Cara Mudah Bikin Irit Mobil Tanpa Oprek Mesin Yang Aman dan Baik

Cara Mudah Bikin Irit Mobil Tanpa Oprek Mesin Yang Aman dan BaikCara Mudah Bikin Irit Mobil Tanpa Oprek Mesin Yang Aman dan Baik

Mekanikmitsubishi.com – Pada dasarnya, memiliki kendaraan yang bagus dan canggih merupakan impian kebanyakan orang. Karena dengan memiliki berbagai jenis kendaraan yang canggih akan membuat anda terlihat semakin percaya diri. Kendaraan yang canggih pula akan cenderung membuat sang pemilik menegaskan strata kesejahteraan yang didapatkannya.

Di kalangan kaum sosialita, memiliki kendaraan keluaran terbaru yang canggih dan mahal merupakan hal yang sepadan dengan kepuasan yang dirasakan. Bahkan kebanyakan dari mereka banyak yang rela melakukan apapun demi sebuah kendaraan yang dinilai bisa meningkatkan nilai kesejahteraan mereka.

Baca juga:

Tips cerdas berkendara agar hemat bahan bakar dengan simpel.

Cara mengemudi mobil matic agar hemat bahan bakar yang jarang diketahui.

Biasanya, harga kendaraan yang mahal dan canggih lebih cenderung sulit dalam hal perawatan. Begitu pula dengan bahan bakar yang digunakan tidak lah sama dengan kendaraan lain. Lalu bagaimana cara mudah bikin irit mobil tanpa oprek mesin ? Berikut beberapa tipsnya.

  • Beban yang dibawa

Banyak yang berpendapat bahwa dengan membawa beban mobil yang berlebih akan membuat bahan bakar semakin boros. Hal ini bisa saja terjadi, karena beban berat yang ditanggung mobil mempengaruhi cara mesin bekerja dan membuatnya semakin banyak dalam menggunakan bahan bakar.

Dengan begini maka ketika anda sedang atau akan melakukan perjalanan jauh hendaklah jangan terlalu banyak membawa barang. Atau bisa juga dengan memakai jasa antar barang yang sekarang semakin banyak digunakan dan banyak yang menyediakan. Seperti dengan mengirim barang yang terlalu berat dan menghabiskan banyak bahan bakar anda.

Dari sekian banyak hal yang dapat anda lakukan dengan mengirit bahan bakar juga menjadi cara mudah bikin irit mobil tanpa oprek mesin yang aman adalah dengan mengurangi beban yang membuat kurang efisien bahan bakar anda. Bahkan dengan membuka jendela mobil anda ketika kendaraan sedang berjalan dapat membuat kendaraan anda menjadi semakin banyak menanggung beban.

  • Menutup jendela ketika berkendara

Cara mudah bikin irit mobil tanpa oprek mesin adalah dengan tetap menutup jendela anda ketika sedang berkendara. Karena selain bisa membuat kotor mobil anda, membuka jendela mobil ketika sedang berkendara juga akan membuat banyak debu yang masuk dan menyebabkan turbulensi kendaraan anda menjadi kotor, dan membuat mobil menjadi semakin beban berat.

Tanpa membuka jendela, tentunya selain menjaga kendaraan anda dari berbagai debu yang masuk juga memiliki kelebihan lain. Yaitu menjaga turbulensi kendaraan anda semakin baik dan awet karena turbulensi bebas dari debu dan kotoran yang banyak beterbangan dalam perjalanan anda.

 

  • Gunakan mesin pendingin dengan suhu minimal

Ketika anda merasa kepanasan di dalam mobil, cara mudah bikin irit mobil tanpa oprek mesin adalah dengan menyalakan pendingin yang sudah disediakan dalam mobil anda. Gunakan pendingin dengan suhu minimum saja, karena selain akan membuat kendaraan anda bebas debu, menyalakan pendingin dengan suhu minimum juga membantu anda mengirit bahan bakar. Karena cara mudah bikin irit mobil tanpa oprek mesin adalah dengan tetap menjaga berat beban dan penggunaan aki mobil yang stabil.

  • Mengganti ban cadangan

Cara mudah bikin irit mobil tanpa oprek mesin yang selanjutnya adalah dengan mencoba mengganti ban cadangan mobil anda dengan ban donat. Ban donat atau lebih dikenal dengan compact spac-saver tire ini dinilai lebih efektif dan ringan di bandingan dengan menggunakan ban cadangan yang lebih berat.

Namun kekurangan dari ban donat ini adalah bahwa ban donat ini memiliki batas dan waktu pemakaian yang lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan ban cadangan. Namun di bandingan dengan ban cadangan yang besar dan berat, ban donat ini sangat cocok digunakan dalam mobil dan kendaraan yang memiliki kapasitas kecil dan tidak terlalu besar.

Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Tips menghemat bahan bakar agar jauh lebih irit dari sebelumnya.

Dampak kurangnya tekanan ban kendaraan terhadap kosumsi BBM.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *