Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Bau Tak Sedap Interior Mobil

mekanikmitsubishi.comSetelah pada artikel sebelumnya penulis membahas tentang “Cara Merawat dan Membersihkan Interior Mobil yang Baik dan Benar“, maka pada artikel kali ini masih tetap berhubungan dengan interior atau kabin mobil, yakni bagaimana caranya menghilangkan bau tak sedap pada interior mobil agar tetap harum. Kurang pas rasanya jika interior mobil sudah bersih tapi masih belum harum, bukan?

Selain faktor kebersihan pada interior mobil, faktor keharuman juga tidak kalah pentingnya untuk menciptakan kesan nyaman bagi seluruh penumpang mobil. Timbulnya bau tak sedap pada interior mobil bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya asap rokok, sisa makanan yang tidak sengaja tertinggal atau terselip di antara sela-sela jok mobil, dan lain sebagainya.

Apapun penyebabnya, bau tak sedap pada interior mobil pasti akan mengganggu penumpangnya, terlebih bagi si pengemudi karena bisa mengganggu konsentrasinya saat mengemudikan mobilnya. Terkadang masih ada sebagian orang yang kurang memperhatikan akan hal ini, dan membiarkan bau tersebut akan hilang dengan sendirinya. Tentu saja tindakan seperti ini kurang tepat jika dialami oleh interior mobil kesayangan Anda. Oleh karena itu, semoga dengan adanya artikel yang membahas cara mudah dan ampuh menghilangkan bau tak sedap pada interior mobil berikut ini bisa membantu Anda. Berikut tips dan caranya:

Gosok Seluruh Permukaan Interior Mobil

Sebelum menghilangkan bau tak sedap pada interior mobil Anda, parkir mobil Anda di tempat yang teduh dan alangkah baiknya jika Anda mencuci terlebih dahulu seluruh bagian mobil agar nantinya mobil Anda menjadi bersih luar dalam. Setelah bagian luar mobil dirasa sudah bersih dan kering, saatnya Anda beralih ke bagian dalam mobil (interior). Pastikan semua kotoran yang terdapat di dalam interior mobil sudah Anda bersihkan sehingga tidak ada satupun kotoran yang masih tertinggal. Bersihkan juga karpet karet mobil.

Setelah itu ambil kain bersih lalu basahi dengan air dan gunakan untuk menggosok seluruh permukaan dashboard dan permukaan interior mobil lainnya. Perhatikan secara detail kotoran-kotoran yang menempel di sudut-sudut permukaan dashboard dan interior lainnya sudah benar-benar bersih.

Kemudian buka laci dashboard dan keluarkan semua barang-barang yang tersimpan disana. Buang barang yang sudah tidak diperlukan lagi dan jika masih ada yang hendak dimasukkan ke laci dashboard kembali, pastikan barang tersebut tidak akan menyebabkan bau tak sedap di kemudian hari.

Sikat Bagian yang Berbahan Kain dan Kulit Pada Interior Mobil

Jika jok dan interior mobil Anda dibalut dengan perpaduan kain dan kulit (baca: Tips Merawat dan Membersihkan Jok Mobil Sesuai Dengan Jenisnya), maka sikat secara lembut bagian-bagian tersebut. Usahakan saat menggosok jangan menekan terlalu keras karena bisa merusak permukaan bagian-bagian tersebut. Hal ini dimaksudkan hanya untuk membuka pori-pori pada permukaan bagian-bagian tersebut sehingga akan memudahkan langkah selanjutnya saat penggunaan vacuum cleaner.

Sedot Dengan Menggunakan Vacuum Cleaner

Saatnya menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran-kotoran yang mungkin masih melekat di pori-pori permukaan kain pada interior mobil Anda. Sedot bagian dasboard, karpet, jok dan interior mobil lainnya, pastikan jangan sampai ada bagian interior yang terlewatkan. Sampai dengan tahap ini Anda bisa melakukannya jika interior mobil Anda sudah mulai tercium bau tak sedap atau dua minggu sekali.

Tambahkan Pengharum Khusus Mobil

Kenapa di awal proses mobil sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh? Hal ini dikarenakan sinar panas matahari bisa menyebabkan bau tersebut semakin lengket di permukaan interior mobil sehingga baunya semakin menusuk. Setelah semua proses selesai, buka semua pintu mobil Anda selama lebih kurang 30 menit agar terjadi sirkulasi udara di dalam interior mobil Anda.

Dan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum menutup semua pintu mobil adalah dengan menambahkan pengharum khusus mobil yang bisa Anda letakkan dengan cara menggantungnya untuk memberikan keharuman dan menjaga kesegaran intrior mobil Anda dalam jangka panjang. Atau Anda juga bisa menyemprotkan pengharum khusus mobil ke seluruh interior mobil Anda agar lebih mudah terserap.

Nah, itulah cara mudah dan ampuh yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau tak sedap pada interior mobil Anda. Semoga dengan adanya artikel sederhana tersebut di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda agar interior mobil Anda tetap harum dan Anda pun semakin nyaman berkendara.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *