Cara Merawat Dan Membersihkan Karet Kaca Mobil Yang Benar

Cara Merawat Dan Membersihkan Karet Kaca Mobil Yang Benar Dengan Mudah -MekanikmitsubishiBeberapa Tips Dan Cara Merawat Dan Membersihkan Karet Kaca Mobil Yang Benar

Mekanikmitsubishi.com – Merawat dan membersihkan mobil tidak hanya mencuci mobil serta mengelap kacanya saja. Namun kita juga harus memperhatikan komponen-komponen kecil yang ada di dalam mobil untuk dirawat. Salah satu komponen kecil itu adalah karet kaca mobil. Karet kaca ini bisa kotor dan getas yang disebabkan oleh cuaca serta faktor lingkungan. Hujan dan cahaya matahari akan membuat karet kaca mobil cepat rusak.

Banyak pemilik kendaraan yang sering mengambil jalan pintas saat melihat karet kaca mobilnya yang usang. Biasanya mereka lebih memilih untuk menghitamkan kembamli karet kaca tersebut menggunakan semir ban. Padahal semir tersebut bisa membuat karet kaca cepat kering dan memutih.

Baca juga : Penyebab utama kaca depan mobil berembun saat hujan.

Cara Merawat Dan Membersihkan Karet Kaca Mobil Yang Benar

  • Bersihkan karet kaca mobil setelah mobil di cuci dan dikeringkan. Cara membersihkannya Anda bisa menggunakan kanebo atau lap kering, sehingga debu atau kotoran yang masih menempel bisa hilang dan bersih.
  • Untuk karet dengan sudut yang luas seperti kaca belakang dan kaca depan, Anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkannya dari kotoran serta debu. Kemudian gunakan lap yang diberi cairan silikon untuk mengelap permukaan karet secara perlahan-lahan.
  • Untuk bagian karet yang sulit dijangkau, sebaiknya gunakan cotton bud dalam mengoleskan cairan silikon untuk membersihkan. Sebelumnya bersihkan karet kaca mobil tersebut menggunakan kuas.
  • Pada kaca bagian dalam terutama kaca jendela, sebaiknya hati-hatilah karena kotoran serta debu bisa membuat kaca menjadi seret. Anda harus memastikan bahwa kotoran dan debu benar-benar hilang setelah dibersihkan dengan kuas. Kemudian barulah Anda mengelapnya dengan cairan silikon.
  • Jika semua kaca dirasa sudah bersih, sekarang giliran menyemprotkan cairan silikon khusus karet kaca secara bertahap ke semua bagian karet. Biarkan cairan ini meresap dan bersihkan cairan jika ada yang meluber. Dan Anda bisa melihat karet kaca mobil sekarang dalam keadaan bersih serta mengkilap.

Tips Dan Trik Supaya Kaca Mobil Awet Tahan Lama

Baca juga : Apakah kaca film mobil butuh perawatan dan khusus dan tips merawatnya.

  • Lakukan perawatan pada karet kaca mobil secara rutin minimal 2 bulan sekali
  • Gunakanlah cairan pembersih karet kaca yang mengandung cairan silikon
  • Jangan menggunakan minyak anti karat untuk membersihkan karet, misalnya menggunakan WD40. Sebab minyak anti karat ini akan menyebabkan kotoran dan debu mudah menempel sesudah dibersihkan.
  • Jangan gunakan cairan beremulsi tinggi dalam membersihkan karet kaca, misalnya cairan semir ban. Sebab penggunaan cairan ini bisa membuat karet kaca mobil cepat usang dan rusak.
  • Menutup mobil dengan mantel mobil saat tidak digunakan juga bisa menjadi tips agar karet kaca tetap awet. Jika mobil berada di luar dan tidak dimasukkan ke garasi, maka Anda bisa menutupinya dengan mantel mobil. Karena cara ini merupakan langkah yang tepat supaya mobil Anda tetap terawat.

Dari beberapa ulasan yang kami sampaikan diatas adalah beberapa cara yang sudah banyak di lakukan seseorang dalam merawat komponen karet kaca mobil. Perawatan yang tepat dan teratur membuat komponen tersebut menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak, meskipun sudah dimakan usia. Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai tips dan cara merawat dan membersihkan karet kaca mobil yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab dan tips mengatasi kaca mobil bergelembung dengan mudah.

4 penyebab kaca mobil macet dan susah dibuka dan tips mengatasinya.

Tips benar membuka pintu mobil yang terkunci saat darurat/dalam keadaan bahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *