Cara merawat dan membersihkan filter udara mobil yang Benar

mekanikmitsubishi.comFilter udara pada mobil adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara dari luar yang akan masuk ke dalam ruang bakar, sehingga udara yang masuk ke ruang bakar menjadi bersih dan bebas dari partikel debu halus dan kotoran yang bisa memperpendek umur mesin dan performa mobil. Ketika filter udara pada sebuah kendaraan jarang dibersihkan, maka akan memberikan efek kurang baik yang sangat banyak pada mesin mobil, seperti komsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros, output tenaga yang dikeluarkan oleh mesin menjadi drop atau berkurang, dan masih banyak lagi efek negatif lainnya.

Meskipun filter udara pada sebuah kendaraan terlihat sepele, namun banyak diantara Anda para pemilik mobil khususnya yang mungkin mengabaikan atau bahkan seringkali lupa untuk melakukan perawatan terhadap filter udara mobil Anda. Nah, pada artikel kali ini penulis akan memberikan tips bagaimana cara membersihkan filter udara mobil Anda dengan baik dan benar. Karena filter udara yang selalu terawat dan dalam kondisi bersih, akan memaksimalkan uotput tenaga yang dikeluarkan oleh mobil anda, sehingga performa mobil Anda pun tetap maksimal. Berikut ini caranya membersihkan filter udara mobil yang baik dan benar:

  • Bersihkan filter udara mobil Anda secara rutin, terutama jika anda sering berkendara melewati  jalanan yang berdebu. Sudah dapat dipastikan kondisi jalan seperti ini akan mempercepat penumpukan debu di filter udara mobil Anda.
  • Hindari penggunaan filter udara racing pada mobil Anda, karena filter udara racing cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga mengakibatkan penyaringan udara yang masuk menjadi tidak optimal.
  • Bersihkan filter udara mobil Anda dengan menggunakan udara bertekanan, caranya dengan menyemprotkan udara bertekanan dari bagian dalam. Jangan menyemprotkan udara dari arah luar, karena hal ini akan membuat filter udara menjadi mudah rusak.
  • Setiap produk pasti ada masanya, begitu juga dengan filter udara. Oleh karena itu, gantilah filter udara mobil anda secara berkala, sesuai dengan petunjuk yang tertulis pada buku servis.

Nah, itulah beberapa cara merawat dan membersihkan filter udara mobil Anda dengan baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel tersebut di atas bisa membantu Anda agar performa mobil Anda tetap optimal dan nyaman dikendarai. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *