendeteksi mobil mogok dan tips mengatasinya dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *