Cara Menjaga Kepala Aki Agar Tetap Bersih Dari Korosi

cara-menjaga-kepala-aki-agar-tetap-bersih-dari-korosi-mekabikmitsubishiBerikut Tips Dan Cara Menjaga Kepala Aki Agar Tetap Bersih Dari Korosi Dengan Benar.

Mekanikmitsubishi.com – Aki merupakan komponen yang sangat penting di dalam sebuah mobil. Karena dengan aki arus listrik pada mobil akan berfungsi. Sebagai komponen yang sangat penting itu, kadang ada pemilik mobil yang suka lupa melakukan perawatan terhadap aki mobilnya. Sehingga aki mobil sangat rentan akan kerusakan, misalnya korosi atau karat pada terminal aki.

Baca juga : Penyebab kerusakan aki dan cara merawat aki mobil agar tetap awet.

Korosi atau karat pada mobil akan menyebabkan listrik tidak dapat mengalir dengan baik. Padahal menjaga aki agar berfungsi dengan baik sangatlah penting. Dan cara yang bisa dilakukan untuk menjaga fungsi aki supaya tetap baik yaitu dengan menjaga kekencangan kabel aki.

Berikut ini adalah cara menjaga kepala aki agar tetap bersih dari korosi :

Baca juga : Cara mudah deteksi aki mobil ketika mobil susah distarter.

  • Untuk membersihkan baterai mobil, Anda tidak perlu melepas baterai dari tempatnya. Anda cukup membuka kap mobil dan mencari baterai, lalu periksalah. Apabila selubung baterai rusak atau retak maka seluruh baterai perlu diganti. Namun jika baterai dalam keadaan yang baik, saatnya lanjut ke langkah berikutnya.
  • Angkat dan taruh ke samping penutup karet yang ada di atas baterai. Kemudian periksalah jika ada korosi atau karat pada klem dan juga kabel baterai. Korosi yang ada di baterai terlihat layaknya tumpukan putih abu-abu di kepala atau sekitar kepala baterai.
  • Cara membersihkan tumpukan putih abu-abu pada aki mobil yaitu lepaskan dahulu baterai atau aki tersebut. Kemudian longgarkan mur yang terdapat pada klem dengan kunci inggris. Apabila telah longgar, pertama bukalah klem negatif kemudian lepas dan dilanjutkan dengan klem positif.
  • Sebenarnya untuk membersihkan klem itu sulit jika terdapat korosi. Jika sulit Anda bisa menggunakan tang untuk membersihkannya. Ingat, ketika membersihkan menggunakan tang, jangan sampai tang menyentuh bingkai mobil. Adapun cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan korosi yaitu dengan mencampur 2 sendok soda dan tambahkan dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk pasta, lalu oleskan pasta tersebut ke sambungan baterai. Hati-hati saat melakukan pembersihan ini karena gelembung dari soda bisa bereaksi dengan korosi. Anda bisa mengoleskan pasta ini menggunakan kain lembab ataupun sikat gigi bekas.
  • Lakukan pembersihan dengan cara mengikis endapan pada terminal baterai. Anda bisa menggunakan pisau mentega yang sudah tidak terpakai untuk mengangkat endapan utama. Dan untuk membersihkan sisa endapannya, Anda bisa menggunakan sabut baja atau kawat. Sebenarnya ada sikat khusus untuk membersihkan kepala baterai, dan untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya di toko onderdil. Dalam melakukan pembersihan tersebut, sebaiknya gunakan sarung tangan vinil agar larutan tidak membakar kulit.
  • Setelah itu bilaslah hingga busa hilang dan tidak ada lagi endapan. Caranya dengan menggunakan sedikit air, dan ingat, jangan sampai pasta soda kue masuk ke dalam ventilasi baterai. Hal ini dilakukan sebab soda kue bisa menetralkan asam sehingga memperpendek usia baterai atau aki. Setelah itu keringkan baterai atau aki hingga kering menggunakan kain yang bersih.
  • Untuk mencegah terjadinya pembentukan korosi, Anda bisa menambahkan minyak atau petroleum jelly ke baterai/aki. Selain itu, gantilah klem dengan memasang klem positif baru klem negatif. Untuk mengencangkan klem, Anda bisa menggunakan kunci inggris. Jika klem sudah terpasang maka gantilah penutup plastik atau karet di persimpangan klem.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui mengenai cara menjaga kepala aki supaya tetap bersih dari korosi atau karat. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikel terkait :

Tips dan cara sederhana mencegah mobil terbakar akibat korsleting listrik / hubungan arus pendek.

Tips dan cara memperbaiki aki kering yang soak dengan mudah dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *