Cara Mudah Merawat Ban Tubless Dengan Benar Dan Irit

cara-mudah-merawat-ban-tubless-dengan-benar-dan-iritCara Mudah Merawat Ban Tubless Dengan Benar Dan Irit Paling Ampuh.

Mekanikmitsubishi.com – Ban Tubless pada awalnya adalah ban yang digunakan untuk sepeda gunung atau mountain bike. Ban yang menggunakan isi nitrogen ini memiliki daya cengkram dan daya tahan yang kuat. Pasalnya ban yang hanya berlapis satu ini menggunakan bahan karet yang lebih tebal dan diperkuat dengan kawat baja, sehingga ban menjadi lebih kuat dan memudahkan pengendara untuk bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Baca juga :  Batas waktu penggunaan ban paling benar.

Ban ini juga boleh dibilang ban yang ANTIBOCOR, karena ban ini bisa menahan udara di dalam ban dalam waktu yang cukup lama.  Sehingga pengendara memiliki cukup waktu untuk menuju bengkel jika ban terkena ranjau paku. Akan tetapi, bukan berarti ban ini tidak memerlukan perawatan. Ban tubless ini juga memerlukan perawatan agar ban bisa jadi lebih awet.

Berikut adalah tips-tips cara merawat ban tubless dengan benar bisa jadi lebih tahan lama.

Baca juga : Dampak kurangnya tekanan angin pada ban terhadap konsumsi BBM.

  • Periksa Tekanan Ban Secara Rutin

Pemeriksaan ini penting dilakukan agar kerusakan pada ban tidak terlalu cepat rusak. Cara mudah merawat ban tubeless dengan benar adalah menggunakan alat yang berguna untuk memeriksa tekanan ban ini disebut Vitatools. Ban memiliki tekanan yang stabil pada ukuran 32 psi untuk bagian depan, dan 38 psi sampai 40 psi untuk ban bagian belakang.

Pemeriksaan juga harus dilakukan ketika ban dalam kondisi dingin. Karena jika dilakukan pemeriksaan saat ban dalam keadaan panas, udara dalam ban sedang mengalami proses pemuaian, yaitu proses dimana udara menekan ke segala arah dengan tidak stabil. Jadi bisa saja ukuran tekanan ban akan menjadi lebih kecil ketika ban sudah mendingin

 

  • Pastikan Bahu dan Telapak Ban Keadaan Baik

Bahu dan telapak ban harus selalu diperiksa, jangan sampai kita tidak sadar jika ban ternyata sudah aus. Untuk memastikan keausanya, periksa tanda D yang ada di bahu ban. Keausan maksimum adalah ketika tanda D sudah mulai merata pada ban atau memudar.

Cara mudah merawat ban tubeles dengan benar ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui atau mendeteksi kerusakan dini pada ban. Sehingga kerusakan bisa dicegah secepat mungkin.

 

  • Hindari Kelebihan Beban Pada Kendaraan

Pada sebagian orang, kendaraan juga digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah besar. Namun, perlu diketahui jika memaksakan beban berlebih pada kendaraan tentu akan menyebabkan ban tubless menjadi cepat aus dan rusak. Tidak hanya ban, bagian lain dari kendaraan juga akan terkena dampak negatif jika berkendara dengan muatan berlebih.

 

  • Jangan Berkendara Ketika Ban Kempes

Ban tubless memang ban yang tahan dengan kebocoran, akan tetapi bukan berarti ban tubless tidak bisa mengalami pengempisan. Cara mudah merawat ban tubeles dengan benar adalah ketika ban tubless mengalami pengempisan, cepat-cepat harus anda pompa pada tekanan ban standar. Jika anda nekat ingin mengendarai dalam keadaan kempes, resiko yang terjadi adalah rusaknya velg atau lepasnya velg dengan ban.

 

  • Jaga Kebersihan Ban

Menjaga kebersihan ban juga penting. Jangan berpikir jika kebersihan ban adalah hal yang tidak perlu. Sempatkan untuk membersihkan ban jika sedang mencuci kendaraan anda. Cara merawat ban tubeles dengan benar ini dilakukan agar usia ban menjadi lebih lama dan ban tidak cepat aus.

  • Jika Tertancap Ranjau Paku

Apabila suatu ketika ban tubless kendaraan anda tertancap paku, jangan langsung anda cabut paku tersebut, karena jika anda langsung mencabut paku tersebut, itu akan membuat udara dalam ban habis sehingga ban bisa lepas dari velg atau bahkan merusak velek itu sendiri.  Jadi, setelah anda tahu jika ban tubless kendaraan anda tertancap paku, segera cari bengkel khusus yang memperbaiki ban tubless. Jangan sekali-kali asal dalam memilih bengkel. Karena jika yang menangani adalah orang orang yang asal, mungkin ban akan rapat kembali, tapi sama sekali tidak berumur panjang, karena ban tubless memiliki cara tersendiri dan khusus dalam menangani kerusakan.

Demikian beberapa tips atau cara merawat ban tubless dengan benar. Semoga bermanfaat.

Artikel :

Bahaya dan tidaknya menggunkan cairan tambal ban ajaibyang perlu jadi pertimbangan.

Kelebihan dan kekurangan ban tubeless untuk kenyamanan dan keselamatan jangka panjang.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *