Cara Mudah Memperbaiki Lampu LED Dengan Aman

apakah-lampu-led-yang-sudah-rusak-diperbaiki-mekanikmitsubishiBagaimana Cara Memperbaiki Rangkaian LED Yang Rusak Pada Lampu Bohlam? Berikut Ini Caranya.

Mekanikmitsubishi.com – LED adalah kepanjangan dari Light Emitting Diode, merupakan jenis lampu yang banyak digunakan untuk menerangi rumah. Salah satu alasan mengapa lampu ini menjadi favorit sebagian besar orang adalah keawetannya alias tahan lama, bahkan bisa mencapai 5 tahun. Namun hal ini juga ditentukan oleh kualitas masing-masing produk. Pasalnya sekarang banyak sekali merk lampu-lampu LED yang beredar luas di pasaran.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan lampu LED pada kendaraan.

Nyala LED sendiri didapat dari pijaran antara dua kutub bernama Anoda dan Katoda yang memiliki arus listrik tertentu dengan Volt yang sangat rendah. Jika terjadi lonjakan listrik melebihi tegangan atau kuat arus listrik yang dibutuhkan, maka lampu LED akan mati dan arus yang mengalir di dalamnya pun akan terputus. Sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Pertanyaannya adalah, apakah lampu LED yang sudah rusak bisa diperbaiki? Jawabannya sangat bisa. Lalu bagaimana caranya? Sangat mudah dan tidak ribet tentunya. Yuk, langsung saja. Simak cara memperbaiki rangkaian LED yang rusak di bawah ini :

  1. Cek lampu mana yang rusak

Ini adalah langkah awal yang harus Anda lakukan. Untuk mengecek lampu mana yang rusak, mau nggak mau Anda harus membongkarnya satu persatu. Kemudian periksa satu persatu lampu LED menggunakan senter berukuran kecil.

  1. Ketahui nilai resistornya

Untuk bisa memastikan ukuran lampu seperti apa yang akan Anda beli, Anda harus mengetahui nilai resistornya terlebih dahulu. Jika nilai resistornya sekitar 330ohm biasanya menggunakan 2 rangkaian LED, sedangkan untuk nilai resistor sekitar 150ohm lampu yang digunakan biasanya 3 rangkaian LED, adapun jika nilai resistornya sekitar 1ohm bisa dipastikan lampu yang dipakai menggunakan 4 rangkaian LED. Dan “Pastikan Anda mengetahui jalur positif dan negatif dalam LED.”

  1. Solder “by-pass” dengan kabel di kedua terminal kaki LED yang mati

Untuk mengakalinya kita hanya menyolder dengan cara menjumper LED yang telah mati tadi dengan menggunakan kabel yang berukuran kecil.

Caranya cukup potong sebuah kabel, lalu solder dengan cara menyambung kedua kaki LED yang telah mati. Solder dan sambunglah kedua kabel yang tadi ke kutub positif (+) dan negatif (-) dengan timah pada bagian unjungnya.

Cara ini bertujuan untuk menyambung arus yang sudah terputus dari LED yang mati. Jadi bisa dibilang skema lampu bohlam LED ini hanya “Skema LED Seri” yang berarti jika salah satu lampu LED mati, maka lampu LED yang lain juga mati karena tidak ada aliran listrik atau tak mendapat arus listrik.

4. Test kembali lampu bohlam LED

Setelah kabel tersambung dengan baik di kedua kaki LED yang telah mati, tahap selanjutnya adalah pengetesan, di tahap ini lampu LED yang tadi mati dan berhasil lolos dari proses perbaikan akan kembali menyala. Itulah mengapa Anda memerlukan ketelitian dan waspada dalam mengotak-atik bagian dalamnya.

5. Pasang dan tutup body lampu bohlam LED-nya

Lalu pasang dan tutup kembali lampu Bohlam LED ini seperti semula. Lumayan, lampu bohlam LED yang tadinya mati dan tak berguna, sekarang bisa menyala kembali.

Bagaimana? Cukup mudah dan tidak ribet bukan? Jadi kini Anda harus berpikir dua kali untuk membuang lampu bohlam yang sudah mati. 6 langkah mudah di atas tadi adalah solusi tepat yang bisa Anda jadikan referensi untuk menghemat budget khusus belanja lampu LED. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Penyebab lampu mobil berembun yang jarang kita ketahui.

Tips sederhana mencegah mobil terbakar akibat korsleting listrik.

One comment

  • terimakasih tips yang sudah di berikan dan ternya sangat bermanfaat,lampu LED saya jdi berfungsi dan isa di gunkan hiasa rumah lagi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *