Cara Mudah Deteksi Kerusakan Mounting Mobil Lawas Yang Harus Diganti

cara-mudah-deteksi-mounting-mobil-lawas-yang-harus-diganti-mekanikmitsubishiCara Mudah Deteksi Kerusakan Mounting Mobil Lawas Yang Harus Diganti.

Mekanikmitsubishi.com – Mounting adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pada mobil. Berbahan dasar karet yang fleksibel namun tetap kokoh, komponen ini sering disebut sebagai komponen slow moving serta sangat jarang penggantian pegangan ke mesin sasis ini.

Pengecekan secara berkala pun harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kemungkinan kerusakan mendadak yang akan mengganggu aktifitas berkendara Anda, terlebih untuk Anda yang menjadikan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari.

Lalu bagaimana cara mendeteksi kerusakan mounting mobil lawas yang harus diganti? Sebernarnya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan mengenai cara mudah mengenali bushing mobil yang harus diganti. Jadi, bisa dibilang cara yang digunakan hampir mirip.

Berikut ini adalah beberapa ciri yang bisa Anda jadikan patokan apakah mounting pada mobil Anda sudah waktunya diganti atau belum :

Baca juga : Biaya custom bushing dan mounting untuk mobil lawas.

  1. Saat mesin distarter biasanya akan mendengung. Bunyi ini disebabkan oleh karet engine mounting yang rusak atau sudah sobek.
  2. Cara yang kedua bisa Anda rasakan saat melepas kopling setelah memasukkan gigi persneleng, saat putaran mesin terhubung dengan beban, mesin kemudian mengayun dan terdengar bunyi yang khas dug-dug yang berasal dari bagian dalam mobil.
  3. Mobil yang mempunyai komponen mounting rusak akan mengeluarkan suara berisik ketika melewati jalanan berlubang atau kasar. Suara ini biasanya terdengar jelas hingga ke kabin mobil.
  4. Engine mounting yang sudah tidak berfungsi juga dapat Anda deteksi dari suara berisik yang muncul saat Anda melepas gas mobil. Keras tidaknya bunyi yang ditimbulkan tergantung pada seberapa parah tingkat kerusakannya.
  5. Gerakan roda belakang yang membuat mesin bergetar keras saat dihidupkan adalah salah satu tanda kalau mounting di mobil Anda harus segera diganti dengan mounting yang baru.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Mounting engine memiliki tugas yang berat, mulai dari menyangga dapur pacu hingga menahan getaran yang timbul saat mesin mobil sudah dinyalakan. Beban yang mesti dijalankan oleh mounting engine juga akan bertambah pada mobil dengan sistem tarikan depan atau front wheel drive. Hal ini karena girboks pada mobil ditahan oleh dudukan meisn yang sama.

Jumlah engine mounting yang digunakan untuk setiap mobil tidaklah sama. Khusus untuk mobil tarikan ini, ada empat buah mounting yang harus digunakan. Sedangkan untuk mobil yang menggunakan tarikan belakang, ada dua mounting yang dibutuhkan.

Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu posisi mounting mana yang akan diganti. Dengan begitu, anda akan mengetahui berat bebat yang diterima oleh dudukan mesin. anda dapat melakukan pengecekan dari posisi intake, throttle body, hingga alternator dan kompresor AC.

Untuk beberapa jenis mobil bekas, ada mounting pada bagian tertentu yang harus diganti. Seperti mobil jenis Suzuki. Umumnya engine mounting sebelah kiri lebih cepat diganti. Bahkan bisa dua kali lebih cepat dibandingkan dengan mounting sebelah kanan. Hal ini dipengaruhi oleh keberadaan kompresor AC dan pompa power steering di kiri. Panas yang berlebih dari pipa exhaust alias kenalpot pun menjadi penyebab lain mengapa karet peredam mounting kiri lebih cepat getas ketimbang engine mounting yang ada di sebelah kanan.

Hal lain yang harus anda perhatikan saat berencana untuk mengganti mounting pada mobil yang lawas ialah interval penggantiannya alias umur. Ya, mounting juga memiliki batas masa pakai yang bisa anda ketahui melalui ukuran kilometernya.

 

Demikian adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda aplikasikan untuk mengetahui apakah mounting mobil Anda sudah waktunya untuk diganti atau masih layak pakai. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Cara mudah deteksi dan mengetahui tanda-tanda bushing mengalami kerusakan.

Tips merawat mobil yang sering dijemur/terkena sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *