Cara Mudah Memilih Dan Membedakan Jok Kulit Asli Dengan Sintesis

Cara Mudah Memilih Dan Membedakan Jok Kulit Asli dan Sintesis - MekanikmitusbishiCara Mudah Membedakan Kulit Jok Mobil Asli dan Sintesis Serta Memilih Kulit Jok Terbaik

Mekanikmitsubishi.comPelapis jok mobil atau lebih sering dikenal dengan sebutan sarung jok mobil merupakan salah satu assesoris yang terpasang pada mobil dengan tujuan agar menambah rasa nyaman, atau hanya sekedar memperindah penampilan interior mobil. Bahan jok mobil yang tersedia juga sangatlah beraneka ragam mulai dari bahan kulit dan bahan sintesis.

Baca juga :  Tips merawat dan membersihkan jenis-jenis jok mobil.

Jok kulit asli atau genuine leather biasanya berasal dari kulit-kulit hewan seperti kambing, domba, babi dan sapi. Sementara untuk kulit sintesis merupakan barang tiruan yang menyerupai kulit asli dengan menggunakan bahan dasar kain yang dicampur dengan bahan-bahan kimia, pewarna, lilin atau polyurethane agar menghasilkan bahan dan tekstur warna yang menyerupai kulit jok asli.

Memang biaya yang ditawarkan untuk bahan sintesis jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jok kulit asli, jenis kulit sintesis yang paling umum digunakan seperti pleather atau plastic leather yang berarti bahan dasarnya terbuat dari kain elastik dengan hasil yang mirip dengan kulit asli.

Tentu tidak ada masalah ketika seseorang dapat membedakan kualitas kulit jok mobilnya apakah terbuat dari kulit asli atau palsu, namun tidak sedikit pedagang yang curang dan memanfaatkan para konsumennya dengan mengatakan bahwa jok kulit tersebut terbuat dari kulit asli, padahal bahan yang digunakan hanya kulit sintesis.

Hal ini tentu sangat merugikan pembeli, karena pembeli harus membayar lebih mahal dengan kualitas keawetan yang kurang.

Untuk itu pastikan Anda termasuk dalam orang yang cerdas dan dapat membedakan jok kulit asli dengan sintesis. Berikut ulasan lengkapnya mengenai jok kulit asli agar dijadikan referensi bagi Anda agar tidak mudah tertipu.

Baca juga :

Tips menjaga suhu kabin mobil selalu stabil saat musim panas.

Tips merawat dan membersihkan interior tetap harum, bersih dan selalu nyaman.

Cara mudah membedakan jok kulit asli dan sintesis :

Memanfaatkan Panas Api

Menurut Wisnu Penggawa Invention Jok Kemayoran, cara paling mudah didalam membedakan kualitas jok kulit dan sintesis adalah dengan cara memanfaatkan panas api, kulit jok yang terbuat dari kulit asli tidak akan terbakar seperti halnya kulit sintesis.

Meraba Pelapis Jok Mobil

Selain mamanfaatkan panas api Anda dapat meraba pelapis pada jok mobil tersebut, ketika jok mobil terbuat dari kulit asli maka akan terasa kasar, sementara untuk kulit sintesis teksturnya lebih lembut dan lengket. Meskipun jok kulit asli mempunyai tekstur yang kasar namun ketika digunakan tetap akan terasa nyaman.

Periksa Label Produk

Cara yang paling mudah untuk mengidentifikasikan jok kulit asli atau sintesis yaitu dengan cara Memeriksa label produk yang digunakan. Produk yang dibuat dari bahan kulit sintesis biasanya menjelaskan secara detail mengenai bahan yang digunakan akan tetapi dengan menggunakan istilah asing seperti manmade materials, fabric materials dan istilah-istilah lainnya.

Periksa Tepian Produk

Cara yang paling mudah selanjutnya dan yang sering dianjurkan untuk membedakan jok kulit asli dengan sintesis adalah dengan cara memperhatiakan pada tepian produk, jok yang berbahan kulit asli cenderung memiliki tepian yang lebih kasar sementara untuk kulit sintesis nampak sangat sempurna pada tepian atau sisi-sisi produk. Ketika diperhatikan secara jelas maka terlihat seperti busa atau plastik.

Periksa Pori-Pori Bahan

Pastikan Anda juga membedakannya melalui pori-pori bahan yang digunakan, ketika terbuat dari jok kulit maka akan terlihat tidak beraturan sementara untuk kulit jok sintesis pori-porinya terlihat sangat rapi dan sama antara bentuk dan jaraknya sangat konsisten.

Cium Aromanya

Aroma jok kulit asli mempunyai ciri khas tersendiri jadi tidak dapat ditiru dengan kulit sintesis. Untuk memahami aroma dari kulit asli dengan sintesis tentu Anda harus terbiasa mencium aroma yang berbahan kulit, karena tidak ada teknik khusus didalam melakukan cara ini.

Kulit jok yang menggunakan bahan kulit asli merupakan jok kulit mobil terbaik karena selain kualitas yang lebih tinggi, kenyamanan dan keawetannya juga tidak perlu diragukan lagi.

Demikian beberapa penjelasan mengenai tips dan cara mudah membedakan jok kulit asli dengan kulit jok sintesis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sebagai referensi sebelum membeli sarung jok mobil. Terimakasih.

Artikel terkait :

Mengenal beberapa fungsi dari list karet di atap mobil, tak banyak yang tahu hal ini.

Tips dan cara mudah hilangkan bau menyengat pada kabin mobil.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *