Cara Mudah Membaca Type Dan Kode Ban Mobil Standar Internasional

Cara Mudah Membaca Jenis Dan Kode Ban Mobil - MekanikmitsubishiBeginilah Cara Mudah Membaca Dan Memahami Jenis Dan Kode Ban Mobil Standar Internasional 

Mekanikmitsubishi.com РBan merupakan bagian yang vital dari mobil, tidak hanya berfungsi sebagai penyangga beban mobil saja, tetapi ban memiliki peranan khusus dan sangatlah penting. Sering kali pengguna mobil mengabaikan type dan kode yang tertera pada ban mobil.

Baca juga : Beberapa bahaya dan resiko jika mengganti ukuran ban tidak sesuai standart pabrikan.

Padahal jenis dan kode tersebut menentukan kualitas dan spesifikasi dari ban itu sendiri. Hal itu mungkin karena pengguna mobil tidak mengetahui bagaimana cara mudah membaca jenis dan kode ban mobil.

Sebagai pengguna yang baik, sebaiknya anda harus cermat dalam memilih ban mobil anda agar sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan peruntukannya. Semua ban memiliki kode khusus untuk menentukan spesifikasi ban tersebut.

Kode tersebut meliputi ukuran, tahun produksi, ukuran tekanan (PSI/pounds Square Inch), dan maksimal rotasi kecepatan, serta ukiran tekanan beban dan suhu maksimal saat berputar.

Apabila anda cermat membaca jenis dan kode ban mobil anda, maka anda telah melakukan langkah pertama mengendarai mobil dengan baik. Berikut ini cara mudah membaca jenis dan kode ban mobil yang sering digunakan.

Kode yang terdapat pada ban mobil digunakan untuk mengetahui spesifikasi ban mobil tersebut. Sebagai contoh membaca kode dan tipe ban mobil 205/45 ZR 17.

Baca juga : Rahasia ban kendaraan berumur panjang, dengan perawatan khusus.

Angka 205 pada kode ban tersebut menunjukkan lebar penampang ban mobil dalam satuan milimeter, yang berarti 205 adalah 205mm. Apakah lebar penampang berpengaruh pada saat berkendara? Tentu saja. Daya cengkram mobil akan lebih terasa pada ban yang memiliki lebar penampang yang lebih lebar, namun juga akan mempengaruhi akselerasi mobil anda.

Angka 45 pada kode ban mobil merupakan profil atau besar ban secara keseluruhan. angka ini tidak selalu sama pada setiap ban, karena angka mobil dan lebar penampang ban tidak selalu sama.

Kode R 17, 17 merupakan kode ukuran velg. Ketika ban memiliki kode ini artinya ban hanya bisa dipasang pada velg berukuran 17. Pastikan anda membeli ban yang sesuai dengan ukuran velg anda.

Huruf Z, Z berarti batas kecepatan yang ban mampu tempuh. Dalam hal ini Z berarti batas kecepatan ban yang mampu di tempuh adalah 240km/jam. Ada beberapa kode kecepatan ban yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Tips merawat ban serep mobil agar tak kadarluasa dan selalu siap pakai.

  • Q = kecepatan maksimal, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 160 km/jam.
  • S = kecepatan maksimal, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 180 km/jam.
  • T = kecepatan maksimal, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 190 km/jam.
  • U = kecepatan maksimal, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 200 km/jam.
  • H = kecepatan maksimal, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 210 km/jam.
  • V = kecepatan maksimal, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 240 km/jam.
  • W = kecepatan maksimal, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 270 km/jam.
  • Y = kecepatan maksimal, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 300 km/jam.
  • Z = kecepatan di atas, berarti ban mampu menempuh pada kecepatan 240 km/jam.

 

Demikian artikel kali ini yang bisa kami sampaikan secara keseluruhan mengenai cara mudah membaca dan memahami type dan kode ban kendaraan standart internasional. Semoga artikel ini mudah dicerna dan bermanfaat bagi pembaca. Pada intinya pembelian ban kendaraan sangat perlu pamahaman khusus, kita harus tahu type dan ukuran ban apa yang cocok sesuai medan dan model kendaraan kita. Kita juga perlu memahami tips membeli ban dan perawatannya supaya ban yang kita pakai nyaman dan aman serta tahan lama. Terimakasih.

Artikel terkait yang bisa Anda baca :

Tips dan trik bermanfaat dan simpel sebelum membeli ban dengan ujung kuku.

Adakah bahayanya jika kita terlalu sering menyemir ban kendaraan?

Beberapa akibat center ring tidak susuai ukuran velg.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *