Cara Merawat Dan Mencegah Rem ABS Bermasalah Sendiri Dengan Mudah

cara-merawat-dan-mencegah-rem-abs-bermasalah-sendiri-dengan-mudah-mekanikmitsubishiCara Mudah Mencegah Rem ABS Bermasalah Dan Cara Merawat Dengan Aman Yang Bisa Langsung Anda Praktekkan.

Mekanikmitsubishi – ABS merupakan salah satu fasilitas peranti anti-lock system yang kini sedang tren di kalangan produsen. Hal ini karena pengereman model ABS adalah sistem pengereman yang aman.

Baca juga : Sisterm kerja pengereman ABS dan kelebihannya dari yang non ABS.

Akan tetapi rem ABS kadang rentan akan masalah yang bisa menghampiri. Bahkan untuk perbaikan rem ABS ini cukup memakan waktu dan cukup rumit. Oleh sebab itu, memiliki kendaraan dengan sistem rem ABS perlu dilakukan perawatan dengan rutin agar tetap maksimal kerjanya.

Pengereman ABS memiliki tiga sistem yaitu modul, sensor, dan komputer di Electronic Control Unit (ECU) mobil. Sensor pada sistem ABS tersebut memiliki peran yang penting dalam menangkap sinyal perintah pengereman.

Kemudian data dari sensor akan diterjemahkan oleh computer di ECU, lalu dilanjutkan ke master rem. Saat inilah master rem melaksanakan tugasnya memberi tekanan pada caliper rem.

Perannya yang sangat penting dan cukup rumit tersebut sangat bahaya sekali apabila sampai rusak. Maka dari itu perlu dirawat dan rajin diperisakan agar terhindar dari kerusakan. Untuk itu, supaya rem ABS terhindar dari kerusakan, berikut adalah cara mudah mencegah rem ABS bermasalah dan tips perawatannya yang bisa Anda ketahui :

Baca juga : Apa perbedaan DOHC vs SOHC vs OHV beserta kelebihan dan kekurangannya.

  1. Jangan Mengocok Rem Terlalu Sering

Ternyata menginjak pedal rem terlalu sering bisa menyebabkan rem blong. Kebiasaan ini padahal sering sekali dilakukan pengendara mobil, yaitu mengerem mendadak dan tiba-tiba. Biasanya pengendara yang mengalami keadaan darurat kerap kali melakukan rem mendadak. Jadi jika Anda tidak mengalami keadaan darurat, sebaiknya hindarilah mengerem mendadak.

Menginjak pedal terlalu sering ketika berkendara berarti telah mengirim sinyal yang tidak dibutuhkan sensor ABS. Pijakan demi pijakan pada pedal akan membuat sensor mengalami keausan dengan cepat. Apabila sensor mengirim sinyal yang salah ke komputer mobil, maka ABS akan beralih ke posisi mengunci walaupun si pengemudi tidak melakukan pengereman.

  1. Membersihkan Sensor

Cara mudah mencegah rem ABS bermasalah yang berikutnya adalah membersihkan sensor. Sensor ABS terletak di kaliper rem yang apabila ingin membersihkannya harus hati-hati. Jika kaliper rem sudah rusak dan aus, lalu Anda mau memperbaikinya di bengkel, maka bengkel yang bersangkutan sebaiknya telah memahami tentang rem ABS. Sebab prinsip kehati-hatian guna mengganti kaliper yang rusak perlu diperhatikan. Jika tidak hati-hati maka sensor bisa rusak yang berakibat pada fungsi ABS yang tidak normal.

Untuk membersihkan sensor, Anda bisa menggunakan cairan spray pembersih yang dijual di toko onderdil. Bersihkan sensor dua bulan sekali, dan bagian yang bermagnet sangat penting untuk dibersihkan. Perlu Anda ketahui bahwa sensor yang kotor juga akan mempengaruhi kerja dari sistem pengereman ABS.

  1. Mengganti Minyak Rem

Mengganti minyak pada rem juga merupakan cara mudah mencegah rem ABS bermasalah yang mudah untuk dilakukan. Jika minyak rem sudah berkurang, maka segeralah ganti dengan yang baru. Karena mekanisme kinerja rem ABS juga bergantung pada adanya minyak rem.

Ingat lihat tanggal kadaluarsa dari minya rem itu sendiri, perhatikan pula tabung minyak rem yang terdapat ruang udara dapat muncul bakteri ataupun unsur kimia lainnya yang terbawa udara.

Saat inilah bisa terjadi reaksi kimia yang besar, sehingga kualitas oli juga akan berubah. Perhatikan pula indicator ABS yang berada di dashboard mobil untuk mengecek kondisi rem ABS.

Baca juga : Cara mudah kuras dan mengganti minyak rem mobil dengan aman.

Demikian artikel mengenai tips merawat rem ABS dan cara mudah mencegah rem ABS bermasalah yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikelterkait :

Ciri-ciri kampas rem mobil bermasalah dan cara mengatasinya dengan mudah.

Tips mengatasi mesin mobil bergetar dan tips simpel mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *