Cara Mudah Kenali Bushing Mobil Yang Rusak Dan Tanda-tandanya.

inilah-cara-mudah-kenali-bushing-mobil-yang-rusak-mekanikmitsubishiInilah Cara Mudah Kenali Bushing Mobil Yang Rusak.

Mekanikmitsubishi.com – Bushing merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi penting. Bushing merupakan karet kecil yang tersembunyi keberadaannya. Sehingga sering disepelekan oleh sebagian pengendara. Padahal, bushing juga mempengaruhi kenyamanan para pengemudi.

Seperti komponen lain pada mobil, bushing yang memiliki bentuk menyerupai tabung besi dan diisi oleh karet ini juga mempunyai batas pakai alias umur. Bushing yang sudah habis masa pakainya biasanya akan berpengaruh pada bagian handling, dimana berpotensi terhadap kenyamanan serta keamanan berkendara si pengemudi.

Baca juga : Biaya custom bushing dan mounting untuk mobil lawas.

Terdapat 2 jenis bushing yang dikenal luas di masyarakat selama ini, kedua jenis ini dibedakan berdasarkan tempatnya. Yaitu Bushing stabilizer dan bushing swing arm. Bushing stabilizer berfungsi sebagai pengikat ke sasis mobil dan penyeimbang antara suspensi kiri dan kanan. Sedangkan bushing arm sebagai peredam adanya getaran yang berasal dari getaran mesin atau akibat pergerakan kendaraan.

Kerusakan pada bushing biasanya diakibatkan oleh kerja atau beban berat yang mereka terima. Selain itu panasnya suhu mesin, beban tambahan serta guncangĀ­an keras saat menghantam lubang di jalan menjadi sebagian penyebabnya.

Ciri kerusakan bushing mobil biasanya terjadi saat kita melaju dengan kecepatan tinggi, handling akan terasa limbung jika melewati permukaan jalan yang tidak rata. Wah, sangat ngeri bukan? apalagi kalau hal itu mobil kita di suasana yang genting dan kita tidak siap mengendalikannya.

Ada baiknya Anda juga mengenali beberapa tanda-tanda kerusakan pada bushing. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan kerusakan mendadak yang akan mengganggu aktifitas berkendara Anda. Nah, kira-kira apa saja gejala bushing mobil yang rusak? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini. Caranya cukup mudah, hanya 4 langkah saja.

Berikut tips dan cara mudah mengetahui tanda-tanda bushing mobil rusakĀ :

Baca juga : Penyebab ban mobil benjol dan cara mengatasinya dengan mudah.

  1. Suara yang mengganggu

Mobil dengan kondisi yang baik akan membuat kita nyaman dari suara-suara mengganggu yang ditimbulkan, hal ini karena mobil yang memiliki komponen atau performa bagus masih terawat dengan baik kondisinya. Jika terjadi kerusakan pada bushing, biasanya kita akan mendengar bunyi gesekan atau kriket-kriket ketika melewati jalan yang berlubang. Suara yang mengganggu itu biasanya akan terdengar jelas dari dalam kabin.

  1. Kondisi karet bushing yang retak

Tanda bushing yang rusak juga bisa Anda lihat dari karetnya. Ya, karet bushing yang retak menandakan bahwa bushing pada mobil Anda sudah waktunya untuk diganti. Keretakan pada bushing disebabkan oleh kerja bushing yang terlalu berat, juga kemungkinan terlalu sering melewati jalanan yang rusak.

Kerusakan pada karet akan terdengar seperti mesin beradu, tapi yang ini disertai bunyi decit pada bagian bawah jok depan. Penyebabnya lain bisa disebabkan oleh karet Strut-Bar sudah getas atau pecah. Kalau sudah begini, Anda wajib menggantinya dengan yang baru.

  1. Rasakan

Cara ketiga ini bisa jadi cara paling efektif untuk mengetahui kerusakan pada bushing Anda. Rasakan dengan cara mengendalikan mobil atau kemudikan mobil Anda di atas jalan yang bergelombang. Mengapa? Bushing yang rusak akan mengubah sedikit arah mobil meskipun lingkar kemudi tidak digerakkan.

  1. Oleng atau melayang

Ya, tanda pengenal yang keempat ini boleh anda sebut sebagai tanda mengenali kerusakan bushing yang penuh sensasi. Bagaimana tidak? Bushing arm yang rusak akan menyebabkan mobil terasa melayang atau sedikit oleng. Tentunya tidak melayang seperti wahana penguji adrenalin Anda ya? hehe. Dikatakan penuh sensasi karena tanda pengenal yang keempat ini punya nilai paling tinggi untuk kemungkinan kecelakaan yang biasa terjadi.

Baca juga : Tips mengetahui kerusakan pada bearing roda dengan mudah.

Itulah 4 tanda mengenali bushing mobil yang rusak. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa periksa komponen pada mobil Anda secara berkala. Utamakan keselamatan dan keamanan dalam berkendara.

Artikel terkait :

Tips dan cara terbaik hilangkan jamur pada kaca dan body mobil.

Perbedaan premium,pertalite,pertamax dan pertamax plus yang jarang diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *