Cara Merawat Dan Membersihkan Busi Kendaraan Dengan Benar

busi mobilCara Merawat Dan Membersihkan Busi Kendaraan Dengan Benar yang jarang diketahui masyarakat.

Busi adalah komponen pembakaran yang terdapat pada mobil berbahan bakan bensin. Fungsi busi pada kendaraan adalah sebagai pemercik bunga api di ruang bakar. Didalam ruang bakar terdapat campuran bensin dan udara yang dikompresikan dengan tekanan tinggi sehingga timbul percikan api dari busi. Sehingga timbul ledakan diruang bakar yang merubah energi panas menjadi energi gerak oleh piston.

 

Kerusakan  Busi  Dan  Akibat  Busi  Rusak  Untuk  Kendaraan
Busi dalam jangka waktu tertentu pasti akan mengalami penurunan performa karena turunnya kualitas material busi dan juga bias terdaji karena terdapat endapan/kerak kotoran yang menutupi elektroda di ujung komponen busi. Kerak kotoran yang terdapat pada elektroda di ujung busi menyebabkan pembakaran di ruang bakar terganggu. Akibat dari turunnya performa busi yakni:

Mesin mobil tidak stabil.

Mesin mobil tersendat-sendat.

Mesin mobil sering mati pada idle normal.

Mesin mobil sulit dihidupkan/distarter baik dalam keadaan mesin dingin ataupun sudah panas.

 

 

Komponen busi kendaraan yang kotor mempercepat kerusakan busi,oleh sebab itu busi merupakan komponen mobil yang harus diperhatikan,dirawat dan dibersihkan. Bersihkan komponen busi paling tidak 3 bulan sekali. Jika busi sudah mengalami keausan,rusak,bahkan mati maka sebaiknya lakukan pergantian.

Jika komponen busi pada kendaraan Anda hanya kotor sebaiknya busi tersebut Anda membersihkan sendiri dirumah.

Langkah-langkah perawatan dan membersihkan busi mobil :

 

  1. Pengecekan kondisi busi.
  2. Pembersihan busi
  3. Penyetelan busi
  4. Pemasangan kembali

 

 

Tips Membersihkan Busi Mobil Dengan Mudah.

  1. Pengecekan kondisi busi mobil

 

Pengecekan busi mobil dimaksudkan agar mengetahui kondisi busi,apakah busi sudah aus/mati atau hanya kotor. Cara pengecekannya yakni membuka kabel busi lepaskan busi dari cylinder head dengan kunci busi. ( pastikan saat pelepasan busi,mesin dalam kondisi mati dan dingin ) lalu amati kondisi dari fisik busi.

Setelah mengetahui kondisi busi lakukan penanganan. Jika busi rusak maka ganti dengan busi yang baru. Cara mmengecek kondisi busi sangatlah mudah,yakni dengan membuka kabel dan cop busi lalu copot busi menggunakan kuci busi,lalu amati kondisi busi khususnya bada bagian ujung busi apakah ada keausan,kotoran atau jarak elektroda yang tidak standar.

 

  1. Identifikasi kondisi busi.

 

Setelah kita mengetahui secara pasti kondisi busi dan kelainnannya,maka kita putuskan apakah busi masih layak untuk digunakan atau sudah waktunya diganti. Jika busi sudah rusak maka sebaiknya lakukan pergantian untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

 

  1. Membersihkan Busi Kendaraan Yang Kotor.

 

Langkah membersihkan busi yang baik dan benar sebagai berikut :

  1. Rendam busi dalam wadah yang terdapat bensin,lakukan perendaman untuk beberapa saat. Langkah ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel lebih mudah dibersihkan.
  2. Sikat bagian busi yang kotor dari ujung busi sampai ke elektrodanya. Dianjurkan menyikat busi dengan sikat kawat halus untuk kerak yang susah dibersihkan,bilas dengan sikat lebut seperti sikat gigi bila perlu.
  3. Jika bagian elektroda busi masih berkarat dan masih kotor sebaiknya lakukan pengamplasan karena kotoran dapat menghambat percikan bunga api yang dihasilkan. Sikat kembali dengan larutan bensin.
  4. Jika dirasa sudah cukup semprot busi dengan compressor bertekanan tinggi agar kotoran yang masih tersisa diharapkan bisa tertiup,jika busi masih terdapat kotoran yang agak susah dihilangkan maka alangkah baiknya lakukan pengorekan dengn beda seperti obeng min berukuran kecil atau dengan semisalnya. Dan sikat dengan lauratan bensin tersebut dan keringkan.

Artikel Terkait : Kelebihan dan kekurangan busi iridium untuk mobil dan motor.

 

  1. Langkah yang terkhir adalah penyetelan jarak elektroda busi.

 

Sampai tahap penyetelan elektroda busi,dimaksudkan untuk memberikan percikan bunga api yang maksimal. Gunakan obeng min tipis untuk merenggangkan atau meraptkan elektroda busi dan jarak yang paling ideal adalah 0.6 – 0.7.5mm.( lebih baik menggunakan fuller gauge agar jarak yang diharapkan bisa akurat dan menghasilkan percikan bunga api yang sempurna.

 

  1. Pemasangan kembali busi kendaraan.

 

Setelah kita melewati tahap-tahap diatas langkah terakhir adalah pemasangan busi ke cylinder block tips memasang busi adalah menggunakan tanggan terlebih dahulu,hal ini sangat dianjurkan karena tidak sedikit dart pada cylinder block atau drat busi mengalami kerusakan karena tidak lurus proses memasukkannya. Setelah dirasa pas dan center maka gunakan kunci busi dengan hati-hati.

 

Sekian artikel ini mengenai pengecekan dan perawatan busi pada kendaraan. Semoga Artikel ini membantu Anda mencari informasi yang Anda inginkan.

Baca juga artikel yang lain :

Penyebab dan cara mengatasi mmobil sulit di stater.

Cara paling mudah untuk pengecekan apakah radiator mobil mengalami kebocoran halus atau tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *