Cara Mudah Membersihkan Evaporator AC Mobil Sendiri

Cara Mudah Dan Aman Membersihkan Evaporator AC Mobil Sendiri

Cara Mudah Membersihkan Evaporator AC Mobil Sendiri - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com РPerlu diketahui bersama bahwa membersihkan AC sendiri  bisa dikatakan susah-susah gampang untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan, hampir tidak semua komponen dari AC mobil dapat di bongkar dan dibersihkan oleh orang awam. Apabila tidak dibersihkan dengan benar, maka sirkulasi udara pada AC mobil anda akan cepat kotor yang dapat menjadikan AC mobil berbau hingga performa mendingan kabin dapat menurun.

Baca juga : Cara mudah merawat dan membersihkan filter AC mobil dengan benar.

Salah satu komponen utama pada AC adalah evaporatore. Evaporator ini mempunyai berbentuk kotak yang berfungsi untuk menurunkan suhu udara yang melaluinya supaya tetap dingin. Mempunyai bentuk ruang yang berliku, sehingga apabila terjadi pengendapan  kotoran proses pendinginan udara tidak dapat berjalan maksimal. Anda pun bisa melakukan dengan mudah membersihkan evaporator AC mobil sendiri agar AC mobil anda tidak berbau dan menghindari blower yang semakin melemah.

Biasanya, AC mempunyai satu lubang untuk menghisap udara sebagai jalur sirkulasi AC yang terletak pada bagian bawah dashboard dan cukup rendah sehingga rentan untuk menghisap debu dna kotoran dari karpet mobil. Walaupun beberapa AC mobil di desain untuk melekatkan filter udara, namun kotoran yang terhisap akan masuk ke sirkulasi AC yang akan membuat evaporator menimbun kotoran.

Untuk membersihkannya, kita perlu langkah yang tepat agar nantinya tidak menimbulkan masalah yang lebih parah atau terjadinya malfungsi pada system pendingin pada mobil tersebut.

Baca juga : Beberapa penyebab dan cara menghilangkan bau AC mobil dengan mudah.

 Berikut cara mudah membersihkan evaporator AC mobil sendiri dengan memanfaatkan cairan pembersih.

  1. Buka filter AC

Cara mudah membersihkan evaporator AC mobil sendiri pertama anda bisa mematikan mobil anda terlebih dulu. Setelah itu anda bisa mencari lubang filter udara dan hisap udara AC. Apabila AC bawaan pabrik, anda bisa mencarinya di buku manual mobil. Biasanya bagian ini berada di sekitaran glove box. Setelah dilepas maka perhatikan apakah filter masih bersih ataukah sudah kotor dan harus diganti.

Selanjutnya, anda bisa mengocok kaleng spray cairan pembersih evaporator yang sudah anda persiapkan, lalu sisipkan selang sprayer untuk mendekati blower agar foam yang akan di semprotkan terarah dengan benar ke bagian blower.

 

  1. Nyalakan dan setting ac mobil

Apabila anda memposisikan spray hingga siap untuk disemprotkan ke blower, maka cara mudah membersihkan evaporator AC mobil sendiri yang selanjutnya anda bisa menyalakan mesin mobil anda. Setelah itu, anda bisa nyalakan AC dan setting dengan suhu paling dingin serta tiupan blowing plaing kencang. Apabila mobil anda double power nyalakan juga settingan yang sama.

 

  1. Semprotkan cairan pembersih evaporatore

Setelah semua siap, pastikan selang semprotan pada sprayer sudah tepat posisinya menghadap blower, setelah itu anda bisa menyemprotkan cairan pembersih hingga habis. Umumnya, cairan evaporator ini berbentuk foam saat digunakan.

Apabila saat menyemprotkan cairan ini keluar air melalui ventilator AC mobil anda, maka biarkan saja. setelah habis, anda bisa membiarkan AC dan mobil anda menyala sekitar 10-15 menit. Terakhir anda bisa membersihkan air yang keluar dari evntilatsor tersebut.

 

Banyak cara untuk membersihkan evaporator pada AC mobil yang dipakai, akan tetapi pada intinya kita harus benar-benar yakin dan memahami langkah-langkahnya. Jika Anda belum yakin dengan kemampuan dan resiko kerusakannya sebaiknya membawanya pada teknisi AC yang handal, disitu Anda bias memperhatikan bagaimana cara teknisi professional membersihkan evaporator ac mobil dengan benar dana man serta bias menanyakan suatu hal yang mungkin Anda belum ketahui. Dan berikutnya mungkin Anda benar-benar bias membersihkannya sendiri.

 

Demikian artikel kali ini yang membahas tuntas mengenai cara paling mudah dan aman membersihkan evaporator ac mobil sendiri dirumah tanpa perlu membawanya pada teknisi AC mobil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan memberikan tambahan wawasan mengenai dunia otomotif. Terimakasiih.

Artikel terkait :

Beberapa penyebab mobil kehilangan tenaga jika AC mobil dinyalakan.

Penyebab dan ciri-ciri freon mobil berkurang atau cepat habis.

Perawatan, pegecekan serta perbaikan AC mobil.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *