Cara Merawat Mobil Sendiri Dengan Baik dan Benar

mekanikmitsubishi.comMerawat mobil milik kita sendiri memang hukumnya “wajib” dilakukan, karena selain untuk menjaga kebersihannya, juga sangat penting untuk menjaga agar performa mobil tetap optimal, komponen-komponennya tetap terjaga, awet, dan tahan lama. Dengan begitu akan mengurangi biaya pengeluaran Anda dalam merawat mobil di kemudian hari. Dan pastinya akan terasa nyaman saat dikendarai.

Namun, mungkin ada sebagian dari Anda yang kurang mengerti atau kurang paham bagaimana cara merawat mobil dengan baik, mulai dari komponen mana yang harus dibersihkan terlebih dahulu dan lain sebagainya. Tapi, mulai sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, karena artikel berikut ini mungkin bisa membantu Anda bagaimana cara merawat mobil pribadi Anda dengan tepat, baik dan benar, karena jika perawatan yang dilakukan tidak tepat, justru bisa menimbulkan masalah bagi mobil Anda.

Nah, berikut ini langkah-langkah merawat mobil yang baik dan benar yang bisa Anda lakukan sendiri:

  • Usahakan untuk selalu rutin mengganti oli mobil anda setiap pemakaian 4500-7500 km. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin mobil Anda, sehingga performa mobil Anda tetap prima dan nyaman saat dikendarai serta tidak sampai menyebabkan kerusakan pada komponen mobil yang lainnya.
  • Usahakan untuk selalu memeriksa tekanan angin ban mobil Anda saat hendak dikendarai, terutama saat hendak melakukan perjalanan jauh. Hal ini untuk mencegah terjadinya ban bocor atau kempes atau bahkan kecelakaan di jalan, sehingga tidak mengganggu perjalanan Anda.
  • Usahakan untuk selalu memeriksa minyak pelumas mobil Anda secara rutin. Karena ada beberapa komponen yang perlu diperiksa pelumasnya secara berkala, seperti rem, power steering, transmisi, dan lain-lain. Hal ini berfungsi agar komponen-komponen tersebut tetap bekerja secara optimal sekaligus mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen tersebut akibat kurangnya minyak pelumas.
  • Usahakan untuk selalu memeriksa knalpot mobil Anda secara rutin. Hal ini untuk memastikan jika tidak terjadi penyumbatan dan agar sirkulasi udara di knalpot mobil Anda tetap berjalan dengan baik.
  • Untuk mencegah terjadinya korosi, sebaiknya periksa dan bersihkan secara berkala bagian kabel dan baterai, termasuk juga cairan baterai, terkecuali untuk baterai yang tidak memerlukan perawatan.
  • Usahakan untuk selalu memastikan jika sabuk mesin mobil Anda tetap terikat dengan benar pada setiap knicksnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin akibat getaran mobil yang bisa menyebabkan kerusakan lebih parah pada mesin mobil Anda.
  • Sebelum melakukan perjalanan, terutama malam hari, pastikan terlebih dahulu jika tidak ada bagian lampu mobil yang mati, baik lampu depan belakang, lampu rem maupun lampu sein. Hal ini sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat Anda sedang di perjalanan.
  • Pastikan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan bahwa wiper mobil Anda masih berfungsi dengan normal. Hal ini sangat penting sekali untuk menjaga agar kaca mobil Anda tetap bening dan bersih sehingga tidak menghalangi pandangan Anda saat mengemudi.

Nah, itulah beberapa cara merawat mobil yang baik dan benar yang bisa Anda lakukan sendiri, agar performa mobil Anda tetap prima, nyaman saat dikendarai, dan Anda pun bisa selamat sampai di tujuan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *